Pertumbuhan Pasar Wearable Sepertinya Nggak Terpengaruh Pandemi COVID-19

Pasar wearable internasional terus tumbuh dengan mantap, walau ada ketidakpastian yang mendera penduduk global.


ilustrasi pasar wearable

Ilustrasi pasar smartwatch.

Diterbitkan:

tmtimes.id – Tiga merek dengan reputasi mentereng, Apple, Xiaomi, dan Samsung, turut menyumbang pertumbuhan pasar wearable pada kuartal I 2020. Apple memimpin di depan.

Berdasarkan laporan NDTV, pertumbuhan konstan pasar wearable pada kuartal I 2020 menunjukkan kenaikan sebesar 29,7 persen dibanding tahun sebelumnya. Data ini didasarkan pada penelitian International Data Corporation (IDC).

Dengan demikian, pasar wearable pada kuartal I tahun 2020 mencapai 68,3 persen. Masih mengutip NDTV, Apple masih memiliki porsi potongan yang cukup besar, alias menguasai 29,3 persen pasar wearable. Apple menguasai pasar lewat seri AirPods dan Beats.

Xiaomi menempati urutan kedua, dengan pembagian pasar sebesar 14 persen. Di tempat ketiga ada Samsung yang menguasai 11,9 persen dan Huawei di tempat keempat dengan 11,1 persen.

Pasar Wearable yang Terus Berkembang

Menurut riset IDC, Apple mengirim 21,2 juta unit wearable. Memang faktanya pengiriman Apple Watch mengalami penurunan, namun kekurangan itu segera ditutupi oleh seri AirPods dan Beats yang tetap kuat.

Di tempat lain, Xiaomi mengirimkan 7,3 juta jam tangan dan gelang. Masih menurut IDC, kekuatan Xiaomi dibentuk oleh kombinasi penjualan offline dan online, dimana keduanya ikut membantu Xiaomi memimpin di depan.

Baca Juga:

Samsung mengirimkan lebih dari 4 juta unit Galaxy Buds dan Buds+. Angka itu menghasilkan kenaikan penjualan sebesar 58,9% ketimbang kuartal 1 2019. Sedangkan Huawei berhasil masuk ke urutan lima besar berkat penjualan online dan jejaring yang kuat dengan pengecer. Selain itu kekuatan Huawei juga ditopang oleh pertumbuhan di pasar Eropa, Amerika Latin, dan pasar Asia lainnya.

Penulis: Pemburu Berita

Sumber:

  • gadgets.NDTV.com. Apple, Samsung, Xiaomi Helped Wearables Market Grow in Q1 2020 Amid COVID-19 Crisis: IDC
  • idc.com. Earwear and Wristbands Drive First Quarter Growth in the Worldwide Wearables Market, Says IDC

Baca Juga:  Betapa Indahnya Penampakan Konsol Sony PS5

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru