Media sosial kami

Halo, cari konten apa?

Langkah twitter jelang pemilu AS
Langkah twitter jelang pemilu AS

Internasional

Twitter beri lebih banyak Label Peringatan jelang Pemilu AS

Twitter akan merilis fitur yang akan memberi lebih banyak label peringatan pada cuitan yang berisi informasi menyesatkan tentang Pemilu AS.

the Monkey Times – Twitter bertindak sigap dengan cara mengantisipasi dampak informasi menyesatkan yang dicuitkan penggunanya di Amerika Serikat (AS) lewat platform micro-blogging tersebut, terutama menjelang pemilu presiden disana.

Dilansir dari Reuters, pengelola Twitter akan menghapus cuitan yang dianggap mengganggu proses pemilu AS. Cuitan yang berpotensi memancing kekerasan juga akan dihapus guna menghambat penyebaran informasi yang tidak benar.

Twitter akan memberikan lebih banyak label peringatan sebelum seorang pengguna mencuit ulang konten informasi tentang pemilu AS. Label peringatan yang ditunjukkan natinya juga disertai pembatasan.

Lewat postingan di blog resmi Twitter yang ditayangkan Jumat (09/10/20), pengelola media sosial tersebut mengatakan label peringatan akan mulai berfungsi minggu depan.

Cara kerjanya terbilang sederhana: ketika seorang pengguna di AS melihat informasi yang dianggap menyesatkan, Twitter akan mengarahkan mereka untuk mengakses sumber informasi yang lebih kredibel.

Ilustrasi label peringatan Twitter terhadap informasi menyesatkan.
Ilustrasi fitur label peringatan untuk cuitan hoaks. (Foto: Blog Twitter)

Mengutip Reuters kembali, fitur tersebut sudah diuji-cobakan guna membuatnya jadi lebih terarah dan lebih jelas. Jadi ketika fitur label peringatan diaktifkan, pengguna akan melihat peringatan pada cuitan yang berisi informasi menyesatkan.

Konsekuensinya, pengguna hanya bisa mengutip cuitan namun takkan bisa membalas, me-retweet, atau menyukai cuitan tersebut.

Fitur pembatasan cuitan informasi yang tidak benar
Ilustrasi label peringatan konten yang menyesatkan. (Foto: blog Twitter)

Lebih jauh lagi, Twitter mengatakan siapa pun, termasuk kandidat yang bertarung di pemilu AS, tidak diperkenankan mengklaim kemenangan pemilu sebelum otoritas resmi AS memberi informasi yang sah.

Artinya klaim prematur akan diberi label peringatan, dan Twitter akan mengarahkan siapa pun yang membacanya ke laman resmi pemilu AS.

Selain itu cuitan yang mengajak orang untuk berbuat kekerasan akan langsung dibredel. Twitter mengatakan aturan ini berlaku di ajang pemilu kongres dan presiden AS.

Secara umum penggunaan media sosial di AS meningkat sejak 2006. Mengutip data NPR, tiga dari empat orang dewasa menggunakan setidaknya satu platform media sosial.

Peningkatan pengguna media sosial, sayangnya, tidak diikuti oleh kabar menggembirakan. Informasi menyesatkan cenderung membanjiri seluruh sudut media sosial.

Di AS, informasi menyesatkan menyebabkan polarisasi publik, terutama di momen krusial seperti Pemilu.

Kondisi itu memantik pengelola media sosial untuk bertindak mengontrol kerusakan.

Facebook, misalnya, tahun lalu memperkenalkan sebuah fitur yang coba mengontrol penyebaran situs yang mencurigakan.

Sementara itu Twitter melakukan pendekatan berbeda dengan membredel lebih dari satu juta akun yang dicurigai palsu.

Perusahaan media sosial memang kerap disorot, lantaran kemampuannya yang sangat cepat dalam hal penyebaran pesan. Tentu bisa kita bayangkan akibatnya bila pesan yang menyebar melalui medsos adalah pesan-pesan yang semata berisi kebohongan.

Bila sudah sampai di titik itu, media sosial dipastikan tidak menjadi tempat yang aman untuk berkomunikasi dengan sehat.

Artikel Menarik Lain

Internasional

Sebaliknya, Israel menghancurkan 6 gedung yang berada di wilayah kekuasaan Palestina.

Internasional

Kini Palestina kehilangan kemampuan untuk melacak persebaran COVID-19 di Jalur Gaza.

Internasional

Komitmen sejumlah itu direncanakan bertambah pada pertengahan tahun. Namun masih ada masalah yang harus dipecahkan.

Internasional

Setelah setahun lebih ditutup, taman hiburan Universal Studios Hollywood akan mulai dibuka kembali untuk umum.

Internasional

Sekelompok orang, termasuk ilmuwan, mengabadikan letusan gunung Fagradalsfjall dari dekat sekali. Gunung itu sempat tidak aktif selama 800 tahun

Internasional

Kalau kamu berpikir Honda adalah sebuah nama merek mobil atau motor yang merajai jalanan Indonesia, maka kamu salah. Honda juga adalah nama yang melekat...

DigiDay

Di tengah situasi global terkait vaksinasi COVID-19, Facebook takkan memberi ampun bagi para penyebar hoax tentang vaksin.

Internasional

Tapi bukan berarti vaksin Pfizer gagal membantu tubuh membentuk kekebalan dalam rangka melawan virus SARS-CoV-2.