Rekomendasi Film Anime Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Selain menyajikan kisah menarik, visual yang dihadirkan sangat memanjakan mata.


anime movie terbaik

Film anime terbaik sepanjang masa (Foto : Getty Images lewat Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Tidak hanya film yang dibintangi oleh aktor ternama, film anime Jepang juga jago bikin penontonnya takjub dan terkesan.

Di dunia hiburan, orang-orang memang lebih kenal dengan animasi Disney yang tampak keren dengan visual memukau mata.

Tapi jangan salah lho, negara Jepang juga punya karya anime atau animasi yang memiliki alur cerita out of the box. Selain kisahnya yang menarik, dijamin kamu tidak akan merasa bosan meskipun menontonnya berulang kali.

Berikut kami punya beberapa rekomendasi film anime terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton saat akhir pekan ini bersama seluruh keluarga.

Sehingga kamu bisa mengatasi rasa bosan di rumah saja dengan menonton film anime yang akan kami rekomendasikan. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu tentang sejarah singkat anime hingga masuk ke Indonesia.

Sejarah Film Anime

Apa hal yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengar kata anime?

Mungkin kamu akan kembali mengingat tontonan kartun menarik dari Jepang yang sering ditayangkan di televisi tanah air sewaktu kecil, seperti One Piece, Dragon Ball, Detective Conan, dan masih banyak lagi.

Anime sendiri berasal dari kata animation yang dilafalkan dengan animeshon (menurut bahasa Jepang).

Kemudian kata tersebut disingkat menjadi anime dan kini digunakan untuk film atau serial kartun yang diproduksi oleh Jepang.

Menurut sejarah, anime berawal dari “Katsudo Shashin” yang berarti gambar bergerak. Anime pertama kali diproduksi pada tahun 1907 dengan durasi tiga detik. Kemudian baru ditemukan kembali strip filmnya pada tahun 2005.

Film anime pertama Jepang baru lahir setelah satu dekade terlewati, yakni pada tahun 1917 melalui karya Imokawa Mukuzo Genkanban ciptaan Oten Shimokawa. Meskipun durasi film ini hanya 5 menit, tapi proses produksinya membutuhkan waktu selama enam bulan dan tanpa musik latar.

Animasi dengan suara baru ditemukan pada tahun 1927, dan baru mencetak sejarah pada tahun 1930. Butuh waktu 20 tahun lamanya untuk membuat film anime penuh warna.

Masuknya anime ke Indonesia dimulai sekitar tahun 1970-an melalui anime ciptaan Yoshikazu Yasuhiko “Wanpaku Omukashi Kumu Kumu” di stasiun TVRI. Anime ini mengudara dengan total 26 episode selama Oktober 1975-Maret 1976.

Baca Juga:  Kaguya-hime no Kobito bakal Dipentaskan September tahun Ini

4 Rekomendasi Anime Movie Terbaik

Film anime memang banyak ragamnya, mulai dari genre romance, drama, komedi, dan lain sebagainya yang tentu tidak kalah menarik dan seru dari film-film disney. 

Selain menyajikan kisah menarik, visual yang dihadirkan sangat memanjakan mata. Biar gak bingung menghabiskan waktu di rumah, kamu bisa menonton rekomendasi anime terbaik berikut ini bersama keluarga di akhir pekan.

My Neighbor Totoro (1988)

Film anime terbaik yang dirilis pada tahun 1988 ini mengambil latar tahun 1950-an. Kisah yang diangkat tentang sebuah keluarga yang baru saja pindah ke desa supaya lebih mudah merawat dan mengunjungi orang tua mereka di rumah sakit.

Keluarga ini punya dua orang anak, yakni Satsuki dan Mei. Suatu hari, Mei tidak sengaja bertemu dengan makhluk menggemaskan mirip kelinci yang ternyata roh Totoro.

Sejak saat itu , kehidupan Mei dipenuhi hal-hal magis yang membuat mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.  

Spirited Away (2001)

Merupakan film anime legendaris yang telah mendapat banyak penghargaan termasuk piala Oscar.

Spirited Away menceritakan tentang keluarga Chihiro yang tersesat saat pindah ke domisili baru, hingga akhirnya menemukan sebuah kedai. Namun tak disangka orangtua Chihiro tiba-tiba berubah menjadi babi.

Chihiro yang ketakutan segera mencari pertolongan, lalu kebetulan ia bertemu dengan Haku. Haku yang mendengar cerita dari Chihiro mengatakan bahwa kedai makan tersebut merupakan hunian para jin dari berbagai tempat di Jepang.

Chihiro yang dibantu oleh Haku berjuang menyelamatkan orang tuanya dengan meminta bantuan penyihir Yubaba.  

5 Centimeters Per Second (2007)

5 Centimeters Per Second terbagi menjadi tiga bagian, yakni Cherry Blossom, Cosmonaut dan 5 Centimeters Per Second.

Cerita pertama mengisahkan tentang seorang pria bernama Takaki Tono  yang bertemu dengan Akari Shinohara yang merupakan murid baru di sekolahnya.

Dikarenakan pekerjaan orang tua Akari, ia harus ikut pindah sekolah setelah lulus SD. Kemudian cerita kedua berfokus pada kehidupan SMA Takaki dan Kanae Sumida yang diam-diam menyimpan rasa.

Kane merupakan teman sekelas Takaki saat duduk di bangku SMP. Sayangnya Takaki masih memikirkan Akari meskipun sudah lama berpisah. Dan untuk cerita yang ketiga berfokus pada kehidupan Takaki saat bekerja sebagai programmer.

Saat menyiapkan pernikahan bersama pacarnya Mizuno, Takaki masih belum lepas dari bayang-bayang Akari. Cerita ini menarik untuk ditonton karena menyajikan kisah cinta Takaki Tono yang masih mengingat cinta pertamanya.

Baca Juga:  7 Fakta Dibalik Kesuksesan La Casa de Papel “Money Heist”

Weathering With You (2019)

Weathering With You disebut–sebut sebagai anime movie terbaik di tahun 2019 karena menyajikan kisah dunia yang selalu diguyur hujan.

Seorang pemuda bernama Hodaka memutuskan bekerja di sebuah majalah kecil dan bertemu dengan Hina yang diketahui memiliki kekuatan magis.

Hina dapat menggunakan kekuatannya untuk memunculkan kembahali cahaya matahari dengan menghentikan hujan. Keduanya memutuskan mencari uang dengan menjual kekuatan tersebut.

Itulah beberapa rekomendasi film anime terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Nah, film manakah yang akan kamu tonton duluan?

Temukan artikel menarik lainnya di topik: Film anime, kabar sinema, rekomendasi anime movie

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru