Media sosial kami

Halo, cari konten apa?

ilustrasi peredaran uang
ilustrasi peredaran uang
Foto: Getty Images lewat Canva Pro.

Hai Indonesia

Bank Indonesia: Jumlah Uang Beredar Tetap tinggi pada Februari 2021

Bank Indonesia mempublikasikan informasi tentang jumlah uang beredar pada Februari 2021. Hasilnya tetap tinggi walaupun ekonomi sedang dihantam pandemi.

the Monkey Times – Bank Indonesia hari ini (25/03/2021) merilis informasi yang mengabarkan uang beredar dalam arti luas (M2) tetap tumbuh tinggi pada Februari 2021. Fakta ini juga didukung oleh komponen uang berdar dalam arti sempit (M1).

Gambaran mengenai kondisi tersebut diperlihatkan statistik posisi M2 yang menurut analisis Bank Indonesia mencapai Rp6,810.5 triliun pada Februari 2021. Bank Indonesia menyebut M2 tetap tumbuh tinggi sebesar 11,3 persen, meski pertumbuhannya melambat ketimbang tahun sebelumnya yang mencatat 11,8 persen.

Sementara itu di lingkup uang beredar dalam arti sempit (M1), Bank Indonesia mencatat pertumbuhan sebesar 18,6 persen pada Februari 2021, yang berarti relatif stabil ketimbang pertumbuhan bulan Januari 2021 yang mencapai 18,7 persen.

Lebih jauh lagi, Bank Indonesia menyebut sejumlah faktor yang menjadi sebab pertumbuhan M2 tetap tinggi, yakni penurunan kredit, perlambatan aktiva luar negeri bersih dan tetap tingginya tagihan bersih kepada pemerintah pusat.

Khusus unttuk poin tingginya tagihan bersih kepada pemerintah pusat, Bank Indonesia mencatat pertumbuhan yang tetap tinggi, mencapai 50,8 persen. Angka ini turun dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 54,8 persen.

Sedangkan dari sisi penurunan kredit, Ban k Indonesia menganalisis penurunan penyaluran kredit konsumsi dan investasi. Faktor ini kemudian ikut menyumbang kontraksi penyaluran kredit sebesar -2,3 persen, yang artinya lebih dalam ketimbang bulan sebelumnya yang mencapai -2,1 persen.

Dan faktor terakhir, yakni perlambatan aktiva luar negeri bersih, justru tumbuh mencapai 11,5 persen, kendati presentase ini lebih rendah ketimbang pertumbuhan Januari 2021 yang mencapai 14,9 persen.

Masih menurut Bank Indonesia, perlambatan aktiva luar negeri bersih disebabkan melambatnya tagihan surat berharga kepada golongan non-penduduk.

Artikel Menarik Lain

Hai Indonesia

Indonesia berniat membangun ekosistem industri baterai kendaraan listrik yang berkelanjutan.

Film

Aktris yang dulunya tenar di usia 11 tahun kini kembali.

Internasional

Sebaliknya, Israel menghancurkan 6 gedung yang berada di wilayah kekuasaan Palestina.

Internasional

Kini Palestina kehilangan kemampuan untuk melacak persebaran COVID-19 di Jalur Gaza.

Hai Indonesia

Harapan Presiden Jokowi terkait program Vaksinasi Gotong Royong diiringi dengan harapan lain: kurva penularan COVID-19 turun sekitar bulan Agustus hingga September 2021.

Musik

Kate Perry dan Pikachu berteman baik dalam sebuah video klip terbaru yang dirilis untuk merayakan 25 tahun Pikachu.

Internasional

Komitmen sejumlah itu direncanakan bertambah pada pertengahan tahun. Namun masih ada masalah yang harus dipecahkan.

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.