Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ilustrasi sepakbola
Ilustrasi sepakbola
Ilustrasi pertandingan sepakbola.

Sepakbola Italia

Andrea Pirlo Menapaki Jalan Baru: Jadi Pelatih Juventus U-23

Legenda sepakbola Italia Andrea Pirlo akhirnya kembali ke habitat asalnya. Kali ini dia melatih di klub yang mengharumkan namanya.

iklan

the Monkey Times – Andrea Pirlo kini memulai petualangan barunya di kancah sepakbola Italia setelah Juventus mengangkat mantan playmaker itu sebagai pelatih untuk tim U-23.

Dari seorang dirigen lapangan, kini mantan pemain berusia 41 tahun itu menapaki jalan sebagai pelatih. Pirlo sebelumnya memutuskan meninggalkan Juventus pada 2015, setelah empat musim di tim kuda zebra dengan torehan prestasi empat scudetto, satu piala italia dan dua piala super Italia.

Setelah itu Pirlo menghabiskan karirnya di klub liga MLS Amerika Serikat New York City selama dua tahun, sebelum akhirnya memastikan pensiun.

Penampilan Pirlo di New York City tidak begitu gemilang. Di musim 2017 dia hanya bermain sebanyak 62 kali dan menyumbang 18 assist serta 1 gol. Penampilan terakhir Pirlo di MLS terjadi pada 5 November, sebagai pemain pengganti di menit ke-90. Ketika itu New York City menang 2-0 atas Columbus Crew di pertandingan kedua MLS Cup Eastern Conference Semi-finals.

Karir gemilang Pirlo di Italia ditandai sejarah tersendiri, dimana dia pernah membela tiga tim raksasa: Inter, Milan dan Juventus. Namun karirnya yang paling gemilang justru terjadi di Milan.

Membela Milan selama 2001 – 2011, dengan torehan 284 pertandingan dan 32 gol, Pirlo menyumbang 2 juara Serie A, 1 Piala Italia, 1 Piala Super Italia, 2 juara Liga Champion, 2 Super Cup UEFA, dan 1 juara dunia antar klub.

Andrea Pirlo di Juventus.
Andrea Pirlo di Juventus pada 2012. (foto: Wikimedia/Footbal.ua)

Kenangan atas prestasi Pirlo itu kemudian diabadikan lewat pertandingan testimoni dengan tajuk La Notte del Maestro yang dimainkan di Stadion San Siro Milan pada 21 Mei 2018. Momen itu didedikasikan untuk menghormati Pirlo yang waktu itu memutuskan pensiun dari sepakbola.

Pirlo lalu mengambil kursus UEFA Pro License pada 2019, yang membuatnya menapaki kembali jalan sepakbola. Kali ini sebagai pelatih.

Berita
Written By

Tugas saya menulis berita. Titik.

Artikel Menarik Lainnya

Sepakbola Italia

Bukan Lukaku, bukan Lautaro. Adalah Matteo Damian yang jadi pahlawan babak kedua, yang mengantar Inter menang tipis 1-0 atas tim tamu Cagliari.

Sepakbola Spanyol

Tim-tim yang berjuang di papan tengah memperoleh hasil menggembirakan. Sementara yang di papan bawah sebaliknya: perjuangan tambah berat bagi mereka.

Sepakbola Spanyol

Real Madrid menang 2-1 atas Barcelona dalam duel yang memperlihatkan kebingungan Barca dalam menciptakan peluang bersih di depan gawang Madrid.

Sepakbola Inggris

Kekalahan 1-2 yang diterima Manchester City dari Leeds United agak di luar dugaan. Mengingat City tinggal 11 poin lagi menuju gelar juara.

Sepakbola Italia

Sepuluh kali menang berturut-turut di Serie A jadi yang pertama kalinya sejak era Roberto Mancini (2006/2007), ketika Inter menang 17 kali berturut-turut.

Sepakbola Italia

Inter dan Juventus akan memainkan partai tunda di tengah pekan. Kedua tim memegang misi berbeda. Juve harus memperbaiki penampilan. Inter ingin memecahkan rekor.

Sepakbola Inggris

Liga Inggris bukan cuma Chelsea yang kalah telak kemarin, tapi juga persaingan diantara tim-tim lain.

Sepakbola Inggris

Chelsea takluk 2-5 di tangan West Brom, tim semenjana yang kini sedang berjuang melepaskan diri dari zona drgradasi.