Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Warna Pasir Pantai Pink dan Kunjungan ke Reynisfjara

Ternyata pasir pantai sendiri, tidak hanya putih, namun juga ada warna hitam dan pink. 


warna pasir pantai

Keindahan pantai dengan pasir berwarna pink. (Foto : Kat Gaskin/Canva Pro)

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Siapa sih yang tidak ingin liburan ke pantai? Menikmati pasir putih, biru air laut, dan semriwing anginnya membuat pikiran semakin rileks dan tenang.

Iklan

Asal Muasal Pasir Pantai 

Tapi, pernahkan kamu bertanya mengenai warna pasir pantai tersebut? Ternyata pasir pantai sendiri, tidak hanya putih, namun juga ada warna hitam dan pink. 

Salah satunya Pink Beach yang ada di Nusa Tenggara Timur, Indonesia, memiliki kekhasan tersendiri dengan pasirnya yang didominasi warna pink.

Iklan

Lalu, paling menakjubkan Pantai Reynisfjara di Islandia yang mempunyai warna hitam pada pasirnya. Lantas, darimana sih asal dari warna pasir pantai tersebut? Simak yuk selengkapnya. 

  1. Terjadi Akibat Proses Erosi Alami 

Pendapat pertama menyatakan kalau pasir pantai dipengaruhi oleh proses erosi, ada beberapa sebab yang menimbulkan terjadinya pengikisan tersebut.

Iklan

Mulai dari penipisan, penyusutan, dan pengikisan yang terjadi secara alami. Penyebabnya terjadi dari beberapa benda atau objek tertentu yang dipengaruhi oleh gelombang, arus, angin, dan adanya air yang mengalir. 

Pasir yang ada di pantai terjadi dari bentuk batuan dan mengalami erosi, kebanyakan batuan yang ada di pantai berasal dari pegunungan sekitarnya.

Peristiwa alam dari hembusan angin dan aliran air menyebabkan pengikisan dalam kurun waktu tertentu, mengalami penguraian, dan pada akhirnya terbentuk partikel kecil yang halus. 

Adanya aktivitas tersebut, partikel-partikel ini sampai ke lautan dan adanya proses pasang surut membuat objek kecil tersebut sampai ke bibir pantai.

Nah, tidak heran kamu akan lihat permukaan warna pasir ada yang berwarna putih, pink, atau hitam. Terjadi proses alam dan menghadirkan keindahan yang sangat memukau. 

  1. Dipengaruhi Oleh Zat Tertentu 

Peristiwa alam memang tidak pernah ada yang bisa memahaminya secara pasti, karena prosesnya terus berlangsung dan memberikan perubahan tanpa disadari.

Termasuk pasir pantai, ternyata tidak hanya putih saja yang ditemui. Namun, ada juga beberapa pantai berwarna pink, salah satunya di Indonesia terletak di Pink Beach dan Pantai Elafonissi, Yunani. 

Faktor ini disebabkan oleh kandungan zat yang tercampur dengan proses erosi yang ada, seperti di Pink Beach, NTT yang berjarak 82 Km dari Kota Mataram tersebut.

Bagian dasar pasirnya berwarna putih, tapi adanya proses campuran zat yang berbeda membuat warnanya berbeda dan memunculkan warna tertentu yang sangat menakjubkan. 

Menurut sumber yang ada, Pasir di Pink Beach bercampur dengan terumbu karang bernama Homotrema rubrum yang mempunyai warna merah.

Lambat laun, proses perubahan alam yang terjadi memberikan aura tersendiri. Hal ini serupa juga dengan pantai pasir hitam yang bercampur dengan partikel kuarsa dan zat oksidasi besi. 

Tapi, tidak hanya itu saja, pasir hitam tersebut juga didapatkan dari material vulkanik yang berasal dari lava gunung berapi.

Mengunjungi Pink Beach, NTT dan Pantai Reynisfjara, Islandia

Umumnya pasir pada pantai berdekatan pegunungan lebih condong berwarna kehitaman. Lalu, warna putih pada pantai disebabkan oleh jumlah kuarsa yang tinggi, biasanya ditemukan pada kerak kontinen bumi. 

Pink Beach, Daya Tarik Selain Komodo 

Mungkin jika kamu bosan dengan warna pantai yang berwarna putih, Pantai Pink yang ada di Nusa Tenggara Timur bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi.

Tidak hanya pasir yang menakjubkannya saja, tapi air yang begitu jernih, biru, dan menenangkan membuat liburan kamu akan jauh lebih berkesan. 

Pantai Pink bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi, apalagi jika kamu ingin untuk kabur dari hiruk pikuk kesibukan, Pantai Pink bisa menjadi pilihan menarik untuk dicoba.

Selain melihat Komodo, kamu juga akan menemukan wisata tersembunyi yang tidak kalah memukau untuk dikunjungi secara langsung. 

Reynisfjara, Pasir Hitam Penuh Legenda 

Jika kamu ingin pesona alam yang menakjubkan, mungkin kamu bisa berkunjung ke Pantai Reynisfjara.

Berdasarkan informasi dari Guide to Iceland, ada banyak legenda yang melatarbelakangi terjadinya proses pasir hitam pada pantai tersebut.

Menurut ceritanya, dulu ada seorang istri diculik oleh makhluk mitologi “troll”.

Melihat kejadian tersebut, sang suami murka dan langsung memburu dan membunuh “troll” dan langsung menguburkannya di Pantai Reynisfjara.

Sehingga, tidak butuh waktu lama pasir pantai berubah menjadi warna hitam. Tapi, itu hanya cerita rakyat dan sisi keindahannya pun tidak bisa dipungkiri dan benar-benar membuat kamu ingin segera kesana. 

Ditambah juga Pantai Reynisfjara pernah dijadikan tempat syuting HBO Series yang sangat terkenal yaitu Game of Thrones Season 7, Pantai Reynisfjara menjadi latar belakang dari scene series tersebut.

Bahkan, bukan hanya itu saja, untuk kamu yang jatuh cinta dengan aurora, Pantai Reynisfjara menjadi spot yang tepat untuk melihatnya. 

Bentuk warna pasir pantai dipengaruhi oleh beberapa peristiwa alami yang terjadi, keindahan alam tersebut perlu untuk selalu dijaga dan dilestarikan.

Apabila kamu penasaran dengan pantai warna pink, mungkin Pink Beach, NTT bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Pengetahuan sehari-hari