Media sosial kami

Halo, cari konten apa?

surat masa studi
surat masa studi

Surat

Hai, Selamat Berjuang dengan Studimu, ya!

Mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA tentu bukan perkara mudah.

Mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA tentu bukan perkara mudah. Tapi banyak juga yang menganggap masa masa kuliah jadi sebuah momen yang sangat indah.

Kita akan dipertemukan dengan banyak orang baru dengan berbagai karakter yang berbeda. Tak jarang pula kita menemukan teman yang berasal dari tempat yang jauh untuk saling berbagi saat menemukan kesulitan.

Namun, saat menempuh pilihan ini memang sudah seharusnya kita sadar jika harus menyelesaikannya hingga akhir. Memang ada banyak sekali rintangan yang sebelumnya tak pernah terpikir, mulai dari sistem akademik yang berbeda dengan SMA hingga padatnya aktivitas kampus. 

Dan sampai pada semester akhir, kita harus menyelesaikan tugas untuk meraih gelar. Seakan gambaran menjadi salah satu sarjana yang diwisuda terlintas jelas di depan mata. 

Namun, proses untuk menempuhnya bukanlah hal yang mudah. Dan akupun tahu, kamu saat ini sedang dalam masa sulit ini. Memang ada kalanya kamu akan merasa putus asa, lantaran judul yang tak segera disetujui oleh pembimbing. 

Itu adalah hal yang wajar kawan, jadi bukan berarti kamu yang memang bermasalah. Dosen pembimbing hanya menginginkan agar kamu memberikan hasil yang terbaik.  Proses yang dilalui untuk mencapainya memang sangat melelahkan bukan?

Kamu harus begadang hampir setiap hari, menghabiskan waktu dengan buku dan jurnal penelitian. Seakan tidak ada tempat lain, selain ruang dosen pembimbing, perpustakaan dan kos. 

Mungkin hari hari mu hanya terlewati dengan kegiatan yang sama hingga beberapa bulan. Mengumpulkan data memang  membutuhkan waktu yang lama. Bahkan setelah mendapatkan data itu, kamu harus mengolahnya hingga berminggu minggu.

Hingga kamu tak sempat keluar kosan lantaran sibuk dengan pekerjaan menyusun skripsi. Pekerjaan yang tidak digaji, tapi berat sekali untuk mengerjakannya memang. Namun, ketahuilah jika proses yang telah kamu lalui ini akan membuatmu pribadi yang tangguh. 

Tak ada yang salah jika kamu ingin menangis karena proses yang melelahkan ini. Bergelut dengan data dan kata memang sangat menguras pikiran bukan?

Mungkin ada kalanya kamu harus keluar sebentar untuk menikmati dunia luar. Sekali saja, agar kamu bisa melihat bahwa diluar sana masih ada banyak orang yang juga sedang berjuang. 

Lelah adalah hal yang lumrah, tapi kamu harus tetap bersemangat. Yakinlah jika kamu mampu menyelesaikan proses yang panjang ini. Nikmati prosesnya, tak perlu dikeluhkan karena pengalaman berharga ini akan menjadi bagian yang tak akan terlupakan dalam hidup. 

Melihat satu persatu teman mulai hilang memang menjadi hal yang wajar ketika kita harus menyelesaikan masa studi. Bahkan, kamu akan mendapati satu persatu dari mereka mulai ujian hingga diwisuda. 

Ah, lagi lagi kamu harus menguatkan diri lantaran harus merasakan kehilangan. Tapi yakinlah, aku akan selalu ada untukmu dan mau mendengar apa yang kamu keluhkan. Jangan patah semangat karena setiap orang memiliki alur yang berbeda beda.

Pasti ada saatnya kamu berpikir jika jalan yang harus kamu lewati lebih sulit dari orang lain. Tapi, yakinlah jika semua proses ini tidak akan ada yang sia sia. Bahkan suatu saat nanti, kamu akan mengatakan jika perjalanan sulit ini justru menjadikanmu pribadi yang tak pantang menyerah.

Lihatlah betapa kuat dirimu saat diburu buru dengan revisi. Belum lagi harus menghabiskan waktu yang lama untuk mengantri di depan ruangan dosen pembimbing.

Jika mulai lelah dengan perjalanan ini, ingatlah saat pertama kali kamu menginjakkan kaki di kampus. Membawa segudang harapan dari orang tua, agar kamu bisa pergi dari kampus membawa gelar sarjana

Ingatlah jika perjuangan mereka yang tak pernah lelah, agar kita bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Ingatlah doa doa mereka yang tak pernah terputus agar setiap proses yang kita lalui selalu dimudahkan.

Ingatlah  saat pertama kali kamu berhasil menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tahukah ada banyak orang yang iri dengan kita. Lantaran mereka tak mampu melanjutkan kuliah, karena keterbatasan materi hingga ketidakmampuan akademis. 

Kamu harus menyelesaikan tes yang sulit agar bisa mengalahkan banyak calon mahasiswa, sehingga bisa menduduki salah satu kursi kosong di kampus ini.

Kesempatan yang berharga itu tak boleh kamu lewatkan. Ya kamu harus menyelesaikan laporan yang sudah hampir selesai itu. Tinggal sedikit lagi kawan, dan aku yakin kamu pasti bisa. Ya, kamu pasti bisa menghasilkan karya terbaik meski harus mengorbankan banyak hal, termasuk waktu. 

Aku yakin, karena sedari awal kamu kuat dan mampu menyelesaikan tugas kuliah yang cukup rumit itu. Maka, melanjutkannya hingga selesai adalah pilihan yang terbaik. 

Jadi jangan pernah menyerah kawan, kamu pasti bisa melewati perjalanan panjang ini. Tak apa juga kamu harus beristirahat sejenak bila terlalu lelah. Tapi jangan terlalu lama.

Ada sosok yang menunggumu agar segera di wisuda. Mereka akan melihatmu dengan senyuman bahagia ketika kamu memakai baju toga dan memegang ijazah. 

Memang wisuda bukanlah akhir perjalanan. Justru itu adalah langkah awal memasuki dunia baru. 

Setidaknya kamu telah menyelesaikan satu tahap penting dalam hidup.

Artikel Menarik Lain

Surat

Kutulis surat ini sebagai pernyataan bahwa aku telah melepasmu. Kuharap aku bisa melaluinya. Selamanya.

Surat

"Hai, cantik." Rasanya sudah lama sekali aku tidak mengucapkan kalimat itu kepadamu.

Surat

Surat ini aku berikan untuk kado ulang tahun ibu, besok di usianya yang genap 65 tahun dan tidak lagi muda. Selamat ulang tahun, ibuk.

Surat

Hai teman, apa kabarmu?

Surat

Masih kuingat dengan jelas bagaimana cara Tuhan mempertemukan kita.

Surat

Menikah adalah sesuatu hal yang mungkin tak terpikirkan olehku.

Surat

Hai adikku yang menginjak masa labil! Bagaimana kabarmu saat ini? Kakak harap kamu akan baik-baik saja. Sudah lama kakak tidak menanyakan keadaanmu.

Surat

Akhir akhir ini aku sering membayangkan punggung seorang wanita yang kini kian menua. Ia adalah sosok yang sangat berarti bagi kehidupanku selama ini.