Jelajahi Geopark Ciletuh Sukabumi yang Penuh Pesona

Di dalam kawasan Geopark Ciletuh ini memang mempunyai banyak sekali lokasi air terjun, salah satunya adalah Curug Awang.


Geopark Ciletuh Sukabumi

Panorama Geopark Ciletuh Sukabumi (Foto : Twitter)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia menyimpan banyak sekali lokasi wisata yang indah.

Salah satunya adalah Geopark Ciletuh Sukabumi. Lokasi wisata yang satu ini patut untuk Anda kunjungi karena Anda tidak hanya menikmati keindahan alam, tapi juga menjelajahi seluruh wilayah yang ada.

Perlu Anda ketahui, bahwa lokasi ini adalah wisata dengan batuan tertua di Pulau Jawa. 

Tentang Geopark Ciletuh Sukabumi 

Letak dari Geopark Ciletuh ini adalah di Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Di mana para ahli geologi telah meneliti tempat ini sebagai wilayah batuan paling tua yang ada di Pulau Jawa.

Selain itu, peneliti juga mengatakan bahwa Geopark ini dulunya adalah lautan luas. Lalu seiring perubahan zaman, dasarnya semakin naik dan menjadi lokasi wisata yang saat ini dikenal dengan Geopark Ciletuh. 

Hal paling menarik dari lokasi ini adalah bentuk teluknya yang berbentuk seperti tapal kuda raksasa yang berhadapan langsung ke Samudera India. Maka, tidak heran jika pemandangan yang disajikan di lokasi ini sangatlah indah dan akhirnya dikenal secara luas hingga ke mancanegara. 

Tempat Wisata Di Geopark Ciletuh dan Harga Tiketnya 

Ketika Anda mengunjungi Geopark Ciletuh, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lain yang memang bagian dari lokasi ini.

Tiket masuk Geopark Ciletuh adalah gratis, sehingga Anda bisa langsung datang saja ke lokasi. Hanya saja, beberapa lokasi wisata masih dikenakan biaya. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena harganya tidaklah mahal. 

Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata yang ada di kawasan Geopark Ciletuh yang wajib untuk Anda kunjungi beserta dengan harga tiket masuknya: 

  1. Tebing Panenjoan

Lokasi pertama yang wajib Anda kunjungi ketika ke Geopark Ciletuh adalah Tebing Panenjoan. Anda tidak akan terlalu sulit untuk menemukan lokasi titik pandang tebing ini karena letaknya di pinggir jalan raya.

Ketinggian dari tebing ini adalah 300an meter di atas permukaan laut. Di lokasi ini Anda akan menikmati pemandangan indah yang terbentang luas. 

Seluruh pinggiran tebing sudah diberi pagar pembatas, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi dengan keamanannya.

Untuk mengunjungi lokasi ini pun, Anda tidak akan dikenakan biaya. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja, baik itu motor ataupun mobil. Untuk mobil, biaya parkirnya adalah 20 ribu rupiah. 

  1. Pantai Palangpang
Baca Juga:  7 Aksesoris Smartphone Yang Wajib Dibawa Saat Liburan

Lokasi selanjutnya yang ada di kawasan Geopark Ciletuh adalah Pantai Palangpang. Di pantai ini Anda akan menemukan tugu yang menjadi tanda dari Geopark Ciletuh.

Jadi, bagi Anda yang ingin berfoto di depan Tugu Geopark Ciletuh, maka jangan sampai melewatkan pantai yang satu ini. Anda pun juga tidak akan kecewa karena pemandangan yang disajikan sangatlah indah. 

  1. Curug Cimarinjung 

Ketika Anda sedang mengunjungi Geopark Ciletuh, maka jangan lupa berkunjung ke Curug Cimarinjung. Lokasi curug ini berada di Desa Ciwaru dan bagian atas dari curug ini terlihat jelas dari Pantai Palangpang serta memiliki ketinggian sekitar 50 meter. 

Masyarakat setempat menyebut air terjun ini dengan nama Curug Goong. Hal ini karena ada legenda yang beredar, di mana masyarakat mengatakan ada suara gong yang kadang terdengar dari air terjun ini.

Mereka mempercayai bahwa ada alat musik gong dari alam gaib yang berada di bawah air terjun. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena tiket masuknya hanya sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja. 

  1. Curug Awang 

Di dalam kawasan Geopark Ciletuh ini memang mempunyai banyak sekali lokasi air terjun, salah satunya adalah Curug Awang.

Banyak yang menganggap bahwa tempat ini sebagai Air Terjun Niagara mini. Pernyataan tersebut tidaklah salah, karena memang pemandangan dari curug ini sangatlah mirip dengan air terjun yang berada di Kanada tersebut.

Untuk bisa masuk ke Curug Awang ini, Anda hanya perlu mengeluarkan tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah saja. Harga tiket tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan yang mana untuk motor hanya perlu membayar 3 ribu rupiah dan mobil 5 ribu rupiah. 

  1. Curug Sodong 

Lokasi yang juga wajib Anda datangi ketika berada di kawasan Geopark Ciletuh adalah Curug Sodong.

Air terjun yang satu ini sangatlah unik, karena sering disebut juga sebagai curug kembar.

Karena memang ada dua air terjun yang saling berdampingan. Selain itu, di antara air terjun ini terdapat batu yang disebut dengan Sodong oleh warga sekitar. 

Selain kelima lokasi wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang sudah disebutkan, masih banyak destinasi lain yang juga bisa Anda kunjungi.

Untuk bisa mengunjungi seluruh wisata yang ada di Geopark Ciletuh ini sebenarnya membutuhkan waktu 3 hingga 4 hari. Jika Anda ingin mengunjungi seluruh lokasi wisatanya, maka lebih baik ikut paket tour yang banyak ditawarkan.

Baca Juga:  5 Hotel Murah di Denpasar dengan Fasilitas Lengkap dan Nyaman
Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan wisata, wisata jawa barat

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru