the Monkey Times – Sedan yang dinamis. Demikian Volvo melabeli S60, sebuah sedan mewah yang generasi ketiganya diumumkan di India kemarin (Jumat, 27/11/2020)
Menurut Hindustantimes, Volvo S60 generasi ketiga mulai bisa dipesan pada Januari 2021 mendatang. Kemudian siapa pun yang berminat membawanya ke jalanan akan menerima sedan tersebut mulai Maret 2021.
Volvo sebetulnya sudah berencana merilis generasi terbaru S60 lebih awal, namun situasi pandemi global memaksa mereka mengubah rencana.
Ada pendapat yang mengatakan Volvo S60 merupakan penantang langsung dua brand: BMW dan Mercedes Benz. Dengan kata lain, sedan macam Volvo S60 diposisikan setara dengan BMW Seri 3 dan Mercedes-Benz S-Class.
Spesifikasi Volvo S60 Generasi 3
163 HP | 197 HP | 250 HP | 250 HP (AWD) | |
Model Mesin | B3 | B4 | B5 | B5 AWD |
Deskripsi | Four-cylinder direct injection turbo petrol engine | Four-cylinder supercharged and turbocharged engine | Four-cylinder direct injection turbo petrol engine | Four-cylinder direct injection turbo petrol engine |
Transmisi | 8-speed Geartronic™ automatic transmission | 8-speed Geartronic™ automatic transmission | 8-speed Geartronic™ automatic transmission | 8-speed Geartronic™ automatic transmission, AWD |
Drivetrain | Front wheel drive | Front wheel drive | Front wheel drive | All wheel drive |
Daya | 163 hp | 197 hp | 250 hp | 250 hp |
Kecepatan Maks. | 180 km/jam | 180 km/jam | 180 km/jam | 180 km/jam |
Generasi terbaru Volvo S60 ditawarkan dengan piihan mesin bensin, dan memang hanya pilihan itu yang bakal didapatkan konsumen yang berminat membawa pulang sedan mewah tersebut.
Gambaran mengenai sedan mewah khas Volvo membuat tipe S60 kaya akan fitur yang agaknya ditujukan untuk memaksimalkan pengalaman, sekaligus kenyamanan pengendara.
Di dalam kabin S60 ditanamkan sistem pengeras suara Harman Kardon, Teknologi Cleanzone dan charger wireless. Khusus untuk teknologi Cleanzone, pada dasarnya ia ditanamkan untuk membantu pengendara dan penumpang terhindar dari debu, bakteri dan unsur kuman yang tidak terlihat mata telanjang.
Di masa ketika semua orang patut waspada akan kemungkinan beredarnya virus di seluruh sudut ruang, termasuk kabin mobil, teknologi Cleanzone jelas memberikan nilai tambah bagi sedan mewah Volvo itu. Namun kita hendaknya tidak berhenti sampai disitu saja.
Imaji sebuah sedan mewah membuat Volvo ditampilkan dengan sederet fitur lain yang dimaksudkan untuk memberikan rasa aman berkendara. Sebutlah misalnya City Safety yang membantu pengendara mendeteksi keberadaan pejalan kaki dan pesepeda di sekitar pengendara. Fitur ini aktif memberi peringatan bila pengendara memacu mobilnya lebih dari 50 kilometer per jam.
Bila pengendara merasa lelah, fitur driver alert control pada Volvo S60 akan memberi peringatan. Jadi dia tahu kapan waktu tepat untuk beristirahat.
Dan bila pengendara menginginkan sedikit kebebasan ketika berkendara di jalan bebas hambatan dalam rute yang lurus, S60 juga memberikan fitur lain berupa adaptive cruise control.
Bersaing di pasar sedan
Sampai di sini kita sudah memahami dimana Volvo S60 ditempatkan dalam peta persaingan pasar sedan. Pertanyaannya kemudian: seberapa besar sih angka penjualan S60 ketimbang pesaingnya, BMW Seri 3, misalnya:
Kalau acuannya adalah angka penjualan, S60 masih tertinggal di belakang ketimbang pesaingnya itu. Kami ingin mengambil contoh penjualan S60 di pasar Amerika untuk menggambarkan persaingan antara Volvo dan BMW, khususnya di dua model sedan yang ditempatkan dalam kasta setara.
Menurut statistik penjualan Car Sales Base, Volvo menjual 17,526 unit S60 di pasar Amerika pada 2019. Jumlah ini lebih kecil ketimbang BMW yang berhasil menjual 47,827 unit sedan Seri 3 di tahun dan wilayah yang sama dengan Volvo.
Kalau statistik diatas masih kurang meyakinkan, ada baiknya kita mengambil sample di tahun-tahun sebelumnya. Pada 2018, misalnya, Volvo menjual 7,310 unit S60 di Amerika. Di tahun yang sama BMW menjual 44,578 unit sedan Seri 3 di wilayah yang sama.
Mundur sedikit setahun ke belakang, Volvo menjual 12,144 unit S60 pada 2017 di Amerika. Sementara itu pesaingnya berhasil menjual seri 3 sebanyak 59,449 unit di tahun yang sama, dan di wilayah penjualan yang sama.
Berpijak pada statistik diatas, Volvo agaknya perlu bekerja lebih keras untuk menempatkan S60 dalam tingkat penjualan yang sama dengan BMW Seri 3. Apakah kehadiran generasi terbaru sedan S60 bakal menggusur BMW dari tahta persaingan mereka berdua?