Penulis: Anggie Warsito

Bioskop Kita Akan Semarak Pada Lebaran Tahun Ini

Khusus tahun ini, bioskop kita akan diramaikan oleh film-film menarik.

the Monkey Times – Selain berkumpul bersama sanak saudara, menonton film adalah hal lain yang lazim dilakukan saat lebaran tiba. Bioskop pun menjadi tempat yang akan ramai dikunjungi.

Tiap tahun, bioskop tanah air akan selalu menayangkan berbagai film di momen Idul Fitri, entah itu film rilisan lokal maupun luar. Tradisi ini sempat padam di tahun 2020 akibat pandemi yang saat itu baru saja melanda negeri ini.

Dua tahun terakhir, tradisi ini pun kembali dihelat. Tentu dengan penyesuaian sana-sini agar penonton bisa menyimak tiap film yang tersaji sambil tak lupa menuruti protokol kesehatan yang berlaku.

Khusus tahun ini, bioskop kita akan diramaikan oleh film-film menarik, terutama dari dalam negeri. Bagi kamu yang berencana mengisi lebaran tahun ini dengan pergi ke bioskop, keputusanmu sepertinya tepat sekali.

Masih Tetap Didominasi Film Horor

Horor masih menjadi genre paling mencuat pada lebaran tahun ini. Setidaknya ada dua film bergenre horor yang berpotensi mampu memenuhi tiap kursi bioskop, yaitu “KKN Desa Penari” dan “Kuntilanak 3”.

“KKN Desa Penari” sejatinya adalah film yang akan dirilis pada 2020 kemarin namun tak jadi akibat pandemi. Kisah film ini sendiri diadaptasi dari thread di Twitter yang sempat viral pada 2019.

Walau akan dirilis pada 30 April nanti, pemesanan tiket untuk film ini sudah bisa dilakukan sejak kemarin (25 April 2022). Hebatnya, tiketnya langsung terjual banyak, bahkan sold out di beberapa bioskop. Tak percaya? Silakan lihat saja beberapa screenshot di bawah in.

bioskop ramai
Bioskop mulai ramai
bioskop ramai di Madiun
Bioskop ramai
Bioskop mulai ramai
Bioskop ramai di Madiun
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
 

Sementara itu, “Kuntilanak 3” adalah rilisan horor terbaru dari Rizal Mantovani sekaligus sekuel dari “Kuntilanak 2” (2019). Film yang dibintangi banyak aktris ternama ini rencananya akan dirilis di tanggal yang sama dengan “KKN Desa Penari”.

Ngomong-ngomong soal Rizal Mantovani, bisa dibilang kalau ialah salah satu alasan mengapa film horor menjadi genre paling mencuat saat Idul Fitri. Semua itu berawal saat ia merilis “Jailangkung” pada Idul Fitri 2017.

Film yang ia sutradarai bareng Jose Poernomo itu berhasil meraup penonton hingga 2,6 juta penonton. Kesuksesan itu lantas memicu sineas lain untuk merilis film horor di kala Idul Fitri. Termasuk Rizal Mantovani sendiri.

Sukses di film pertamanya, Rizal lantas membuat sekuel “Jailangkung” pada 2018. Walau tak sesukses film pertama, setidaknya film tersebut bisa meraup penonton hingga 1,5 juta orang.

Dominasi horor pun kian berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Terakhir, genre ini berhasil mendominasi bioskop pada Idul Fitri tahun kemarin lewat film “Tarian Lengger Maut” garapan Yongki Ongestu.

Jangan Lupakan Drama

Selain horor, drama adalah genre lainnya yang akan mencuat di tahun ini. Adapun film unggulan untuk genre ini adalah “Gara-Gara Warisan”. Film yang seharusnya dirilis pada 2020 kemarin ini akan menjadi penanda debut Muhadkly Acho di kursi penyutradaraan. Filmnya sendiri akan mengisahkan perebutan warisan oleh tiga bersaudara berbeda watak, yaitu Adam (Oka Antara), Laras (Indah Permatasari), dan Dicky (Ge Pamungkas).

Sebelum horor, drama adalah genre yang paling sering mendominasi bioskop pada saat lebaran, terutama di periode 2008 hingga 2016. Dominasi itu dimulai dari “Laskar Pelangi” yang dirilis pada 2008 silam, dimana film itu mampu meraup 4 juta lebih penonton. Menjadikannya film drama terlaris sepanjang masa yang pernah dirilis di momen Idul Fitri.

Deretan film drama pun lantas tersaji di tahun-tahun setelahnya dengan berbagai macam varian, mulai dari drama romantis sampai drama religi. Tercatat, film-film semacam “Sang Pencerah”, “Ketika Cinta Bertasbih 2”, dan “Perahu Kertas” pernah menghiasi bioskop kita saat lebaran.

Dominasi genre drama sempat dipatahkan oleh genre komedi pada 2011 dan 2013 lewat dua sekuel “Get Married”, yaitu “Get Married 3” (2011) dan “Get M4rried” (2013). Film drama terakhir yang berhasil menarik atensi penonton di momen Idul Fitri adalah “Rudy Habibie” (2016) yang mampu meraup penonton hingga 2 juta lebih.

Bisa disimpulkan, kalau lebaran tahun ini bioskop akan ramai kembali berkat berbagai rilisan film lokal, terutama yang bergenre horor dan drama. Selain menghidupkan kembali tradisi nonton film ke bioskop saat Idul Fitri, kehadiran film-film itu jadi penanda kalau industri film kita masih bertaji walau sempat dihadang pandemi. Jadi, sudah semakin mantapkah kamu untuk ke bioskop pada Idul Fitri tahun ini?

Referensi: https://www.kompas.id/baca/telaah/2022/04/22/liburan-lebaran-momen-menonton-sinema-indonesia

Photo of author
Tinggal di Bandung. Menyukai dunia penulisan, dan lebih banyak menulis artikel seputar film, musik, dan perbukuan.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:

Bioskop kita
Bioskop Kita Akan Semarak Pada Lebaran Tahun Ini
teater adalah
Apa itu Kesenian Teater: Pengertian dan Sejarahnya
pengertian etika
Pengertian Etika Menurut para Ahli Filsafat
Perubahan Sosial
Pengertian Perubahan Sosial: Ciri-ciri dan Contohnya dalam Hidup Bermasyarakat
musik tradisional Talempong berasal dari daerah
Musik Tradisional Talempong: Kekayaan Daerah khas Minangkabau
primordialisme adalah
Pengertian Primordialisme: Ciri-Cirinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini