Pengembangan Prosesor Exynos kelas menengah dikonfirmasi Samsung

Prosesor Exynos 1080 diumumkan kehadirannya oleh Samsung. Walau begitu, benda itu belum akan dipakai dalam waktu dekat.


Prosesor Exynos bikinan Samsung.

Ilustrasi wujud chipset Exynos. (Foto: Samsung)


Oleh: Hero

Diterbitkan:

the Monkey Times – Era 5G menjelang di depan mata, dan para produsen prosesor mobile tidak mau ketinggalan dalam hal adaptasi jaringan baru yang bakal menggantikan 4G itu.

Samsung adalah salah satunya. Mereka telah mengumumkan kehadiran Exynos 1080, prosesor yang diposisikan di ranah mid-ranger, yang mengadopsi teknologi terbaru Mali-G78 GPU dan Cortex-A78 CPU.

Sebelum Exynos 1080, Samsung sudah lebih dulu mengumumkan kehadiran Exynos 980 pada September 2020.

Mengutip Android Authority, chipset terbaru dari Samsung itu konon katanya akan diproses menggunakan teknologi 5nm. Ini berarti pemrosesannya bakal serupa dengan iPhone 12 yang baru saja dirilis Apple minggu lalu.

Lebih jauh lagi, ke depannya ada kemungkinan seluruh generasi ponsel Android kelas atas di masa depan bakal menggunakan teknologi 5nm. Dengan desain prosesor yang lebih kecil, teknologi tersebut juga menawarkan efisiensi yang lebih baik.

Masih mengutip Android Authority, ponsel kelas menengah yang ditenagai dengan Exynos 1080 tampaknya belum akan beredar di pasar smartphone, setidaknya sampai tahun depan.

Dengan kata lain, kelihatannya ponsel kelas menengah 5G Samsung yang menggunakan prosesor tersebut baru akan terlihat di pasaran pada 2021.

Di zaman sekarang kita bisa melihat pemakaian chipset Exynos 980 pada sejumlah produk Samsung yang dipasarkan di Amerika Utara, macam Galaxy A71 5G dan Galaxy A51 5G.

Jadi ada kemungkinan generasi berikutnya dari kedua ponsel tersebut akan memakai Exynos 1080.

Baca Juga:  1,1 juta data akun pengguna Lazada Singapura Bocor
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita teknologi, samsung

Atau baca artikel lain yang ditulis: Hero

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru