Connect with us

Hi, what are you looking for?

iklan
Anies mewajibkan isolasi terkendari bagi OTG
Anies mewajibkan isolasi terkendari bagi OTG
Ilustrasi ruang isolasi. (Foto: Canva)

Hai Indonesia

Anies Baswedan mengharuskan Isolasi Terkendali bagi OTG

Dengan aturan baru ini, isolasi mandiri di rumah tinggal harus dihindari.

tmtimes.id – Pemberlakukan PSBB untuk kedua kalinya di Jakarta bukan cuma soal fokus pada usaha menekan laju penyebaran COVID-19 di perkantoran. Lebih dari itu, Gubernur Anies Baswedan juga mengisyaratkan keharusan isolasi terkendali bagi pasien OTG.

Aturan tersebut diumumkan Anies lewat siaran pers Minggu (13/09/2020). Gubernur DKI itu mengatakan setiap orang yang mendapat konfirmasi positif COVID-19 – namun berstatus OTG – akan ditempatkan di sejumlah tempat yang ditunjuk Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DKI Jakarta.

Peraturan yang sama berlaku juga untuk penderita COVID-19 dengan gejala ringan. Adapun lokasi yang ditunjuk oleh gugus tugas meliputi asrama, wisma, hotal dan penginapan, Flat Isolasi Mandiri Kemayoran, dan lokasi lain yang ditentukan secara resmi oleh Gugus Tugas.

Selama penerapan PSBB dalam dua minggu ke depan, rumah tinggal dinilai bukan lokasi isolasi mandiri yang layak. Anies beranggapan rumah pribadi berpotensi memunculan klaster penularan baru.

Lebih jauh lagi, keputusan Anies itu berinduk pada pemikiran: tidak semua orang memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk tidak menularkan COVID-19 kepada orang lain.

Dan bila ada orang yang divonis positif mengidap COVID-19, namun menolak diisolasi, dia akan dijemput oleh petugas kesehatan dan aparat penegak hukum.

Berapa banyak OTG di Jakarta?

Dikutip dari CNN Indonesia, Epidemiolog dari Universitas Griffith, Dicky Budiman, menyatakan jumlah pasien COVID-19 tanpa gejala di Jakarta sudah mencapai 55 persen.

Lebih jauh lagi, rincian kasus positif COVID-19 yang berasal dari keluarga mencakup 48 klaster Bogor, 155 klaster Bekasi, 9 Klaster Jogja, 8 Klaster Semarang, 10 Klaster Malang. Data ini bersumber dari platform edukasi Pandemictalks.

Dilihat secara terminologi, kluster keluarga terjadi saat salah satu keluarga terinfeksi, lalu menularkan ke anggota keluarga lainnya sehingga satu rumah tangga tertular COVID-19 saat berada di rumah sendiri.

Guna mengatasi resiko penyebaran di kluster keluarga, Pandemictalks – lewat akun Instagram resmi mereka – sempat menyarankan supaya masing-masing anggota keluarga mematuhi protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun, serta mengurangi interaksi sosial.

Berita
Written By

Tugas saya menulis berita. Titik.

Artikel Menarik Lainnya

Internasional

Komitmen sejumlah itu direncanakan bertambah pada pertengahan tahun. Namun masih ada masalah yang harus dipecahkan.

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.

Film

Buat yang belum tahu, ini adalah adaptasi Sailor Moon ke dalam pentas teater musikal.

Film

Sebagian orang mungkin menganggap 'KATA' sebagai novel populer. Kalau begitu anggapannya, maka ada kabar baru: Falcon Pictures mengadaptasi novel tersebut ke layar lebar.

Internasional

Setelah setahun lebih ditutup, taman hiburan Universal Studios Hollywood akan mulai dibuka kembali untuk umum.

Hai Indonesia

Merapi hari ini meluncurkan awan panas dengan jarak maksimal 1,5 kilometer ke arah Barat Daya. Memunculkan hujan abu di Magelang.

Musik

Syahdan, dulu Bakehyun sempat memecahkan rekor penjualan sejuta untuk album mininya yang lain, yang berjudul 'Delight'.

Hai Indonesia

Bank Indonesia mempublikasikan informasi tentang jumlah uang beredar pada Februari 2021. Hasilnya tetap tinggi walaupun ekonomi sedang dihantam pandemi.