Connect with us

Hi, what are you looking for?

Internasional

China Meluncur ke Mars, memilih Utopia Planitia sebagai lokasi Pendaratan

China dan Amerika Serikat bersaing dalam bidang eksplorasi luar angkasa. Dan lewat Tianwen-1, China sedang bersiap mendarat di Mars.

ilustrasi penjelajahan luar angkasa China

the Monkey Times – Juli 2020 menandai momen penjelajah Tianwen-1 yang diluncurkan China, dengan tujuan planet Mars. Penjelajah yang diprediksi mendekat ke Mars pada Februari 2021 itu memilih Utopia Planitia sebagai lokasi pendaratan.

Diberitakan oleh laman Space, Tianwen-1 sudah menjelajah ruang angkasa dengan total jarak 137 juta kilometer per 11 September. Dan sekarang berjarak 15,3 juta kilometer dari bumi.

Utopia Planitia merupakan kawah tabrakan terbesar di Mars yang pernah menjadi lokasi pendaratan Viking 2 pada September 1976.

Lokasi tersebut dipilih karena dianggap sebagai titik aman pendaratan yang juga penuh dengan hal-hal menarik untuk dieksplorasi secara saintifik.

Lokasi itu sudah lama didefinisikan – oleh para ilmuwan – sebagai daerah datar yang penuh kawah, pegunungan dan bebatuan besar. Ada juga yang meyakini keberadaan air tanah kuno di Utopia Planitia, yang kemudian membuat lokasi itu semakin menarik sebagai tempat mendarat.

Lebih jauh lagi, Tianwen-1 dijadwalkan mendarat pada bulan Mei 2020. Penjelajah asal China itu berada dalam misi yang sama dengan Hope milik Uni Emirat Arab dan Preseverance milik NASA. Keduanya sama-sama sedang mengarah ke Mars.

Dengan demikian, Tianwen-1 menandai ambisi China untuk bersaing dengan kedua negara tersebut dalam hal eksplorasi ruang angkasa.

Menurut laporan Reuters, China pada 2003 menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berhasil menempatkan manusia di luar angkasa.

Negara tersebut juga menjadikan eksplorasi luar angkasa sebagai program prioritas, sekaligus merintis jalan menjadi kekuatan utama di bidang tersebut.

(sumber: Reuters/Space)

Artikel Menarik Lainnya

Hai Indonesia

Jumlah akumulasi denda sebesar itu sudah dimasukkan ke kas daerah.

Hai Indonesia

Jumlah tersebut sekaligus kembali memecahkan rekor kasus harian positif di Indonesia.

DigiDay

Oppo akan mengumumkan kehadiran Reno 5 varian 4G di Indonesia. Apa saja spesifikasi hp yang diletakkan di kelas upper-mid tersebut?

Hai Indonesia

Angka tersebut menjadi rekor kasus harian tertinggi yang pernah dicatat Satgas yang bertugas menangani COVID-19.

Ekonomi

Angka inflasi Indonesia 2020 adalah yang terendah selama tujuh tahun terakhir. Berapa angka inflasi pada Desember 2020? 0,45 persen.

Sepakbola Inggris

Tim tamu tidak bisa berbuat banyak menghadapi Southampton yang bertahan dengan sangat baik. Walhasil, rekor mereka terhenti.

Internasional

Tapi bukan berarti vaksin Pfizer gagal membantu tubuh membentuk kekebalan dalam rangka melawan virus SARS-CoV-2.

Hai Indonesia

Secara de jure, FPI sudah tidak memegang legal standing sejak 21 Juni 2019, menurut pemerintah.