online course ilustrasi
Seorang anak belajar di depan laptopnya, mengikuti kursus daring. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Buat yang Mau Belajar Daring, Ini Dia 6 Course Online Gratis untuk Dipertimbangkan

Beberapa rekomendasi course online gratis berikut ini bisa jadi sarana meningkatkan kemampuan, tanpa perlu membayar lebih.

Photo of author
Oleh: Redoni
Sibuk mengurus konten sambil menikmati hidup.
advertisement

the Monkey Times – Saat ini untuk meningkatkan skill itu bisa dilakukan secara remote, berkat bantuan teknologi dan internet membuat berbagai pelatihan bisa dilakukan secara online atau biasa dikenal juga sebagai online course.

Berbagai platform memberikan beberapa penawaran, baik skala lokal atau internasional yang bisa diakses secara gratis. 

Apalagi di tengah terpaan digital yang begitu masif membuat Anda harus dituntut lebih unggul dan mempunyai nilai jual dalam menghadapi dunia kerja.

Untuk itulah semuanya harus dipupuk dengan tepat, dan mengambil melakukan pelatihan secara online bisa menjadi pilihan.

Di luar sana ada banyak course online, baik yang gratis maupun berbayar. Artikel ini akan memberikan referensi course online gratis, yang akan bisa kamu pertimbangkan untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian.

MIT OpenCourseWare

Untuk Anda yang masih duduk dibangku kuliah dan ingin mengupgrade beberapa kemampuan, mungkin bisa mencoba untuk bergabung bersama MIT OCW.

Ada banyak pilihan materi kursus online dengan ribuan materi yang diberikan. Menariknya lagi, semuanya diberikan dan diselenggarakan langsung oleh MIT sendiri. 

Bahkan, tempat kursus satu ini termasuk dalam melakukan pelopor kuliah secara online yang ada di dunia dan tidak heran Anda akan menemukan beberapa materi yang diberikan.

Semuanya bisa Anda akses secara gratis dan dapatkan semuanya dengan menarik. Langsung saja akses linknya di ocw.mit.edu 

Udemy 

Tempat satu ini dikhususkan untuk para profesional yang bisa mencari berbagai kebutuhan skill yang diinginkan.

Apabila Anda ingin belajar bersama dengan para expert, rasanya Udemy bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, ada beberapa materi yang diberikan oleh para expert ini tidak semuanya gratis dan ada yang berbayar. 

Meskipun demikian, penawaran harga yang diberikan pun tidak begitu mahal dan relatif jauh lebih murah dibandingkan tempat kursus profesional lainnya.

Namun, lain sisi Anda akan menemukan beberapa materi yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Untuk melihat beberapa materinya, langsung saja dapatkan melalui aplikasi lewat smartphone yang ada. 

Open Culture 

Apabila Anda ingin belajar mengenai beberapa bidang pendidikan yang baru mungkin bisa bergabung bersama di Open Culture.

Situs satu ini bisa mempelajari berbagai materi yang ada, baik itu tentang pendidikan dan kebudayaan.

Semuanya sangat lengkap mulai dari arsitektur, arkeologi, filsafat, bahasa, sastra, dan sebagainya. 

Beberapa penawaran yang diberikan pun sangat lengkap, mulai dari e-book, audiobook, film, dan materi video perkuliahan dari berbagai pengajar di seluruh dunia.

Bagaimana cukup menarik bukan? Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, langsung saja akses dan daftarkan diri Anda untuk mendapatkan beberapa materi yang ada, semuanya diberikan gratis. 

EdX

Salah satu organisasi non-profit yang fokus utamanya pada bidang pendidikan, EdX sendiri pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Melalui website yang diberikan melalui edx.org Anda akan menemukan tempat kurus dan bisa mengikutinya dengan berbagai organisasi yang terkenal. 

Semua yang pembelajaran dan berbagai kursus yang diberikan itu bisa didapatkan secara gratis dan kesempatan Anda bergabung bersama organisasi terkenal di dunia.

Menariknya beberapa pembelajaran yang diberikan pun sangat bervariasi, mulai dari data science, bahasa, bisnis dan manajemen, serta ilmu komputer. 

Tidak hanya itu saja, melalui situs EdX tersebut juga menyediakan program untuk pendidikan S2 yang prosesnya dilakukan secara online.

Namun, untuk kuliah S2 ini tidak ditawarkan gratis, namun apabila tertarik bisa loh Anda mencobanya. 

Khan Academy 

Platform yang khusus pada dunia pendidikan dan berdiri sejak tahun 2006 ini memiliki respon dan antusiasme yang tinggi dalam memberikan pembelajaran secara online.

Semua materi yang diberikan dan disampaikan pun didapatkan secara gratis dan termasuk dalam tempat kursus yang edukatif, sehingga bisa Anda coba dapatkan. 

Beberapa bidang studi yang diberikan pun relatif banyak, semuanya diberikan dari pendidikan kanak-kanak sampai pengusaha.

Sehingga setiap pembelajaran yang diinginkan bisa Anda temukan dan dapatkan pengetahuannya.

Apabila ingin menambah pemahaman tentang dunia pendidikan, tempat satu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk dicoba. 

Skillshare

Apakah Anda sedang mencari tempat kursus dengan penawaran kreatif, lifestyle, teknologi, dan bisnis? Skillshare bisa menjadi pilihan untuk Anda dapatkan.

Disini tempat yang pas untuk meningkatkan dan mengupgrade skill yang belum ada, khususnya pada dunia video, pemrograman, desain grafis, game dan make up. 

Semuanya bisa Anda dapatkan dengan lengkap, sehingga berbagai aspek kebutuhan yang diinginkan bisa didapatkan secara menyeluruh.

Untuk itulah, apabila Anda ingin lebih mendalami dan fokus untuk mengejar karir profesional. Tempat satu ini bisa menjadi pilihan. Bahkan, termasuk rekomendasi course online gratis. 

Bagaimana, tertarik untuk belajar dunia baru dan ingin meningkatkan kemampuan personal?

Berita Terkini:
Bagian depan Stasiun Tangerang

Foto-foto suasana Stasiun Tangerang yang diambil pada Sabtu, 19 November 2022.

advertisement
Artikel Terkait:
online course ilustrasi
Buat yang Mau Belajar Daring, Ini Dia 6 Course Online Gratis untuk Dipertimbangkan
advertisement

Logo the Monkey Times

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia.

Bagikan artikel ini