Pemerintah: Hanya Daerah dengan Nol Kasus COVID-19 yang Pantas Mengukuhkan Kelaziman Baru

Daerah dengan nol kasus COVID-19 barulah pantas mengukuhkan kelaziman baru.


nol kasus covid-19 di Indonesia

Siapkah kita menghadapi kelaziman baru?

Diterbitkan:

tmtimes.idKecemasan selalu menghantui di tengah wacana kelaziman baru yang terus-menerus terdengar kencang beberapa hari belakang. Dan baru-baru ini pemerintah mengumumkan bahwa hanya daerah dengan nol kasus COVID-19 yang pantas mengukuhkan kelaziman baru.

“Daerah seharusnya mempertahankan nol kasus COVID-19 atau memperlihatkan penuruhan kasus infeksi kalau mau membuka bisnis kembali atau melakukan relaksasi di bawah protokol kesehatan,” kata satgas percepatan dan penanganan COVID-19 Doni Monardo sebagaimana dikutip Jakarta Post.

Masih mengutip Jakarta Post, ada 110 kabupaten dan kota dengan nol kasus COVID-19. Jambi, Maluku, Kalimantan Utara, Riau, dan Aceh menyempil di antara 100 kabupaten dan kota tersebut.

Sebelumnya banyak pihak yang mengkritik rencana pemerintah menerapkan kelaziman baru di tengah masih tingginya angka penularan COVID-19. Data sampai 29 Mei 2020 memperlihatkan bahwa jumlah penderita masih tinggi. Hari ini ada penambahan jumlah penderita sebanyak 687 orang. Dengan begitu jumlah total kasus COVID-19 menjadi sebanyak 25,216 orang.

Tirto.id hari ini menurunkan laporan yang menyebut kritik bertubi-tubi yang ditujukan pada wacana kelaziman baru yang dicanangkan pemerintahan Jokowi. Alih-alih mencanangkan jalan menuju kehidupan new normal, wacana yang digaungkan pemerintah dianggap lebih tepat disebut kondisi tak normal, alias new abnormal.

Tirto berusaha mengingatkan kepada pembacanya, bahwa situasi lazim yang baru bisa benar-benar diterapkan bila wabah sudah bisa dikendalikan. Selain itu harus dibarengi dengan penurunan virus.

Baca Juga: Kelaziman Baru di Tengah Wacana Ketakutan akan Virus

Dari Yogyakarta dilaporkan bahwa Sultan Hamengku Buwono (HB) X belum berencana menerapkan kelaziman baru. Penurunan jumlah penderita COVID-19 di Yogyakarta belum bisa dijadikan acuan untuk menerapkan ide tersebut, demikian seperti ditulis Detik.

Sebagaimana dilaporkan oleh Tribunnews, Yogyakarta melaporkan nol kasus COVID-19 dalam dua hari beruntun.

Penulis: Pemburu Berita

(tmtimes.id – Warta)

Sumber:

  • thejakartapost.com. Indonesia says only regions with zero, declining cases can brace for ‘new normal’
  • tirto.id. New Normal Ala Jokowi Dikritik Buruh, DPR, Seleb, dan Ormas Islam
  • tribunnews.com. BREAKING NEWS : Dua Hari Beruntun Nol Kasus COVID-19 di DIY, Jumlah Kesembuhan Terus Meningkat
  • news.detik.com. Tak Mau Tergesa-gesa New Normal, Sultan Tunggu Kasus Corona Turun

Baca Juga:  Update Corona 6 September: konfirmasi kasus positif Menyentuh 194,109 orang

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru