Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Bibir Kering dan Hitam? Ini Penyebab dan Cara Mengembalikannya ke Warna Alami

Bibir sama seperti bagian kulit lainnya yang bisa berubah warna menjadi gelap.


bibir kering dan hitam

Ilustrasi bibir kering dan hitam (Foto : Puhhha/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Dulu punya bibir kering dan hitam yang tampak sehat, tapi sekarang kok malah jadi hitam dan kering ya?

Iklan

Sebagian dari kalian mungkin sedang mengeluhkan masalah tersebut, terutama kaum perempuan bahkan merasa kurang percaya diri.

Bibir sama seperti bagian kulit lainnya yang bisa berubah warna menjadi gelap, sayangnya bagian tubuh ini tidak memiliki kelenjar keringat dan minyak yang berfungsi melembabkan.

Iklan

Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Kering

Bibir menghitam dan kering tidak bisa dihindari, karena ada banyak faktor pemicu yang berasal dari genetik atau keturunan.

Jadi walaupun kamu melakukan berbagai upaya, tentunya tidak dapat merubah warna bibir yang hitam secara genetik.

Iklan

Selain faktor tersebut, ada beberapa penyebab hitamnya warna bibir non genetik seperti yang dilansir dari situs Klikdokter.com berikut ini.

  1. Kebiasaan Merokok

Kok bisa rokok menyebabkan warna bibir berubah? Seperti yang sering kita lihat, perokok selalu memiliki bibir kusam dan tidak menarik.

Penyebabnya diketahui dari kandungan nikotin dalam rokok tembakau yang dapat meningkatkan produksi melanin pada kulit, sehingga seiring berjalannya waktu warna bibir akan berubah hitam dan kering. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berhenti merokok.

  1. Penggunaan Lipstik Dalam Durasi Panjang

Pernah dengar mitos pakai lipstik setiap hari dapat membuat bibir jadi hitam? Apakah hal ini benar?

Tak sepenuhnya benar sih, hanya berlaku untuk kasus penggunaan lipstik berbahan kimia yang cukup berbahaya seperti asam lemak dipentaerythritol, dipalmitoyl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, dan tar batubara.

Termasuk penggunaan lipstik yang sudah kadaluarsa. Jika digunakan dalam durasi panjang dapat menyebabkan warna bibir alami memudar dan menimbulkan reaksi alergi.

  1. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari berperan penting dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Bahkan sejumlah dokter merekomendasikan radiasi sinar UV untuk mengatasi masalah kulit seperti psoriasis, sakit kuning, eksim, dan jerawat.

Tapi kalau kamu terpapar sinar matahari secara berlebihan malah akan menjadi penyebab bibir berwarna lebih gelap atau bahkan kehitaman.

Dikutip dari Sehat.com, saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan pigmen melanin untuk menyerap sinar ultraviolet.

Ini sudah menjadi mekanisme tubuh kita yang bekerja melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Gunakan tabir surya untuk mencegah rangsangan produksi melanin yang berlebihan, seperti lip balm yang memiliki kandungan SPF 30 atau lebih.

  1. Efek Minuman Berkafein Seperti Teh, Kopi, dan Sebagainya

Mengonsumsi makanan dan minuman berkafein terlalu banyak membuat kita sering buang air kecil, akibatnya tubuh lebih mudah dehidrasi.

Kekurangan cairan bisa menjadi faktor pemicu bibir kering, pecah-pecah, terlihat kusam dan hitam.

Mulai dari sekarang batasi konsumsi kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya yang dapat membuat warna bibir menggelap.

Lebih baik perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga kelembaban bibir, sehingga masalah seperti bibir menghitam dan kering dapat diminimalkan.

  1. Alergi dan Efek Samping Obat

Alergi atau iritasi biasanya disebabkan oleh pasta gigi, produk bibir, dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Untuk produk bibir kamu harus memilihnya dengan cermat, apalagi jika dipakai setiap hari.

Adapun beberapa kandungan dalam produk bibir yang bisa menyebabkan reaksi alergi diantaranya ada minyak kayu putih, fenol, kamfer, menthol, parfum, dan peppermint.

Tips Menghilangkan Bibir Hitam dan Kering Secara Alami

Kamu bisa menggunakan berbagai macam cara supaya bibir tidak hitam, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti berikut ini:

  • Susu dan almond. Kamu dapat merendam kacang almond terlebih dahulu, kemudian digiling sampai halus bersama dengan susu. Oleskan dua bahan tersebut ke bibir dan diamkan selama 3-menit lalu dibilas dengan air hangat. Tips ini direkomendasikan oleh situs Beauty Glimpse.
  • Minyak zaitun dapat membantu memperbaiki warna bibir karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K, meningkatkan produksi kolagen, serta melindungi bibir dari sinar UV. Cara menggunakannya mudah, oleskan secara rutin di bibir seperti saat kamu memakai pelembab.
  • Minyak almond sebagai pencerah bibir, mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dapat mencegah dehidrasi dan hiperpigmentasi penyebab bibir hitam. Kamu dapat mengoleskan minyak almond di bibir menjelang waktu tidur, lalu bilas dengan air di pagi hari. Gunakan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Stroberi kaya akan antioksidan, dapat membuat bibir lebih cerah secara alami. Kamu bisa menggiling stroberi hingga halus, lalu oleskan sehari dua kali pada bibir.
  • Air lemon, mengandung zat asam yang bisa memerahkan bibir apabila dipakai dengan cara digosok secara perlahan. Saat digosok atau dipijat, kegiatan tersebut akan melancarkan peredaran darah, sehingga membuat warna bibir terlihat cerah merona. Gunakan setiap malam dan bilas di pagi harinya.

Menggunakan Produk Pelembab dan Scrub Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Menjaga bibir tetap lembab dan merah memang perlu perhatian khusus. Selain pakai cara alami diatas, kamu juga perlu menggunakan produk pelembab dan scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Pilihlah produk seperti lip balm dengan kandungan anti UV, vitamin, minyak kelapa, madu, antioksidan, dan sebagainya yang dapat menjaga kelembaban hingga melindungi bibir dari sinar matahari.

Pastikan tidak mengandung bahan pengawet yang membahayakan. Untuk scrub bibir kering hitam perlu dilakukan secara rutin guna memperbaiki jaringan kulit di bibir dan membuatnya menjadi lebih halus dan cerah.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: panduan kecantikan
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments