Connect with us

Hi, what are you looking for?

iklan
bekerja-dengan-laptop
bekerja-dengan-laptop
Orang bekerja dengan laptopnya. (Foto: Pexels)

DigiDay

Pandemi Memicu Kenaikan Permintaan Laptop

Di saat bersamaan, kenaikan jumlah pengguna perangkat digital memicu kenaikan jumlah pengguna internet.

the Monkey Times – Sektor teknologi, terutama yang berkaitan dengan industri laptop dan perangkat pendukungnya, mengalami kenaikan permintaan selama pandemi coronavirus, demikian seperti yang dilaporkan Reuters, Rabu kemarin (23/12/2020), seperti dikutip the Monkey Times, Jumat (25/12/2020).

Lebih jauh lagi, kenaikan permintaan bukan cuma terjadi di sektor industri laptop, tapi juga industri penopang yang berdiri di sekitarnya, termasuk retailer elektronik dan pembuat chipset. Di Korea Selatan, misalnya, Samsung melaporkan kenaikan ekspor semiconductor sebesar 20 persen.

Menurut prediksi Canalys, jumlah PC dan tablet akan mencapai 1,77 triliun perangkat. Jumlahnya naik dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 1,64 triliun perangkat.

Kenaikan permintaan PC (desktop dan laptop) dipicu oleh budaya kerja baru yang meminimalisir pergerakan manusia dan “mewajibkan” kita untuk tetap di rumah dan bekerja dari jarak jauh. Walau begitu, kenaikan permintaan perangkat laptop dan sarana pendukungnya berkolerasi langsung dengan peningkatan lalu lintas internet.

“Bersamaan dengan semakin banyaknya orang yang bekerja dan belajar dari rumah selama pandemi, permintaan layanan internet mengalami kenaikan … yang artinya pusat data membutuhkan pipa lebih besar untuk menangani lalu lintas (internet), kata Park Sung-soon, analis di Cape Investment & Securities seperti dikutip the Monkey Times dari Reuters.

Pendapat Park Sung-soon tersebut seakan mengamini kondisi internet di Indonesia, yang juga mengalami kenaikan jumlah pengguna selama pandemi coronavirus yang sudah berlangsung sejak Maret 2020, terhitung sejak kasus positif pertama di Indonesia terdeteksi.

Laman Kompas Money pada 9 November 2020 sempat melaporkan kenaikan jumlah pengguna internet di Indonesia, yang mengalami kenaikan menjadi 196,7 juta jiwa di kuartal kedua 2020. Padahal tahun lalu di kuartal yang sama pengguna internet hanya sebesar 171,2 juta jiwa.

Kenaikan jumlah pengguna internet di Indonesia itu didominasi pengguna tinggal di kompleks pemukiman dan perumahan. April silam, Menkominfo Johnny G. Plate membeberkan pergeseran penggunaan internet di kawasan perkotaan selama pandemi coronavirus.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ada perubahan atau pergeseran konfigurasi pemanfaatan atau penggunaan internet. Sebelumnya konfigurasi pemanfaatan internet itu berada di kantor. kampus, sekolah dan tempat publik.

Namun, saat ini konfigurasi penggunaan internet bergeser ke perumahan, tempat tinggal, dan  pemukiman,” kata Menteri Johnny saat memberikan keynote opening remarks dalam Global Online Startup Weekend COVID-19 Indonesia dari Jakarta melalui konferensi video, Jumat (24/04/2020). 

(Sumber: Reuters/Kompas/Kominfo)

Berita
Written By

Tugas saya menulis berita. Titik.

Artikel Menarik Lainnya

DigiDay

Sebaiknya Anda memperbarui APKPure ke versi baru, sebelum serangan Trojan jahat menginfeksi perangkat Anda.

Internasional

Komitmen sejumlah itu direncanakan bertambah pada pertengahan tahun. Namun masih ada masalah yang harus dipecahkan.

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.

Film

Buat yang belum tahu, ini adalah adaptasi Sailor Moon ke dalam pentas teater musikal.

Film

Sebagian orang mungkin menganggap 'KATA' sebagai novel populer. Kalau begitu anggapannya, maka ada kabar baru: Falcon Pictures mengadaptasi novel tersebut ke layar lebar.

Internasional

Setelah setahun lebih ditutup, taman hiburan Universal Studios Hollywood akan mulai dibuka kembali untuk umum.

Hai Indonesia

Merapi hari ini meluncurkan awan panas dengan jarak maksimal 1,5 kilometer ke arah Barat Daya. Memunculkan hujan abu di Magelang.

Musik

Syahdan, dulu Bakehyun sempat memecahkan rekor penjualan sejuta untuk album mininya yang lain, yang berjudul 'Delight'.