Pengertian Sparkling Water Adalah, Manfaat, Serta Resikonya bagi Kesehatan Tubuh

Dalam sparkling water terkandung mineral yang membuat rasanya bisa berbeda-beda.


Sparkling water

Sparkling water dipadukan dengan es. (Foto : Oleksandr Prokopenko/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Ketika makan di restoran atau kafe tertentu, apakah kamu pernah ditawari minuman air putih biasa atau sparkling water?

Sparkling water adalah minuman pengganti soda yang diklaim lebih menyegarkan, sehat, dan juga mengandung gelembung gas karbondioksida.

Untuk jenisnya sendiri ada dua, alami dan buatan. Sparkling water alami sejak awal sudah berkarbonasi karena diambil dari sumber mata air asli yang mengandung senyawa sulfur dan berbagai mineral.

Sedangkan untuk sparkling water buatan adalah minuman yang sudah mendapat tambahan karbondioksida dari mesin bertekanan, kebanyakan mengandung siup tinggi fruktosa, gula, serta mineral tambahan.

Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih jauh tentang sparkling water.

Antara Sparkling Water dan Soda, Apa Perbedaanya?

Dalam sparkling water terkandung mineral yang membuat rasanya bisa berbeda-beda. Berbeda merk maka berbeda pula rasa yang ditawarkan.

Lalu apa bedanya dengan minuman soda?

Yaitu proses pembuatannya, jika soda adalah air yang diberi injeksi gas karbon dioksida maka sparkling water terbuat dari proses karbonasi yang alami.

Dalam soda diketahui ada beberapa jenis mineral seperti sodium bikarbonat, disodium fosfat, sodium klorida, dan potasium sulfat, yang mana ditambahkan sesuai keinginan produsennya.

Rasa soda bisa lebih gurih dari sparkling water karena ada tambahan mineral dan karbon dioksida.

Meskipun sparkling water memiliki kelebihan berupa tidak adanya kalori, namun bukan berarti tidak akan memberikan efek yang sama seperti soda. Sebaiknya kamu mengkonsumsi minuman ini secukupnya saja.

Berbagai Masalah Kesehatan Bisa Teratasi dengan Sparkling Water

Apakah sparkling water berbahaya bagi kesehatan? Hingga saat ini masih belum ada penelitian yang mengungkap dampak negatif sparkling water bagi kesehatan, malah minuman ini bisa membantu berbagai masalah yang kamu alami. Seperti:

  1. Meredakan Sembelit

Pencernaan bisa lebih lancar bila rutin minum sparkling water. Hal ini sudah dibuktikan banyak orang, meskipun sebenarnya masih belum ada penelitian yang lebih lanjut tentang manfaat minuman ini, terutama untuk meredakan gejala sembelit.  

  1. Mengontrol Berat Badan

Sedang menjalani program diet? Jika iya maka kamu harus memastikan asupan air dalam tubuh tercukupi agar berat badan ideal dapat terjaga.

Hindari minuman manis seperti teh manis, jus, ataupun soda, kamu dapat menggantinya dengan sparkling water yang tidak mengandung tambahan gula.

Sparkling water termasuk minuman yang dapat menahan rasa kenyang lebih lama, sehingga perut tidak akan mudah lapar.

Baca Juga:  Apakah Susu Alternatif Bisa Mengganti (Manfaat) Susu sapi?

Ini adalah pilihan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan air. Dengan kemampuanya tersebut, kamu akan lebih mudah mengontrol nafsu atau porsi makan berlebih.

  1. Merangsang Kerja Saraf untuk Menelan

Minum sparkling water dapat merangsang kerja saraf yang bertanggung jawab untuk menelan, terutama untuk orang-orang lanjut usia. Selain itu, minuman ini juga dapat meningkatkan rasa lega serta membersihkan tenggorokan.

Dampak Negatif Sparkling Water

Menenggak minuman air berkarbonasi memang terasa menyegarkan, namun tahukah kamu bahwa ada dampak negatif yang ditimbulkan?

Menurut para ahli, mengkonsumsi air berkarbonasi seperti sparkling water ini dapat membuat gigi membusuk karena mengandung asam karbonat lemah.

Gelembung pada minuman tersebut juga dapat mengikis enamel gigi dari waktu ke waktu.

Namun perlu diketahui bahwa ini dampak negatif ini berasal dari sparkling water buatan yang mendapat penambahan gula dan rasa.

Untuk dampak negatif lainnya paling hanya membuat perut kembung dan begah. Itu karena minuman ini  mengandung karbon dioksida yang tinggi sehingga membuat kadar gas dalam tubuh bertambah.

Kalau kadar gas terlampau tinggi, itu dapat mengiritasi saluran pencernaan dan membuat asam lambung naik.

Apakah minum sparkling water dapat membuat tulang keropos? Tenang saja, sejauh ini pernyataan tersebut hanya mitos karena belum ada penelitian yang membuktikannya.

Kesehatan tulang tidak ada kaitannya dengan air karbonasi, kecuali minuman bersoda yang mengandung fosfor.

Senyawa ini dapat mengikat mineral tertentu seperti magnesium, zinc, dan kalsium. Jika jumlah kalsium dalam tubuh berkurang, maka dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang sehingga berisiko membuat tulang keropos.

Bisakan Sparkling Water Menggantikan Air Putih Biasa?

Sparkling water sebenarnya itu sama seperti air biasa, hanya saja dalam proses pembuatannya terdapat karbonasi alami.

Untuk sifat keduanya sama, namun akan berbeda bila sparkling water ditambah garam atau gula.

Minuman ini baik untuk kamu yang sedang menjalani diet karena dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

Selain itu ada manfaat lain seperti mengatasi konstipasi. Banyak orang memilih sparkling water karena sensasi yang muncul saat minum.

Untuk menghindari dampak negatif sparkling water, pastikan kamu telah membaca tabel nutrisi yang ada pada kemasan.

Hindari membeli produk yang mengandung pemanis buatan, gula, natrium, dan asam sitrat. 

Nah, sekarang kamu sudah mengerti pengertian sparkling water adalah, manfaat, serta dampak negatifnya bagi tubuh.

Sebelum mengkonsumsi minuman ini, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan keamanan, terutama bagi penderita penyakit tertentu.

Baca Juga:  Yang mungkin Berubah dari Gaya Hidup Setelah Menikah
Temukan artikel menarik lainnya di topik: serba-serbi minuman sehat

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru