Connect with us

Hi, what are you looking for?

iklan
daftar tipe mobil dengan mesin berbeda
daftar tipe mobil dengan mesin berbeda

Otomotif

Tipe Mobil Boleh Beda, Tapi Mesinnya ada yang Sama

Pabrikan otomotif punya satu aturan baku: karena pengembangan mesin mahal, sering ada satu tipe mesin yang dipakai di dua mobil.

the Monkey Times – Boleh jadi sebuah mobil memakai mesin yang sama dengan mobil lain. Dan itu lumrah. B aja. Jadi, mari kita lihat mobil apa saja sih yang punya mesin sama.

Dari sekian banyak tipe mobil yang ditawarkan berbagai pabrikan di Indonesia saat ini, ternyata sebagian dari mereka menggunakan mesin dengan tipe yang sama.

Bahkan, untuk mobil yang jenisnya berbeda sekalipun, kadang dapat ditemui kode mesin yang identik pada dapur pacunya.

Hal itu sebenarnya lumrah terjadi di dunia otomotif sejak lama. Ini karena daripada mengembangkan mesin, pabrikan akan lebih mudah untuk membuat diversifikasi produk berdasarkan tipe dan jenisnya.

Untuk mengembangkan satu mesin, dibutuhkan riset yang panjang dan rumit.

Maka dari itu, jika mereka berhasil mengembangkan satu jenis mesin, biasanya memang dipersiapkan untuk berbagai keperluan. Dari berbagai jenis tipe mobil yang berbeda namun mesinnya sama itu pun, kadang juga terdapat sedikit perbedaan.

Misalnya, penyesuaian untuk posisi mesin karena penempatannya berbeda, penyesuaian beberapa bagian mesin, hingga peruntukan yang spesifik. Berikut kami susun sebagian dari sejumlah mobil baru yang saat ini dijual di dealer, yang meskipun tipenya berbeda, namun mesinnya sama.

iklan
  • Toyota New Avanza 1.5, Toyota New Sienta, Toyota All New Vios, Toyota New Yaris, Toyota New Rush dan Daihatsu Terios

Toyota New Avanza 1.5 terlahir sebagai mobil MPV, begitupun Toyota New Sienta. Toyota All New Vios dan New Yaris masing-masing masuk kategori sedan dan hatchback city car.

Tapi mesin mobil ini malah identik dengan dapur pacu Toyota New Rush dan kembarannya, Daihatsu New Terios.

Mesin yang dipakai beberapa tipe tersebut berkode 2NR-FE berkubikasi 1,5 liter. Sudah menggunakan teknologi DOHC ditambah dual VVT-i. Meskipun basisnya sama, tetapi tetap ada sedikit perbedaan karena penempatan posisi mesin yang berbeda.

Di New Avanza, New Rush dan New Terios, mesin dipasang secara longitudinal untuk mengakomodir penggerak belakangnya.

Dilihat dari spesifikasinya, keluaran tenaga maksimumnya pun ada yang berbeda. Yang tertinggi ada di All New Vios, New Yaris dan Sienta.

  • Suzuki Jimny, Suzuki All New Ertiga dan Suzuki New Carry

Meskipun dirancang sebagai mobil yang dipakai di segala, mesin Suzuki Jimny memiliki persamaan dengan beberapa tipe mobil satu mereknya, yaitu Suzuki All New Ertiga dan Suzuki New Carry.

All New Ertiga dan New Carry menggunakan basis mesin yang mirip dengan Jimny, K15B. Mesin ini sudah memiliki noken-as ganda atau DOHC.

Meski digunakan di beberapa tipe, detail spesifikasi mesin dari masing-masing tipe tersebut memiliki sedikit perbedaan, terutama pada potensi performa maksimumnya.

Tenaga maksimum tertinggi ditemukan di All New Ertiga.

  • New Honda Mobilio, New Honda Jazz dan New Honda BR-V

Seperti pabrikan lainnya, mobil berlogo H yang baru dan ditawarkan saat ini juga ada yang menggunakan mesin bertipe sama.

Dan itu juga tersebar di berbagai varian, dari MPV andalan mereka, New Mobilio, city car New Honda Jazz dan small SUV New Honda BR-V.

Ketiganya menggunakan mesin seri L15. Berkapasitas 1500 cc dengan berbagai tambahan teknologi yang membuat tenaganya relatif agak besar dibanding beberapa mesin sejenis lainnya.

  • Toyota New Innova Diesel, Toyota New Fortuner dan Toyota Hilux Double Cabin

Dari keluarga peminum solar, terdapat kesamaan dapur pacu antara Toyota Innova Diesel, Toyota New Fortuner dan Toyota Hilux Double Cabin.

Ketiganya menggunakan mesin diesel 2GD-FTB berkapasitas 2.4 liter. Mesin diesel ini sudah tergolong canggih, dengan teknologi DOHC ditambah turbo berteknologi VNT (Variable Nozzle Turbo). Sistem injeksi solarnya juga pastinya sudah Commonrail.

Meski berbeda jenis, ada yang dirancang sebagai mobil keluarga, SUV segala medan dan mobil pengangkut barang sekaligus penumpang di medan berat, namun tidak terdapat perbedaan signifikan soal performa jika dilihat dari spesifikasi ketiga tipe mobil tersebut.

Pemakaian mesin dengan basis yang sama di jenis mobil yang berbeda memang sudah lazim ditemui. Selain memudahkan dalam pengembangannya, pengguna mobil-mobil ini juga dapat diuntungkan.

Beberapa onderdil utama mesin-mesin ini memiliki kesamaan yang bisa mempermudah saat mencari suku cadang saat dilakukan perbaikan.

Penulis: Panji Mega Kurniantoro | Editor: M. Hadid

Panji
Written By

Pria botak penyuka otomotif dan underground culture.

iklan
iklan

Artikel Menarik Lainnya

Otomotif

Kini kamu bisa menikmati diskon PPnBM untuk beberapa tipe mobil yang lebih kencang dan bermesin diatas 1,500 cc.

Otomotif

Pemerintah memutuskan memperluas cakupan relaksasi PPnBM untuk kendaraan bermotor roda empat. Kini diberikan untuk mobil 2,500cc.

Otomotif

Tanpa sistem penggerak roda yang mumpuni, kita tidak bisa membayangkan sebuah mobil melibas jalanan perkotaan atau pegunungan.

Otomotif

Di Indonesia kita mengenal MPV. Tapi di Amerika Serikat, tipe mobil itu disebut minivan. Kami akan membawa Anda mengenalnya lebih jauh.

Otomotif

Mulai dari Toyota Avanza sampai Daihatsu Rocky, semua jenis mobil tersebut memperoleh manfaat relaksasi PPnBM yang diberikan pemerintah.

Otomotif

Masyarakat Indonesia diminta terlibat secara langsung dalam perkembangan kendaraan listrik roda dua di Indonesia.

Otomotif

Kami memberikan tips bagi bikers supaya tetap aman mengendarai motor di tengah hujan lebat sekalipun.

Otomotif

Dua-duanya akan sedang dikembangkan, dimana mobil elektrik XJ akan dibangun di atas platform MLA.