Penulis: Dina Meidiana

Pengertian Teks Eksplanasi dan Penerapannya dalam Bahasa Sehari-hari

Teks eksplanasi kerap kali ditemukan dalam berbagai tulisan karya ilmiah, artikel, berita, buku pelajaran dan lain sebagainya

the Monkey Times – Teks eksplanasi adalah sebuah tulisan yang kerap kali kita temukan di berbagai bacaan. Apa sebenarnya teks eksplanasi? Pada dasarnya, teks ini merupakan sebuah penjelasan akan satu proses yang mempunyai hubungan dengan fenomena sosial, budaya, ekonomi dan alam.

Penjelasannya pun harus berdasarkan dengan fakta dan biasanya ada hubungan sebab akibat. 

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Pendapat Para Ahli 

Agar lebih mengenal tentang teks eksplanasi ini, maka lebih baik melihat apa pengertiannya menurut para ahli berikut ini: 

Kosasih, E & Restuti

Menurut Kosasih, E dan Restuti dalam buku “Mandiri Bahasa Indonesia” yang dikutip dari Detik.com, teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial

Anderson & Anderson

Dalam buku berjudul Type of Text in English 1 karya M. Anderson dan K. Anderson, teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa bisa terjadi atau proses terjadinya peristiwa alam dan sosial. 

Prof. Dr. Mahsun, M.S.

Dalam bukunya dengan berjudul “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks” yang dikutip dari detik.com, Teks eksplanasi adalah teks yang disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian- bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup

Ciri-ciri dari Teks Eksplanasi 

Dari penjelasan akan pengertian teks eksplanasi di atas, maka sudah terlihat ada ciri-ciri dari teks ini. Berikut ini adalah ciri-cirinya: 

  • Berisikan sebuah penjelasan ilmiah serta sistematis 
  • Lebih terfokus pada penjelasan akan sebuah fenomena alam maupun sosial
  • Dibuat dengan bahasa yang menarik, padat serta jelas
  • Menjelaskan sebuah bagaimana dan mengapa sebuah fenomena terjadi 
  • Dirangkai dengan memakai kalimat pasif 
  • Lebih cenderung menjelaskan secara urut tentang kejadian bagaimana sebuah fenomena terjadi

Penerapan Teks Eksplanasi dalam Bahasa Sehari-hari 

Dengan penjelasan tersebut, apakah kamu sudah bisa menemukan dimana penerapan akan teks eksplanasi ini? 

Kenyataannya, teks eksplanasi kerap kali ditemukan dalam berbagai tulisan karya ilmiah, artikel, berita, buku pelajaran dan lain sebagainya.

Hal ini sangatlah wajar mengingat bahwa teks tersebut akan memberikan penjelasan secara terperinci akan sebuah fenomena yang dijadikan ilmu pengetahuan tambahan untuk masyarakat. 

Adapun contoh yang akan membantu kamu memahami lebih dalam tentang teks eksplanasi ini. Berikut ini adalah salah satu contoh akan peristiwa alam dan diberikan struktur yang jelas sesuai dengan pengertian dari Mahsun: 

Teks Eksplanasi Fenomena Alam tentang Gerhana Matahari 

Pernyataan Umum 

Gerhana matahari ialah sebuah fenomena alam yang termasuk langka serta sangat menarik untuk diamati. Dimana gerhana matahari dapat terjadi dalam jangka waktu sampai ratusan tahun sekali.

Gerhana matahari terjadi karena bulan berada di antara matahari dan bumi dalam garis lurus. Sehingga matahari akan tertutup oleh bulan dalam waktu beberapa detik. 

Penjelasan 

Supaya bisa melihat gerhana matahari diperlukan media yang mampu melindungi mata seperti teropong khusus. Karena jika gerhana matahari dilihat hanya dengan mata telanjang saja, akan sangat berbahaya, yaitu dapat menyebabkan kebutaan.

Hal tersebut dapat terjadi, karena adanya radiasi tinggi yang ditimbulkan oleh sinar matahari. Radiasi ini pun tidak kasat mata dan mempunyai panjang gelombang tertentu. Sehingga mata manusia tidak bisa bertahan dari radiasi tersebut. 

Penutup 

Jika ingin menikmati gerhana matahari, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Karena tidak semua orang memiliki teropong khusus yang digunakan untuk mengamati gerhana matahari, maka bisa menggunakan film yang lebih ekonomis. Film akan sangat membantu untuk memberikan perlindungan pada mata walau tidak maksimal. 

Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Globalisasi 

Pembuka 

Globalisasi merupakan sebuah proses mendunia yang memiliki kaitan akan tatanan sosial. Globalisasi ini dapat terjadi di hampir seluruh aspek dalam kehidupan manusia.

Mulai dari sosial, budaya, politik, ideologi, ilmu pengetahuan, ekonomi dan terutama adalah teknologi. Penyebaran informasi sekarang sangat cepat dan luas, dimana perubahan politik juga penyebab utama dari terjadinya globalisasi. 

Penjelasan 

Tidak dapat dipungkiri, teknologi adalah faktor yang paling berpengaruh akan terjadinya globalisasi. Apalagi saat ini perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sangatlah cepat. Contohnya adalah telepon genggam atau smartphone, radio, televisi dan internet. 

Dimana dengan adanya jaringan internet, manusia akan mudah sekali mendapatkan informasi. Bahkan untuk transaksi antar negara juga bisa dilakukan dengan lebih mudah. Adanya globalisasi bisa memberikan pengaruh positif terhadap perusahaan, karena mampu mengoptimalkan perkembangannya dengan lebih cepat. 

Setiap orang sekarang dapat dengan lebih mudah mendapatkan barang, walaupun barang tersebut dari luar negeri. Dengan adanya globalisasi juga memudahkan kerjasama ekonomi serta perjanjian antarnegara. 

Interpretasi 

Globalisasi terbukti memberikan dampak positif, tapi sangat disayangkan bahwa ada dampak negatif yang dirasakan. Contohnya adalah masuknya budaya asing ke sebuah negara. Dimana kemungkinan budaya sebuah negara terkikis juga akan sangat besar.

Maka daripada itu, sebagai warga negara yang baik harus menyaring informasi yang ada saat ini. Agar kebudayaan tetap lestari dan tidak menimbulkan perbedaan pendapat di tengah masyarakat. 

Dari penjelasan di atas, sudah dapat kita simpulkan bahwa teks eksplanasi adalah sebuah penjelasan secara terperinci yang terkait akan satu kejadian atau fenomena.

Kamu juga bisa menggunakan teks eksplanasi untuk dijadikan bahan konten menarik, namun tentu saja harus sesuai dengan fakta dari sumber terpercaya.