Connect with us

Hi, what are you looking for?

Internasional

Parlemen Jepang memilih Anak Petani sebagai PM baru

Majelis Rendah Parlemen Jepang sepakat memilih Yoshihide Suga sebagai pengganti Shinzo Abe.

Parlemen Jepang memilih Yoshihide Suga
Ilustrasi gedung parlemen Jepang. (Foto: Getty Images/Canva)

tmtimes.id – Dalam voting pemilihan di parlemen Jepang  yang diselenggarakan Rabu (16/09/2020), Yoshihide Suga didukung 314 suara dari total 462 suara anggota majelis rendah.

Dengan demikian Suga kini resmi menggantikan Abe yang sebelumnya mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. Suga sebelumnya menjabat sebagai kepala sekretaris kabinet di era Abe.

Sang Perdana Menteri terpilih rencananya akan memilih anggota tim kabinetnya sendiri Rabu malam ini , demikian menurut Reuters.

Terpilihnya Suga sebagai PM dikarenakan dia berhasil meyakinkan anggota parlemen lewat citranya sebagai anak petani. Dengan “menjual” citranya itu, Suga berjanji melayani kepentingan rakyat biasa dan komunitas yang tinggal di daerah pedesaan Jepang.

Suga sebelumnya dilaporkan sudah memenangkan “pertarungan” memperebutkan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) pada Senin (14/09/2020).

Dia jelas akan menghadapi sekian banyak tantangan, termasuk mengatasi pandemi COVID-19 sekaligus memulihkan ekonomi dan menghadapi masalah lain berupa menuanya masyarakat Jepang – akibat jumlah lansia yang meningkat di Jepang.

Yoshihide Suga saat ini berusia 71 tahun dan sempat menemani Abe lama sekali. Dia dikenal loyal sebagai pendukung Abe dan tercatat sempat membantu Abe naik sebagai PM pada 2012.

Setelah terpilih sebagai PM, Suga sudah mengambil ancang-ancang tentang siapa saja individu yang akan dimasukkan ke kabinetnya. Kriterianya sederhana: “berpikir reformis, dan orang yang suka bekerja keras,” demikian tulis AP.

Dengan pola pikir seperti itu, Suga dikabarkan bakal mempertahankan setengah dari anggota kabinet Abe – dengan catatan beberapa nama juga akan dipindahkan ke pos lain.

  Inggris laksanakan Lockdown kedua untuk Mencegah Bencana Medis

Masih mengutip AP, Menteri Keuangan Taro Aso, Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi, Menteri Olimpiade Seiko Hashimoto, dan Menteri Lingkungan Shinjiro Koizumi bakal tetap duduk di jabatannya.

Sedangkan nama-nama lain seperti Nobuo Kishi – yang juga adalah adik Abe – akan dipasrahi jabatan Menteri Pertahanan, menggantikan Taro Kono yang dipindahkan jabatannya sebagai Menteri Reformasi Administrasi.

Tugas Suga akan bertambah berat karena tantangan yang begitu banyak di depan mata, termasuk menjaga hubungan dengan China di tengah pergulatan penguasaan teritori di Laut China Selatan.

Selain itu Suga juga mesti tahu apa yang harus dilakukan dengan Olimpiade Tokyo yang akhirnya ditunda sampai musim panas tahun depan.

Yang penting juga: sang PM terpilih mesti memelihara hubungan baik dengan siapa pun yang terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat nantinya.

BBC menjuluki Suga sebagai ‘Mr. Abe’s fixer’, alias “tukang” yang kerap dipasrahi memperbaiki pekerjaan Abe. Di kalangan jurnalis yang bekerja di Jepang, Suga dijuluki sebagai ‘Iron Wall’.

Julukan itu diberikan karena watak Suga yang menolak memberi tanggapan untuk setiap pertanyaan yang tidak dia sukai. (Sumber: AP/Reuters/BBC)

Written By

Tugas saya menulis berita. Titik.

Artikel Terkait

Internasional

Ambisi menjelajah luar angkasa bukan cuma milik negara, tapi juga individu super kaya.

Internasional

Sebaliknya, Israel menghancurkan 6 gedung yang berada di wilayah kekuasaan Palestina.

Internasional

Kini Palestina kehilangan kemampuan untuk melacak persebaran COVID-19 di Jalur Gaza.

Internasional

Komitmen sejumlah itu direncanakan bertambah pada pertengahan tahun. Namun masih ada masalah yang harus dipecahkan.

Internasional

Setelah setahun lebih ditutup, taman hiburan Universal Studios Hollywood akan mulai dibuka kembali untuk umum.

Internasional

Sekelompok orang, termasuk ilmuwan, mengabadikan letusan gunung Fagradalsfjall dari dekat sekali. Gunung itu sempat tidak aktif selama 800 tahun

Internasional

Kalau kamu berpikir Honda adalah sebuah nama merek mobil atau motor yang merajai jalanan Indonesia, maka kamu salah. Honda juga adalah nama yang melekat...

DigiDay

Di tengah situasi global terkait vaksinasi COVID-19, Facebook takkan memberi ampun bagi para penyebar hoax tentang vaksin.