Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Jelajah

Menu Angkringan Jogja, Filosofis Kehidupan Tentang Cinta, Patah, dan Kenangan

Untuk kalangan mahasiswa, angkringan itu kisah, cerita, dan penyelamat.


menu angkringan Jogja

Menu angkringan Jogja yang melegenda (Foto : Kadek Bonit Permadi/Canva Pro)

Oleh: Redoni
Diterbitkan:

the Monkey Times – Jogja bukan hanya tentang wisata dan budaya, ragam kulinernya menjadi sanubari baru yang menambah pengalaman cita rasa dalam lidah.

Iklan

Salah satunya menikmati selera nusantara yang khas dari menu angkringan Jogja. Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu coba, murah meriah, dan membuat perutmu aman sentosa. 

Untuk kalangan mahasiswa, angkringan itu kisah, cerita, dan penyelamat. Kenapa bisa begitu?

Iklan

Angkringan memberikan ruang untuk kantong susah dan minimal, sehingga memberikan penuh kisah dan cerita menarik untuk dikenang.

Nah, jika kamu sedang berkunjung ke sana jangan lupa deh mampir dan menikmati berbagai menu khas dari angkringan Jogja ya. 

Iklan

Menelisik Ragam Menu Persembahan Angkringan Jogja 

Sebenarnya tidak ada menu yang mewah dari angkringan, hanya menyediakan sego kucing dan sate tusuk yang mungkin bisa kamu temui pada daerah lainnya.

Namun, apa yang membuat menu itu menjadi istimewa dan penuh selera? Karena, angkringan Jogja itu tidak pernah lepas dari cerita dan asmara anak muda. 

Alasan klise dan ajakan mainstream sering terdengar, “dek, ngangkring yuk” bagian modus yang tidak pernah pudar dan selalu menjadi bagian kisah menarik yang selalu indah untuk dikenang. Lantas, apa saja sih menu angkringannya itu? Simak deh

Sego Kucing, Sedikit Namun Penuh Perhatian 

Jika kamu pertama kali datang ke angkringan, pasti kamu akan kaget mendengar menu sego kucing.

Kenapa menjadi sego kucing? Lihat saja ukurannya, kecil dan tipis. Yakin deh, kalau hanya satu, tidak mungkin kenyang.

Namun, sajian yang unik tersebut memberikan cerita dan sajian romansa malam yang penuh akan perhatian. 

Jika kamu mengajak seseorang gebetan, pasti kamu berujar “kok cuma satu, dek?” pertanyaan menggambarkan kalau kamu sedang mencoba memberi kasih dan tatapan manis untuk someone yang engkau idamkan. 

Kopi Jos dan Es Teh Manis, Simbol Pahit dan Manis Dua Pasang Sejoli 

Ada satu minuman khas dari angkringan Jogja ialah kopi jos. Sajian ini tidak ada bedanya dengan kopi hitam pada umumnya.

Menjadi pembedanya, terdapat arang yang memberikan tekstur rasa untuk dinikmati dikala romantisme malam Kota Jogja Menghampiri.

Tapi, jika kamu perhatikan “kopi jos” hanya dinikmati kalangan pria semata. 

Bukan tentang menyepelekan atau mengasingkan kaum perempuan, nyatanya es teh manis memang pilihan andalan untuk kekasihmu yang sedang diajak makan pinggir jalan.

Tapi, apabila kamu melihat jauh lebih dalam, filosofis menu dari angkringan Jogja ini bagian dari kisah asmara yang ada, kalau pasangan itu selalu mengalami kisah pahit dan manis bersama.

Sate Usus, Pemersatu Rasa Tengah Gejolak Cinta Menggelora

Jauh lebih dalam kamu ngangkring bersama, ada banyak menu yang tidak luput untuk kamu tinggalkan begitu saja.

Apalagi bersama cinta, rasanya tidak mungkin hanya nasi kucing dan minuman saja yang ada, tapi sate usus bagian pemersatu diantara cinta yang sedang menggelora. 

Kenapa begitu berbeda? Soal rasa yang hampir sama dimanapun itu berada, tapi jika tentang kasih semuanya terasa nikmat untuk Anda dicoba. Ibarat cinta, semuanya akan membutakan, angkringan pun demikian. 

Aneka Gorengan, Pelengkap Sajian Diantara Kesepian yang Nyata 

Mungkin kamu akan menganggap angkringan hanya tentang cinta, padahal angkringan tempat pas untuk kamu yang sedang dilanda kesepian.

Hanya angkringan, pelarian yang tepat untuk kamu yang penuh permasalahan, layaknya gorengan angkringan. Bagian pelengkap sego kucing agar lebih terasa nikmat dan bersahaja. 

Ada banyak pilihan gorengan, mulai dari bakwan, tempe, dan tahu. Semuanya paket lengkap, lumayan untuk menyembuhkan batin yang sedang luka. 

Baceman, Asin Manis Hidup Tetap Must Go On Kan 

Jika kamu belum mengenal baceman, kamu bayangkan hidupmu lagi pacaran dan putus hubungan.

Rasanya itu ada asin dan manisnya, itulah gambaran yang sedang penasaran mengenai apa itu baceman.

Jika kamu berkunjung ke angkringan, menu satu ini tidak mungkin untuk dilupakan dan selalu hadir pada beberapa angkringan yang ada di Kota Jogja. 

Hampir sama dengan kehidupan, asin manis itu akan selalu ada. Dimanapun engkau berada, permasalahan itu akan selalu ada dan hadir untuk memberikan mu cicipan tentang kehidupan. 

Angkringan Tempat Kembali Untuk Mengenang 

Beberapa menu diatas bukan hanya mengandung rasa yang nikmat dan membuat perut menjadi legah.

Tapi, angkringan itu tentang rasa ingin kembali dan mengenang semua yang ada, baik kamu sedang berduka atau sedang bahagia, semuanya menyatu disinari lampu senter, dan menjadikan hidup itu tentang perjalanan

Hari ini mampir, besok mungkin pindah, lusa akan tiada, angkringan masih akan selalu ada, menjadi tempat mampir dengan penuh cerita dan makna diantara masing-masing yang pernah berkunjung kesana. 

Jika kamu ingin merasakan menu angkringan Jogja, coba deh nikmati beberapa menu diatas. Sajian sederhana, tapi penuh makna. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Menu angkringan Jogja