Program Kartu Prakerja sebagai Solusi Mengurangi Pengangguran

Lewat kartu prakerja, pemerintah ingin warga negaranya memiliki kompetensi yang cukup sebelum mulai bekerja.


daftar kartu prakerja

Ilustrasi pemegang kartu. (Foto: Canva Pro)


Oleh: Redoni

Diterbitkan:

the Monkey Times – Belakangan ini pemerintah Indonesia telah mengadakan program Kartu Prakerja. Program yang satu ini dibuat untuk membantu meningkatkan kompetensi kerja serta kewirausahaan.

Secara garis besar, program ini memang ditujukan untuk para pencari kerja, masyarakat yang terkena PHK, ataupun untuk karyawan yang ingin meningkatkan skill. Bahkan pelaku usaha mikro pun dapat mengikuti program ini. 

Apalagi dalam program ini akan ada dana intensif yang diberikan kepada masyarakat yang lolos seleksi. Dana intensif yang diberikan berjumlah total 3,5 juta.

Dana akan dibagi untuk pelatihan sebesar 1 juta rupiah, dana pasca pelatihan sebesar 2,4 juta rupiah yang diberikan 600 ribu selama 4 bulan dan juga dana tiga kali survey sebesar 150 ribu rupiah. 

Lalu apa saja syarat dan cara mendaftar dalam program Kartu Pra Kerja ini? simak terus ulasannya di bawah ini. 

Syarat Daftar Kartu Prakerja 

Bagi Anda yang ingin mendaftar dalam program ini, pastikan bahwa Anda telah memenuhi syarat sebagai berikut: 

  • Merupakan WNI yang berusia di atas 18 tahun. 
  • Merupakan seorang pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, pekerja atau buruh yang ingin meningkatkan skill, pekerja atau buruh yang sedang dirumahkan serta pelaku UMKM. 
  • Tidak dalam masa pendidikan formal. 
  • Tidak menerima bantuan social apapun dari program pemerintah lainnya. 
  • Bukanlah pejabat negara, TNI, Polri, anggota DPRD, ASN, kepala desa ataupun perangkat desa serta pejabat dewan di BUMN dan BUMD. 
  • Dalam 1 KK maksimal hanya 2 anggota keluarga yang berhak mendapatkan program ini. 

Dari syarat di atas jelas, bahwa siapapun dapat mengikuti program ini selama bukan pekerja pemerintah. 

Cara Daftar Kartu Prakerja 

Apabila Anda memang sudah memenuhi syarat yang diberikan, maka Anda pun bisa mendaftar program Kartu Pra Kerja ini. Berikut ini adalah cara daftarnya: 

  1. Membuat akun 

Pertama-tama, Anda harus membuat akun terlebih dahulu di situs www.prakerja.go.id. Kemudian, pilihlah menu Daftar Sekarang di mana selanjutnya Anda akan masuk ke dashboard.

Setelah itu, masukan nama lengkap serta alamat email aktif dan kata sandi. Apabila sudah, maka Anda perlu melakukan verifikasi email. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu login ke email yang didaftarkan. Lalu cek inbox ataupun spam.

Apabila ada email dari Kartu Pra Kerja, maka Anda tinggal membuka dan klik tautan yang dikirimkan. Setelah berhasil, maka Anda sudah berhasil melakukan verifikasi email. 

  1. Login ke website 
Baca Juga:  Tips Sederhana mengelola Keuangan untuk Kaum Milenial

Jika verifikasi berhasil, maka selanjutnya Anda bisa login untuk mengisi data selanjutnya. Anda hanya tinggal memilih menu verifikasi KTP prakerja.

Di dalam menu tersebut, isilah nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan serta tanggal lahir yang sesuai dengan KTP. Jika sudah maka klik Berikutnya. 

Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi data diri serta foto. Anda juga perlu menginput nomor ponsel aktif untuk melakukan verifikasi, kemudian klik Kirim.

Jika sudah, maka Anda akan mendapatkan SMS yang berisi kode OTP. Kode inilah yang harus Anda masukan ke kolom yang sudah tersedia. Jika sudah, klik Verifikasi dan isi pernyataan hingga selesai kemudian klik Oke.

  1. Ikuti Test 

Apabila tahapan pengisian data diri sudah selesai dan berhasil, berikutnya Anda perlu mengikuti tes pengetahuan dasar dan psikologi.

Klik tombol Mulai Test Sekarang, di mana nantinya akan muncul beberapa soal yang perlu Anda jawab. Jika perlu sediakan kertas dan pulpen untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. 

Setelah menyelesaikan test, maka Anda sudah bisa mengikuti gelombang pendaftaran yang sudah dibuka.

Klik Gelombang yang sesuai dengan domisili, kemudian Klik Saya Setuju dengan isian pernyataan yang muncul.

Maka pendaftaran Kartu Pra Kerja pun sudah selesai. Pengumuman lolos seleksi akan melalui email ataupun SMS. Namun, Anda juga bisa cek di website secara berkala. 

Apabila Anda sudah mendapatkan kepastian lolos seleksi, maka selanjutnya Anda harus memasukan nomor rekening atau E-wallet.

Saat ini bank yang bekerja sama dengan Kartu Pra Kerja adalah BNI.

Sedangkan untuk e-wallet dapat menggunakan OVO, Gopay dan LinkAja. Jika belum memiliki semuanya, Anda bisa membuka rekening khusus Pra Kerja di BNI atau mengaktifkan akun premium dari e-wallet yang sudah disebutkan. 

Cara Mencairkan Dana Intensif Kartu Prakerja 

Lalu bagaimana cara untuk mencairkan dana intensif jika sudah lolos seleksi? Berikut ini adalah caranya: 

  • Pertama Anda harus ke website prakerja login masuk terlebih dahulu. 
  • Tonton video yang menjelaskan tentang program Kartu Pra Kerja. Di dashboard pun Anda bisa melihat informasi seperti nomor kartu, jumlah saldo, sertifikat dan lain sebagainya. 
  • Pilihlah rekomendasi pelatihan yang tersedia. Anda pun bisa memilih pelatihan lain jika memang menginginkannya. 
  • Setelah itu pilih mitra yang bekerja sama seperti Tokopedia dengan kelas yang juga Anda minati. Jangan lupa untuk mendaftar di Tokopedia terlebih dahulu jika memang ingin mengikuti pelatihan di platform tersebut. 
  • Lakukan pembayaran dengan memasukan nomor kartu pra kerja. 
  • Apabila saldo pelatihan sudah terpotong, berarti Anda sudah berhasil melakukan pembayaran dan tinggal mengikuti kelas di platform yang dipilih. 
  • Tahap terakhir adalah dengan mengikuti jadwal pelatihan yang sudah diberikan. 
Baca Juga:  Sejarah Barter dari Masa ke Masa

Jika seluruh tahap pelatihan sudah Anda selesaikan, maka secara otomatis sertifikat pelatihan Kartu Prakerja akan muncul di website pra kerja Anda.

Lalu dana insentif pun akan secara otomatis terjadwal dan Anda hanya tinggal tunggu dana tersebut masuk ke rekening atau e-wallet yang didaftarkan. 

Atau baca artikel lain yang ditulis: Redoni

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru