Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Jelajah

Kata Siapa Biaya Liburan ke Jepang Mesti Mahal?

Banyak yang berpikir bahwa liburan ke Jepang berarti punya banyak uang, padahal tidak semahal itu.


Biaya liburan ke Jepang

Pemandangan Chureito Pagoda (Foto : Oneinpunch/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times Jepang adalah negara yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain indah, kebudayaan Jepang juga memiliki ciri khas tersendiri.

Iklan

Tidak heran, jika hingga saat ini Jepang menjadi negara yang paling banyak diminati oleh turis asing.

Mungkin kamu juga memiliki cita-cita untuk bisa ke Negara Matahari Terbit. Nah, dalam artikel ini akan dibahas berapa perkiraan biaya liburan ke Jepang. 

Iklan

Biaya Liburan Ke Jepang 

Banyak yang berpikir bahwa liburan ke Jepang berarti punya banyak uang, padahal tidak semahal itu. Bagi kamu yang ingin berlibur ke Negeri Sakura, berikut ini adalah perkiraan biaya untuk 7 hari 6 malam: 

  1. Tiket Pesawat 

Banyak yang mengira bahwa harga tiket pesawat ke Jepang mahal, tapi bila kamu pintar mencari promo bisa mendapatkan yang murah.

Iklan

Harga promo tiket pesawat dari Jakarta ke Narita biasanya mulai dari 1,3 jutaan hingga 3,5 jutaan saja. Tapi tergantung dari maskapai yang kamu pilih. Kalau sekelas Garuda Indonesia, kamu perlu menggali kocek lebih dalam. 

Selain itu, perhatikan juga transitnya. Ada beberapa maskapai yang langsung dari Jakarta ke Narita, seperti Garuda Indonesia dan Japan Airlines. Bila transit tidak terlalu lama dan harga tiket lebih murah maka tak masalah memilih maskapai tersebut. 

Untuk tiket pesawat yang tanpa promo, harga yang biasanya ditawarkan sekitar  8 juta hingga 10 juta rupiah. Harga ini adalah untuk kelas ekonomi. Jika untuk pulang pergi dengan harga promo berarti membutuhkan sekitar 7 juta rupiah. 

  1. Penginapan 

Selain tiket pesawat, selanjutnya kamu harus mencari penginapan. Untuk yang satu ini sepertinya kamu tidak perlu khawatir, karena di Jepang ada beberapa daerah yang terkenal sangat ramah untuk traveler.

Contohnya adalah penginapan di daerah Ueno dan Asasuka yang per malam hanya sekitar 400 ribuan rupiah saja. Daerah ini juga dekat dengan beberapa lokasi wisata terkenal. 

Selain itu, bisa juga di daerah Nihonbashi yang tersedia losmen dengan kisaran harga sekitar 300 ribuan rupiah.

Apabila kamu ingin menginap selama 6 malam, maka kira-kira membutuhkan biaya sekitar 1,8 juta hingga 2,4 juta rupiah. 

  1. Makan

Urusan uang makan pun juga harus kamu pikirkan dengan cermat. Jika kamu ingin berhemat, bisa memilih makan dengan harga murah.

Rata-rata harga makanan termurah di Jepang adalah sekitar 30 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah. Biasanya kamu bisa mendapatkan onigiri, sandwich, roti, ramen, sushi dan lain sebagainya. 

Tidak masalah kalau kamu ingin makan yang lebih mahal, seperti daging sapi kobe dan wagyu yang bisa mencapai 350 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Selama memang bisa masuk ke dalam budget makan sehari-hari. Perlu kamu tahu, bahwa 1 yen itu sekitar 120 rupiah.

Perkiraan uang makan yang kamu siapkan mungkin sekitar 2,1 juta hingga 3 juta rupiah untuk 7 hari, kalau memilih menu yang tidak terlalu mahal. 

  1. Transportasi 

Transportasi selama berada di Jepang juga sebenarnya tidak terlalu mahal jika kamu menggunakan kendaraan umum, seperti taksi, kereta dan bus.

Untuk harganya berbeda-beda tergantung dari transportasi yang kamu gunakan. Tapi, bila menggunakan kereta atau bus, sekiranya kamu memerlukan biaya 500 ribu hingga 700 ribu untuk 7 hari perjalanan

  1. Tiket wisata 

Selanjutnya, kamu juga harus riset harga tiket untuk mengunjungi lokasi wisata di Jepang. Kalau untuk tiket ke tempat wisata tertentu, harganya pun beragam.

Ada beberapa tempat wisata yang gratis, ada juga yang dikenai biaya mulai dari 100 ribuan sekali masuk.

Mungkin kamu bisa menyiapkan uang tiket masuk ke tempat wisata dimulai 400 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah untuk liburan 7 hari. 

  1. Membeli oleh-oleh 

Bila berniat membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di Jepang, mungkin tidak usah yang terlalu mahal.

Kamu bisa membeli cenderamata seperti gantungan kunci, kaos dan lain sebagainya di toko oleh-oleh.

Kamu bisa memasang budget untuk buah tangan ke Indonesia, di mulai dari 250 ribu hingga 400 ribu rupiah. 

Dari penjelasan di atas, bisa kita hitung perkiraan budget untuk bisa liburan ke Jepang adalah sebagai berikut: 

  • Tiket pesawat pulang pergi : Rp. 7.000.000,- 
  • Penginapan: Rp. 2.400.000,- 
  • Makan: Rp. 2.100.000,- 
  • Transportasi: Rp. 700.000,- 
  • Tiket wisata : Rp. 1.000.000,- 
  • Oleh-oleh: Rp. 400.000,- 

Perkiraan total biaya yang diperlukan adalah kurang lebih Rp. 13.600.000,-. Jumlah tersebut tentu saja masih hitungan kasar.

Jika kamu ingin mendapatkan besaran biaya yang pasti, mungkin bisa melakukan riset rencana perjalanan atau itinerary. 

Demikianlah pembahasan dari biaya liburan di Jepang. Jika kamu bisa mendapatkan harga promo baik tiket pesawat atau penginapan, total biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu mahal.

Bagaimana? Sudah siap menjelajahi Jepang? Yuk, siapkan dari sekarang. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan wisata, Tips liburan ke Luar Negeri