Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Panduan

Tips Menghadapi Lingkungan Kerja yang Tak Nyaman

Yaa,, resign saja hehehe


lingkungan kerja

Ilustrasi sedang bekerja dibawah tekanan (Foto : Caio Triana/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Tidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan yang kondisi kantornya positif atau nyaman.

Iklan

Banyak kasus yang terjadi, dimana karyawan merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja. Tapi ingin resign  juga ragu karena cari kerja saat ini susah. 

Pernahkah kalian mengalami hal ini? Aku sendiri pernah dan bekerja di lingkungan kantor yang tidak nyaman dalam waktu cukup lama.

Iklan

Jika kalian sedang berada dalam situasi ini, jangan khawatir. Aku ada beberapa tips yang bisa membantu kamu supaya tetap bekerja dengan nyaman. 

Penyebab Lingkungan Kantor Tidak Nyaman 

Tapi, sebenarnya apa sih yang menyebabkan lingkungan kantor menjadi tidak nyaman? Jawabannya ada banyak faktor, seperti berikut ini: 

Iklan
  1. Persaingan tidak sehat

Sah-sah saja setiap karyawan merasa kompetitif untuk dalam pekerjaan. Tapi, banyak kejadian dimana persaingan yang dilakukan tidak sehat.

Mirip seperti di sinetron? Kenyataannya, ya memang ada persaingan ala sinetron dalam kehidupan nyata. Walau, mungkin tidak seekstrim itu, namun pasti ada. 

Hal inilah yang membuat lingkungan kantor menjadi tidak nyaman. Karena ada orang yang tidak ingin berkembang bersama-sama. Lebih memilih menjatuhkan teman agar bisa mendapatkan apa yang dia mau. 

  1. Bos yang semena-mena

Mungkin sebagian dari kalian pernah merasakan hal ini. Dimana terasa kalau bos terlalu menekan karyawan dan tidak memberikan banyak kebebasan berekspresi. Tekanan berat ini pun memaksa kamu untuk bekerja di lingkungan yang tidak nyaman. 

Bahkan ada yang sampai merasa stress dengan perlakuan bos yang mungkin tidak begitu memperhatikan kondisi fisik dan psikis dari karyawan. Kalau sudah begini, pasti kamu akan merasa cepat lelah dan tidak bersemangat. 

  1. Tidak ada apresiasi 

Setiap orang ketika bekerja sudah pasti inginnya berkembang dan karir semakin menanjak.

Tapi, tidak untuk kantor dengan lingkungan tidak sehat. Pihak kantor biasanya jarang memberikan apresiasi kepada karyawan. Apa yang dilakukan terkesan sia-sia. 

Penyebab inilah yang terkadang membuat lingkungan kantor menjadi tidak nyaman untuk bekerja. Tidak heran, jika banyak karyawan yang keluar masuk (resign). 

  1. Overtime tidak dibayarkan 

Bagi seorang karyawan bekerja lembur kerap sekali dilakukan. Tapi, jika lingkungan sehat pasti fee untuk overtime ini pun juga harus dibayarkan.

Lalu bagaimana jika tidak? Nah, ini yang sering membuat seseorang tidak nyaman bekerja.

Padahal sudah memberikan yang terbaik tapi masih tidak diberikan upah semestinya. Apakah kamu pernah merasakannya? 

  1. Banyak gosip beredar

Ini salah satu yang membuat tidak nyaman di lingkungan kerja. Di mana, banyak sekali rekan kerja yang bergosip. Hal-hal sepele pun yang dilakukan pun sering kali jadi bahan omongan. 

  1. Cuti tidak diberikan 

Setiap karyawan biasanya akan mendapatkan waktu cuti yang sudah disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Tapi, ada juga perusahaan yang tidak memberikan cuti untuk karyawannya. Ini bisa menjadi salah satu faktor utama kenapa lingkungan kerja tidak nyaman dan karyawan tidak bersemangat untuk kerja. 

Dari penyebab di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kantor yang nyaman tidak hanya dari gaji, tapi juga dari sesama karyawan. Kalau sudah tidak ada kenyamanan, biasanya akan membuat karyawan juga malas bekerja. 

Tips Menghadapi Lingkungan Kerja Tidak Nyaman 

Kalau kamu merasa lingkungan kerja tidak nyaman, tapi tidak bisa resign karena alasan tertentu, mau tidak mau kamu harus bertahan. Agar kamu tidak terkena dampak negatifnya, ada beberapa tips yang akan aku berikan seperti berikut ini:

  1. Jangan diam saja 

Hal ini yang aku lakukan dulu, di mana aku tidak akan tinggal diam jika ada satu masalah yang terjadi.

Aku pasti akan mengatakan dengan gamblang apa masalahnya dan memberikan solusinya. Kamu harus berani mengatakan hal-hal ini, supaya bisa mendapatkan kenyamanan. 

  1. Menciptakan kenyamanan sendiri

Aku juga selalu berusaha menciptakan kenyamanan sendiri di lingkungan kerja. Hal ini sebenernya cukuplah mudah.

Mulai dari makan di luar kantor bersama dengan sesama rekan kerja, mendengarkan musik saat bekerja dan lain sebagainya.

Selama masih dalam batas aturan kantor, kamu bisa membuat kegiatan yang bikin kamu nyaman. 

  1. Jangan ikutan bergosip 

Poin yang satu ini memang benar-benar paling aku hindari. Aku sebisa mungkin tidak melibatkan diri dengan gosip-gosip yang beredar di kantor.

Karena bagiku itu tidaklah penting dan tidak ada gunanya. Apabila ada teman kantor yang mulai bergosip, maka aku akan mengalihkan pembicaraan ke hal lain.

Semakin banyak gosip yang kamu terima, sudah pasti akan semakin tidak nyaman kamu bekerja. 

  1. Tidak ragu menunjukan kemampuan diri 

Kadang ada rekan kantor yang ingin menjegal apa yang kita kerjakan atau berikan kepada perusahaan. Hal ini sebenarnya sangat wajar, karena ambisi setiap orang berbeda. 

Tapi, aku tidak menyerah dan terus menunjukan kemampuan diri. Jika kamu melakukan hal ini, walau dijegal beberapa kali pun pasti akan terlihat oleh pemilik perusahaan. Selama kamu pun menunjukan kemampuan dengan cara yang benar. 

  1. Negosiasi 

Sedangkan jika kamu merasa tidak nyaman karena masalah bayaran, lebih baik kamu bernegosiasi dengan perusahaan.

Katakan apa yang kamu mau, apabila tidak ada jalan keluar. Coba cari solusi bersama dengan perusahaan. Yakinkan mereka bahwa kamu ingin memberikan yang terbaik kepada perusahaan. 

Mungkin tips-tips yang aku berikan tidak bisa diaplikasikan dalam semua kondisi. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa mencobanya.

Jadi, jika kamu merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja dan tidak bisa resign, lebih baik kamu mencari cara sendiri agar tidak mendapatkan dampak negatif dari kondisi kantor. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: Seputar dunia kerja
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments