Connect with us

Hi, what are you looking for?

Musik

Eddie van Halen Meninggal di Usia ke-65

Eddie van Halen meninggal dunia hari Selasa (06/10/20) setelah pertarungan panjang melawan kanker.

Eddie van Halen meninggal
Potret Eddie van Halen di 2015. (Foto: Laurence Faure lewat Wikimedia)

the Monkey Times – Medan musik di Sunset Strip, Los Angeles, dekade 1970-an diramaikan oleh kehadiran Van Halen, band yang dikenali sebagian besar penggemar musik sebagai band yang membawa rock ke garda depan musik.

Hari ini, seperti dilaporkan Reuters, gitaris Eddie van Halen meninggal dunia pada Selasa (06/10/2020) di usia ke-65. Van Halen dikabarkan meninggal dunia karena kanker.

Adalah putra Van Halen, Wolfgang, yang mengumumkan kabar kematian ayahnya.

“Saya tidak percaya harus menulis ini, tapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah di pertempuran panjang melawan kanker pagi ini,” demikian cuitan Wolfgang, sebagaimana dikutip oleh Reuters.

Rocker gaek, yang dikenal secara luas sebagai gitaris eksentrik, meninggal di sebuah rumah sakit di daerah Los Angeles. Istrinya, Janie, anak dan kerabatnya dikabarkan berada di samping Van Halen ketika dia menghembuskan nafas terakhir.

Eddie van Halen memainkan gitarnya.
Eddie van Halen di atas panggung pada akhir 1970-an. (Foto: Carl Lender lewat Wikimedia)

1974 dikenal sebagai tahun dimana band Van Halen dibentuk oleh kakak beradik, Alex dan Eddie van Halen pada 1972. Album debut mereka, Van Halen, dirilis pada 1978. Situs Britannica mencatat album ini sebagai materi yang layak dipuji dari segi komersil, karena terjual sebanyak 10 juta kopi di seantero Amerika Serikat.

Status mega bintang baru direngkuh Van Halen setelah album keenam, 1984 dirilis di tahun yang sama dengan judulnya. Tiga single dalam album tersebut, “Hot for Teacher”, “Panama” dan “Jump”, memperoleh status terhormat sebagai hits klasik yang rasanya masih diingat kebanyakan penggemar rock lawas zaman sekarang.

Namun ingatan sebagian besar penggemar rock barangkali ada di satu album: For Unlawful Carnal Knowlede yang dirilis pada 1991. Album ini membawa Van Halen kepada satu kemenangan di penghargaan Grammy Award.

Walau begitu, kita tidak boleh melupakan fakta bahwa Van Halen memproduksi tiga studio album sepanjang 1986 – 1991, yang semuanya sukses di pasaran. Selain For Unlawful, Van Halen merilis dua labum lain, yakni 5150 (1986) dan OU812 (1988).

Album 5150 bahkan jadi hits nomor satu Billboard ketika itu. Sejumlah materi single dalam album tersebut, seperti “Why Can’t this be Love”, misalnya, menempati urutan ketiga tangga lagu Billboard.

Lalu ada juga “Dreams” dan “Love Walks In” yang menempati 30 besar tangga lagu Billboard.

(sumber: Reuters/Biography/Britannica)

Artikel Menarik Lainnya