Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Isi Token Listrik Gagal dan Penyebab-Penyebab yang Belum Kutemukan Jawaban Pastinya

Kejadian gagal mengisi token tentu membuatku harus menghela nafas panjang dengan nada sedikit mengumpat.


gagal isi token listrik

Ilustrasi KWH listrik (Foto : Tmtimes)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Listrik sudah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan pokok sehari-hari, terlebih di era saat ini dimana aku termasuk salah satu orang yang tidak bisa hidup tanpa listrik.

Iklan

Beragam aktivitasku untuk menghasilkan pundi-pundi pemasukan hampir 90 persennya di support oleh listrik.

Mulai dari komunikasi lewat smartphone, mengerjakan to do list menggunakan laptop dan lampu yang menemani lemburku. 

Iklan

Bisa dibayangkan kan bagaimana aku sudah menggantungkan diri dengan listrik? Mati listrik membuatku off dari semua aktivitas.

Sebenarnya bisa digunakan untuk leha-leha sejenak, sayangnya list pekerjaan tidak mau tau akan hal tersebut.

Iklan

Saat ini, mati listrik bisa terjadi karena beberapa hal. Hal yang diluar kendali seperti adanya gangguan dan hal yang bisa dikendalikan, seperti telat mengisikan token listrik prabayar. 

Sekalipun, hal-hal di dalam kendali tersebut bisa membuat kita untuk memiliki persiapan lebih, namun ternyata tetap tidak bisa menghindarkan diri dari kejadian mati listrik. Ini pernah kualami sendiri saat isi token listrik gagal. 

Gagal Mengisi Token Listrik dan Kekesalan-Kekesalan yang Ikut Membersamai 

Seperti yang kusampaikan sebelumnya, dimana hampir dari semua aktivitasku ditopang oleh listrik.

Untuk itu, kejadian gagal mengisi token tentu membuatku harus menghela nafas panjang dengan nada sedikit mengumpat. Bagaimana tidak, namanya juga manusia kan ya. 

Kejadian ini barusan sekali kualami, tepatnya pagi tadi jam 08.55, ketika aku akan berangkat kerja, bunyi nitt.. nittt..nittt..nittt berhasil mengalihkan konsentrasiku saat memakai sepatu. Nah benar kan, tinggal beberapa KWH saja tersisa. 

Tanpa lama-lama, langsung kubuka marketplace untuk melakukan pembelian token. Sayangnya, gangguan, dan akhirnya langsung beli M Banking BCA. Tidak ada 3 menit, langsung deh mendapatkan nomor token. 

Segera, kuisikan token tersebut. Nah… inilah saat yang berhasil membuatku sedikit mengumpat.

Pengisian pertama, gagal. Isi kedua, gagal dan isi ketiga juga gagal. Menyebalkan sekali rasanya. Ku cek kembali apakah aku salah menuliskan tokennya. Sampai aku minta tolong teman untuk mendiktekan spelling dari nomor token tersebut. 

Hasilnya? Gagal. 

Kuputuskan untuk menunda sebentar, dan mencari informasi terkait dengan penyebab dan bagaimana mengatasi kegagalan isi token tersebut.

Setelah Berselancar di Dunia Maya, Kira-Kira Begini Penyebab Gagal Mengisikan Token Listrik

token listrik
Tampilan token listrik/ Foto : Tmtimes
  1. Salah Membeli Token Listrik

Jawaban yang kudapatkan, bisa jadi saat melakukan pembelian aku yang salah mengisi nomor meteran. Akhirnya ku cek kembali, apakah salah ID yang tak isi sebelumnya tadi.

Sudah benar, ID yang tak masukkan sudah sesuai dengan ID rumah bapak kosanku. Namanya sudah sesuai dengan nama bapak kos juga, berarti penyebab pertama ini tidak memberikan jawaban. 

  1. kWh Sudah Melebihi Limit Maksimal 

Dilansir dari beberapa sumber, pihak PLN ternyata memberlakukan sistem pembatasan jumlah kWh. Ini berarti ketika kita melakukan pembelian dalam jumlah yang melebihi kapasitas, tentu tidak bisa digunakan. Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku juga dengan kejadian yang tak alami.

Jumlah listrik yang tak beli tadi sebesar lima puluh ribu rupiah, dan rata-rata satu bulan aku membeli paling banyak tiga ratus ribu rupiah. Penyebab yang kedua, tidak berlaku juga. 

  1. Meteran bermasalah 

Sama halnya sistem pada umumnya, meteran listrik juga tidak luput dari kesalahan. Meteran bermasalah ini akan terindikasi dari beberapa hal seperti tulisan “Cancel” hingga meteran yang tiba-tiba tidak berfungsi. 

Nah, berkaitan dengan penyebab yang ketiga ini juga sepertinya bukan penyebab kenapa aku gagal melakukan pengisian token. Pasalnya, kondisi meteran listrik baik-baik saja. 

  1. Ada error pada server

Seperti meteran, server yang sudah dirancang sedemikian rupa pun juga tidak luput dari error. Nah untuk penyebab yang keempat ini, bisa jadi jawaban atas gagalnya aku mengisikan token listrik. Namun ini baru kesimpulan sementara, mengingat aku belum mengetahui detail-detail yang mengindikasikan adanya kesalahan pada server. 

Jawaban Atas Kegagalan Isi Token Listrik

Setelah tiga kali gagal mengisi token listrik, kuputuskan untuk menunda sebentar. Tak tinggal berangkat ke kantor dan ku screenshot token.

Siapa tau, memang sedang error servernya. Selang beberapa jam, kuminta tolong pada teman di kosan untuk mengisikan token listrik. 

Dan, jawabannya, tetap sama. Gagal. 

Temanku memutuskan untuk mengontak PLN supaya mendapatkan jawaban, dan sampai sekarang belum juga menemukan titik terang. 

Akhirnya, kita berselancar lagi untuk mencari informasi-informasi yang bisa menjawab hal ini. Banyak yang mengulas dan memberikan tips supaya isi token berhasil. Salah satunya dengan mereset meteran.

Aktivitas ini bisa dilakukan dengan menekan angka 0 sebanyak dua kali kemudian tekan enter. Kalau berhasil maka token akan menunjukkan indikator “BERHASIL”. Dan kalau gagal bisa jada memang meterannya rusak. 

Dan setelah di reset pun, tetap tidak berhasil. Kini ku simpulkan penyebab isi token listrik gagal karena meteran bermasalah. Semoga pihak PLN yang sudah dikontak tadi segera memberikan titik terang. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Pengetahuan sehari-hari
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments