Polestar 1: Mobil yang Mengalahkan Hibrid BMW dan Mercy

Dalam sebuah ujicoba baru-baru ini, Polestar 1 mencatat jarak tempuh yang impresif. Mercy dan BMW aja kalah!


ilustrasi polestar 1 mobil hibrid

ilustrasi polestar 1 mobil hibrid.


Oleh: Roda

Diterbitkan:

tmtimes.id – Saya menduga ada banyak pertanyaan seputar mobil hibrid. Dan mungkin salah satu hal yang paling sering ditanyakan adalah: memangnya mobil macam itu sanggup berjalan jauh cuma pakai baterai doang?

Well, kalau Anda menanyakan itu kepada Polestar, mereka mungkin akan membalasnya: “ya jelas saja kami sanggup. Itu mah gampang!”

Saya membayangkan mereka mengatakan itu sambil berkacak pinggang. Polestar memang patut sombong.

Baru-baru ini dalam sebuah tes jarak tempuh, Polestar 1, mobil yang sepenuhnya didesain sebagai mobil hibrid, sanggup mengalahkan duo hibrid BMW dan Mercedes Benz dalam sebuah tes jarak tempuh.

Tercatat Polestar 1 sanggup menempuh jarak sejauh 83 kilometer. Angka yang terbilang luar biasa.

Namun sebelum saya menulis lebih jauh lagi. Anda harus memahami tipe-tipe mobil hibrid lebih dulu.

Tiga tipe mobil hibrid

Teknologi dunia otomitif saat ini mengenal tiga tipe mobil hibrid: full hybrid, mild hybrid, dan plug-in hybrid.

Pada mode full hybrid, pemilik kendaraan tetap menemukan dua jenis mesin: mesin bensin dan mesin elektrik. Mode ini dibagi lagi ke dalam tiga jenis: series, parallel, dan all-electric.

Dalam mode series, mobil full hybrid sama-sama menggunakan mobil listrik untuk menggerakkan roda, meski mesin bakar digunakan bersamaan dengan bekerjanya generator bawaan.

Nah, mode parallel pada full hybrid, baik mesin elektrik dan mesin bensin bekerja bersamaan menggerakkan roda. Sementara mode all-electric mesin elektrik bekerja secara mandiri tanpa bantuan mesin bensin hanya bila kecepatan mobil ada di angka 40-an kilometer/jam.

Sementara pada mobil yang didesain dengan format mild hybrid, mesin elektrik tetap ditaruh mendampingi mesin bensin, namun generator elektriknya cenderung lemah dan tidak bisa menggerakkan roda kendaraan tanpa bantuan mesin bensin.

Dan tipe ketiga, atau plug-in hybrid agaknya merupakan varian hibrid paling menarik. Tipe ini memiliki semua kelebihan mobil full hybrid namun dengan kapasitas baterai elektrik yang lebih besar. Lalu, baterainya bisa dicas dan biasanya jarak tempuhnya lebih panjang dengan daya hidup baterai yang panjang pula.

Dari ketiga tipe mobil hibrid yang disebut diatas, semuanya memiliki satu kesamaan: baterai mesin elektrik pada mobil hibrid bisa terus terisi ketika mesin bensin dijalankan.

Nah, Polestar 1 masuk ke dalam kategori plug-in hybrid.

Baca Juga:

https://tmtimes.id/roda-dan-cerita/tipe-mobil-hybrid-dan-kelebihannya/

Bagaimana Polestar 1 mengalahkan BMW dan Mercedes Benz

Syahdan, Environmental Protection Agency (EPA), sebuah badan pemerintahan Amerika Serikat yang bertugas mengawasi lingkungan dan kesehatan manusia, baru-baru ini merilis hasil tes terhadap mobil hibrid Polestar 1.

Baca Juga:  Nissan GT-R50 2021 Memulai Debutnya di Sirkuit Italia

Sebagaimana dicatat oleh Car and Driver, Polestar 1 mencatat jarak tempuh sejauh 83 kilometer (52 mil, berdasarkan ukuran jarak yang dipakai di Amerika) menggunakan mesin elektrik.

Mobil itu sanggup menempuh jarak 93,4 kilometer per 4,55 liter bensin ketika menggunakan mesin bensin (atau 58 MPGe – mil per galon – dalam standar ukuran yang dipakai di Amerika).

Angka tersebut mengalahkan pesaing Polestar macam BMW 530e yang hanya mampu menempuh jarak sejauh 33,7 kilometer menggunakan mesin elektrik dengan baterai 12.0-kWh saja.

Baca Juga: Sambutlah Polestar 2, Mobil Listrik dengan OS Android Auto

Sementara pesaing yang lain seperti Mercedes-Benz S560e sanggup menempuh 30,5 kilometer memakai mesin yang sama. Sebagai informasi tambahan, Mercy S560e menanamkan baterai dengan kapasitas 13,5-kWh.

Masih mengutip Car and Driver, Polestar 1 diuji-cobakan di kombinasi jalanan perkotaan dan jalan tol. Sama dengan pengujian yang diberikan untuk hibrid produksi Mercy dan BMW.

Polestar 1 diproduksi dengan menyematkan baterai berkapasitas 34,0 kWH. Spek lainnya termasuk mesin 4-silinder supercharged dan turbocharged yang sanggup memuntahkan 314 tenaga kuda (tk) ke roda depan.

Di bagian belakang, Polestar 1 menempatkan dua motor elektrik yang masing-masing sanggup memuntahkan 114 tk. Itu artinya bila seluruh sumber kekuatan mesin digabungkan, Polestar 1 sanggup menghasilkan daya sebesar 619 tk dan torsi sebesar 738 lb-ft.

Angka yang jelas-jelas impresif untuk sebuah mobil hibrid yang dijual mahal. Sebagai informasi, Polestar 1 dijual seharga $156,500 atau sekitar Rp2,2 Miliar.

Penulis: Roda Cerita

Sumber:

  • caranddriver.com. Polestar 1 Gets an EPA-Rated 52 Miles of Electric-Only Range
  • aathornton.com. Hybrid Vehicles – a simple guide
Temukan artikel menarik lainnya di topik: kabar otomotif, otomotif istimewa

Atau baca artikel lain yang ditulis: Roda



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial