Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Musik

November Rain Guns N’ Roses yang Tak Dirilis di Bulan November

9 menit untuk sebuah satu nomor ngehits dari G n’ R.


November Rain Guns N' Roses

Sampul album Use Your Illusion. (Foto: Guns N' Roses/Youtube)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Selain Sweet Child O Mine, Gun N’ Roses (GnR) punya satu lagu berjudul November Rain yang juga tak kalah ngehits. Balada sepanjang hampir 9 menit itu boleh dibilang sebagai salah satu komposisi lagu GnR yang kaya.

Iklan

Penggunaan beragam macam instrumen menjadi alasannya. Di lagu itu, Axl Rose cs memasukkan beberapa instrumen yang memperkaya musiknya. Mulai dari flute, piano, sampai string section. Komposisi lagunya semakin kaya berkat kehadiran solo gitar Slash yang muncul di beberapa part lagu.

Tak Dirilis di Bilan November

Walau bertajuk November Rain, lagu tersebut tidaklah dirilis di bulan November. November Rain sendiri dirilis pada 18 Februari 1992. Bersamaan dengan album Use Your Ilussion I.

Iklan

Lagu tersebut sebetulnya sudah dibikin sejak 1983. Ide lagu ini bermula dari aransemen piano yang dimainkan Axl Rose. Tracii Guns yang mendengar aransemen piano itu lantas mengatakan pada Rose bahwa kelak aransemen tersebut bisa jadi sebuah lagu hits.

Tiga tahun berselang, aransemen tersebut lantas coba dikembangkan menjadi materi lagu November Rain. Awalnya, lagu itu akan dibuat dengan durasi 18 menit dan menjadikan lagu tersebut sebagai lagu GnR termegah.

Namun, ide itu tak jadi dieksekusi dan November Rain pun resmi tercipta dengan durasi 8 menit 57 detik. Walau durasinya lebih singkat dari yang direncanakan, November Rain tetaplah menjadi lagu termegah yang pernah dibikin GnR.

Video Klip yang Tak Kalah Megah

Sisi megah November Rain tak cuma dari lagunya saja. Video musiknya pun juga dibuat semegah mungkin. Video tersebut menggambarkan para personel GnR tengah memainkan November Rain di sebuah panggung teater megah.

Adegan itu lantas diselingi adegan pernikahan dan pemakaman seorang wanita yang diperankan leh Stephanie Seymour. Pacar dari Axl Rose saat itu. Tak hanya itu, video klip tersebut juga menampilkan aksi Slash tengah melakukan solo gitar. Boleh dibilang kalau adegan tersebut merupakan adegan paling ikonik di video klip November Rain.

Menurut Slash, November Rain merupakan video klip dengan proses pembuatan yang bikin capek. Terlalu banyak pihak dan properti yang dipakai menjadi alasannya.

Selain paling megah, video klip November Rain juga termasuk salah satu video klip dengan biaya produksi termahal. Adapun biaya produksinya sendiri mencapai 1,5 juta dollar AS.

Besarnya biaya produksi itu sebanding dengan prestasi yang diraih. Pada 1992, video klip tersebut diganjar penghargaan Video Klip Terbaik dari ajang MTV Video Music Award 1992. Video klip itu juga meraih penghargaan Sinematografi Terbaik di ajang Video Vanguard.

Video klip November Rain sendiri sebetulnya merupakan bagian tengah dari trilogi yang diusung GnR. Adapun bagian awal dan akhirnya adalah video klip Don’t Cry dan Estranged.

Nampang Di Sejumlah Tangga Lagu dan Pengaruhnya Terhadap Budaya Pop

Dari pertama kali lagu ini dirilis hingga setelahnya, November Rain selalu nangkring di sejumlah tangga lagu. Setidaknya lagu tersebut bisa masuk 50 besar chart lagu di sejumlah media.

November Rain pun juga lazim masuk ke sejumla daftar lagu terbarik. Pitchfork misalnya. Media tersebut memasukkan November Rain ke daftar “The Top 200 Tracks of The 90s”. Dalam daftar itu, November Rain menempati posisi 140 dari 200-an judul lagu.

November Rain pun juga memberi pengaruh terhadap budaya pop. Selepas lagu ini dirilis, orang-orang jadi lazim menyebut November sebagai November Rain. Walaupun kita tahu, kalau lagu tersebut tidak betul-betul dirilis di bulan November.

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: the band
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments