Mengapa Pule jadi Keju termahal Sejagat?

‘Keju keledai’ toh nyatanya jadi keju termahal sejagat. Harganya kurang lebih sekitar $600 per kilogram, atau sekitar Rp 8,7 juta bila dikonversi ke dalam kurs rupiah.


keju termahal sejagat

Sepiring Pule yang dikenal sebagai keju termahal sejagat.


Oleh: Data Keeper

Diterbitkan:

the Monkey Times – Keju yang bersumber dari keledai mungkin tidak umum, sebab biasanya sumber utama keju berasal dari bahan susu, terutama susu sapi, kambing, kerbau, atau domba.

Tapi lebih dari sekadar dari mana keju berasal, Pule jadi keju termahal karena keberadaannya yang langka. Hanya ada satu tempat produksi Pule di seluruh negara, dan lokasinya berada di Serbia, persisnya di Zasavica Special Nature Reserve.

Apalagi yang bisa jadi justifikasi selain fakta bahwa hanya ada satu tempat di dunia yang memproduksi Pule?

Harganya mahal, tentu saja. Delapan koma 7 juta rupiah adalah uang yang banyak untuk menebus satu kilogram Pule. Dan dari satu kilogram keju itu dibutuhkan lebih dari 29,5 liter susu keledai.

Mengutip Business Insider, jumlah susu sebanyak itu 2,5 kali lebih banyak ketimbang yang dibutuhkan seseorang untuk memproduksi keju Mozarella. Lebih jauh lagi, produksi Pule agaknya tak bisa dilakukan tanpa Slobodan Simić.

Orang di balik pendirian Zasavica Special Nature Reserve

Slobodan Simić mendirikan Zasavica pada 1997. Itu terjadi 24 tahun lalu. Zasavica berdiri di bekas wilayah yang dulu dikenal dengan nama Yugoslavia. Di sana ada spesies keledai yang dilindungi, yang dikenal dengan sebutan keledai Balkan. Dari sana lah Pule berasal.

Pule dibuat dari campuran antara 60 persen susu keledai dan 40 persen susu kambing. Membuat Pule pun dibutuhkan waktu berbulan-bulan dan beberapa ekor keledai untuk memproduksinya. Jadi kita tahu, memproduksi satu kilogram Pule tidak mudah.

Hanya saja kemunculan Zasavica Special Nature Reserve bermula dari ketidaksengajaan. Area penangkaran itu didirikan Simić dengan maksud untuk menyelamatkan keledai Balkan yang populasinya waktu itu kurang dari 1,000 ekor. Nah, dari niat mulai itu, Simić bermaksud memproduksi produk susu keledai.

“Dan ketika kami memelihara 200 keledai, otomatis jumlah susu berlebih, [dan] saya pikir kami seharusnya memproduksi keju juga,” kata Simić seperti dikutip the Monkey Times dari Business Insider.

Bermula dari 20 keledai

Zasavica Special Nature Reserve
Dari Zasavica Special Nature Reserve keju Pule berasal. (Foto: Getty Images lewat Canva Pro)

Hanya ada 20 keledai yang sanggup memproduksi susu ketika itu. Banyak dari mereka hanya mampu memproduksi dalam jumlah yang tidak begitu besar, bahkan hingga sekarang.

Setiap orang yang bertugas memerah susu keledai di sana harus menghabiskan stok susu yang tersimpan di tubuh keledai, dan itu dilakukan dengan hati-hati, menggunakan tangan sebanyak tiga kali sehari.

Baca Juga:  Jenis Angin Muson di Indonesia: Pengertian dan Periode Kemunculannya

Opsi memerah susu keledai Balkan memakai mesin dikesampingkan, karena susu mereka tidak bisa diperah memakai mesin. Simić menyebut pemerahan susu keledai Balkan memakai mesin sebagai sesuatu yang mustahil dilakukan. Satu lagi, hanya keledai Balkan yang sudah memiliki bayi yang bisa memproduksi susu.

Saking sulitnya memerah susu keledai Balkan, satu ekor keledai hanya mampu memproduksi kurang dari 4,5 liter susu. Jumlah ini jauh dari seekor sapi betina sehat, yang sanggup memproduksi 68 liter susu dalam sekali sesi pemerahan.

Plus, setiap keledai Balkan mampu memproduksi susu sepanjang enam bulan. Karena itulah peternak seperti Simić harus menunggu satu tahun lagi untuk memerah susu dari keledai yang sama.

Jadi peternakan/penangkaran milik Simić hanya memproduksi keju sebanyak 50 hingga 70 kilogram dalam setahun. Fakta ini jadi satu faktor yang menjelaskan alasan kelangkaan keju Pule.

Resep rahasia Pule

Keberhasilan memerah susu keledai Balkan hanya satu rangkaian dari proses panjang produksi keju Pule. Sebab Anda butuh lebih dari sekadar 1 liter susu keledai Balkan untuk membuat Pule.

Keju Pule pada dasarnya merupakan bahan makanan yang dibuat dengan teknik dan metode khusus, di mana hanya Simić dan satu orang lagi yang tahu resep rahasia membuat keju Pule.

Simić tahu susu keledai Balkan mengandung lebih sedikit lemak ketimbang susu hewan lain. Fakta ini berarti susu jenis itu mengandung lebih sedikit kasein, elemen yang memungkinkan keju menggumpal sendiri.

Kunci Pule ada pada campuran rahasia antara bakteri dan aditif, serta susu kambing. Bahan-bahan inilah yang membantu susu membentuk dadih, yang jadi tahap penting dalam setiap proses pengolahan keju. Tanpa dadih hampir mustahil membuat Pule.

Walau terdengar mudah, namun menurut Simić tidak ada yang mampu – selain dirinya – mengolah susu keledai Balkan jadi keju Pule, walau mereka sudah mencobanya.

Simić percaya diri dengan pendakuan tersebut, sebab dialah yang menemukan rahasia bakteri dan aditif yang membantu kesuksesan pengolahan susu keledai Balkan menjadi Pule.

“Tidak ada orang yang bisa membuatnya. Tidak cuma di rumah, namun ahli susu terbaik dari negara lain sudah pernah mencoba dan gagal. Itu karena tambahan bakteri dan elemen yang ditemukan ahli [internal] kami lah yang membuat proses pembuatan keju berhasil. Banyak orang sudah mencoba, namun gagal dalam proses itu,” ujar Simić.

Baca Juga:  5 Kekhasan Nasi Jinggo Bali dan Rekomendasi Tempat yang Wajib Dicoba

Pantas saja orang lain gagal. Sebab hanya dia sendiri yang tahu resep Pule.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: di balik bahan pangan, Pengetahuan sehari-hari

Atau baca artikel lain yang ditulis: Data Keeper



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial