Paling Populer di Chart Spotify Selama 4 Minggu

Simak siapa yang ada di puncak tangga nada Top 200 ala Spotify Indonesia. Nama Feby Putri ada diantaranya.


Spotify Top 200

Spotify Top 200 di Indonesia menempatkan Maroon 5 di puncak. (Foto: Needpix)

Oleh: Mas Hadid
Diterbitkan:

Saya menyukai data, meski hidup di negeri yang relatif miskin data-data budaya populer – sebut saja seperti data yang berhubungan dengan chart musik, misalnya. Untungnya saya masih bisa bermain-main dengan chart musik yang disediakan Spotify.


  • Selama empat minggu berturut-turut, Feby Putri dengan nomor Halu tak pernah turun dari peringkat 5 besar di Spotify Top 200 Indonesia.
  • Data bersumber dari chart mingguan Spotify yang diambil mulai 17, 24, 31 Oktober dan 7 November.

Industri musik streaming memang menarik. Dan yang membuatnya semakin menarik adalah data-data yang disuguhkan kepada kita dan bisa dinikmati gratis.

Bicara musik, saya cenderung tertarik kepada pertanyaan: berapa kali sebuah lagu populer di Spotify diputar?

Tanya itu terjawab dengan melihat kecenderungan salip-salipan popularitas lagu di atas:

Maroon 5 dengan nomor berjudul Memories menempati daftar puncak Top 200 lagu yang paling banyak diputar oleh pendengar Spotify di Indonesia.

Dalam tangga nada dwi-mingguan yang dirilis Spotify, di region Indonesia, data lagu terpopuler yang paling sering diputar, terakhir kali diperbarui pada 7 November.

Dan dari tanggal itulah visualisasi ini dibuat. Kemudian berturut-turut visualisasi dibuat berdasarkan data dari periode sebelumnya, dengan interval masing-masing data selama dua minggu.

Saya memilih untuk berhenti pada data yang tersedia pada 17 Oktober.

Di peringkat 10 besar Top 200 di Spotify regional Indonesia, mulai dari 17, 24, 31 Oktober dan 7 November 2019, Spotify mencatat nama-nama musisi/band yang lagunya paling banyak dinikmati pengguna aplikasi tersebut.

Maroon 5
Feby Putri
Budi Doremi
Shawn Mendes
Andmesh
Ali Gatie
Jeremy Zucker
Stephanie Poetri
Selena Gomez
Juicy Luicy

Nama Selena Gomez terselip bersama nomornya yang berjudul Lose You to Love Me. Sebelum 24 Oktober 2019, judul itu sama sekali tak nongol di Top 200.

Tetapi yang juga menarik kita cermati adalah nama Feby Putri dengan nomornya yang berjudul Halu.

Seandainya kamu kurang pergaulan, Feby Putri ini selebgram, yang oleh IDN Times disebut-sebut memiliki suara emas.

Halu merupakan lagu pertama Feby. Nomor itu tidak hanya populer di Spotify, tapi juga di Youtube. Video untuk lagu tersebut sudah ditonton lebih dari satu juta kali.

Baca Juga:

Baca Juga:  Ini Besaran Anggaran Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Menangani COVID-19

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru