Media Sosial

Hi, cari artikel apa?

Olahraga

Quartararo Juara MotoGP Andalusia

Di tengah balapan yang berlangsung di bawah cuaca panas, trio Yamaha merajai podium. Quartararo juara MotoGP Andalusia.

Trio Yamaha di MotoGP Andalusia
Trio Yamaha di MotoGP Andalusia. (Foto: Instagram MotoGP)

tmtimes.id – Gran Permio Red Bull de Andalucia jadi saksi tentang Yamaha yang mendominasi podium, dengan Fabio Quartararo berada di puncak. Maverick Viñales dan Valentino Rossi menyusul di peringkat kedua dan ketiga.

Khusus untuk Rossi, podium di Andalusia jadi podium pertamanya sejak MotoGP Amerika 2019 silam. Ketiga pebalap tersebut mewakili Petronas Yamaha SRT (Quartararo) dan Monster Energy Yamaha MotoGP (Rossi dan Viñales).

https://www.instagram.com/p/CDG4iVaqEK2/

Balapan di Andalusia memang menyajikan ketegangan tersendiri. Satu demi satu insiden terjadi di sepanjang balapan. Drama terjadi di tikungan pertama ketika Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) mengalami kecelakaan yang melibatkan Bradley Smith (Aprilia Racing Team Gresini) dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing).

Quartararo memimpin di putaran ke-4. Berjarak 1,5 detik dengan pebalap di peringkat kedua. Viñales tak mampu menemukan celah menyusul Rossi, meski keduanya sama-sama mengendarai YZR-M1. Quartararo mulai menemukan kenyamanan di lap ini. Rossi yang berada di belakangnya seolah-olah tak mampu berbuat apa-apa untuk menyusulnya. Dan pada putaran ke-6, Quartararo memimpin dengan beda 3 detik.

Rossi dan Viñales termasuk pebalap yang beruntung naik di Sirkuit Jerez. Keduanya diuntungkan oleh hawa panas yang edan, dimana beberapa bagian sirkuit memanas sampai 63 derajat.

Keuntungan yang dimaksud segera terlihat ketika Francesco Bagnaia (Alma Pramac Racing team) sempat menyusul Rossi untuk kemudian menempati peringkat kedua.

Lalu di tengah balapan ada Franco Morbidelli yang pelan-pelan menambah kecepatan dan sempat jadi pebalap tercepat di MotoGP Andalusia. Morbidelli hampir saja naik podium andai tidak ada kejadian menyesakkan, dimana mesin motornya mengalami masalah di sembilan putaran terakhir.

Kesialan yang sama menimpa Bagnaia di enam putaran terakhir. Walhasil, Morbidelli dan Bagnaia mesti merelakan impiannya naik podium.

Kesialan Bagnaia membawa Rossi ke peringkat kedua. Viñales mengintai di belakangnya. Sampai akhirnya Rossi melebar di tikungan ke-9 dan Viñales akhirnya mampu menyusul the Doctor. Rossi yang kini menempati peringkat ketiga tak bisa tenang begitu saja, sebab Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) mengintai di belakangnya.

Quartararo nyaman berada di depan. Dia sama sekali tidak melakukan kesalahan walau hawa panas menghajar Sirkuit Jerez tanpa ampun. Quartararo akhirnya mengamankan posisinya. Di belakang Viñales yang tertinggal 4,4 detik.

Berikut daftar 10 besar pebalap yang berhasil menyelesaikan MotoGP Andalusia:

  1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)
  2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 4.495
  3. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 5.546
  4. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 6.113
  5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 7.693
  6. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 12.554
  7. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 17.488
  8. Alex Marquez (Repsol Honda Team) + 19.357
  9. Johann Zarco (Hublot Reale Avintia) + 23.523
  10. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 27.091
iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya