Mengapa Memutuskan Bercerai: Data dan Fakta

Bercerai dan memutuskan mengakhiri hubungan bukanlah sesuatu yang bisa diputuskan dengan mudah.


Ilustrasi bercerai

Ilustrasi patah hati karena bercerai.


Oleh: Data Keeper

Diterbitkan:

the Monkey Times – Setiap pasangan tentu bebas memutuskan hal terbaik untuk diri, keluarga dan pasangannya, sekalipun pada akhirnya mereka memutuskan bercerai.

Di Indonesia, angka perceraian terbilang tinggi. Selama 2015 – 2018, misalnya, angka perceraian cenderung terus naik dari tahun ke tahun. Seturut dengan statistik yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, kasus angka perceraian pada 2015 berjumlah 353,843. Kemudian berturut-turut sebanyak 365.654 (2016), 374.516 (2017), dan 408.202 (2018).

Alasan perceraian pun bermacam-macam. Di Ambon, misalnya, alasan perceraian didorong oleh beberapa faktor. Yang paling banyak adalah pertengkaran dan perselisihan, yang pada 2018 mencapai 218 kasus; sedangkan pada 2019 mencapai 272 kasus.

Lain Ambon, lain Magetan. Pada 2018, faktor ketidak-harmonisan rumah tangga jadi penyebab utama tingginya angka perceraian di Kabupaten Magetan. Sebanyak 698 mengajukan perceraian pada tahun 2018 di kabupaten yang dimaksud.

Tentu saja kita tahu bahwa pertengkaran dan perselisihan maknanya sama dengan ketidak-harmonisan.

Lalu ada alasan lain lagi: ekonomi. Pada 2018 di Bondowoso, angka perceraian yang disebabkan masalah ekonomi menempati urutan pertama, sebanyak 634 kasus.

Lalu di DKI Jakarta, angka perceraian yang dikarenakan perselisihan dan pertengkaran terus menerus, pada 2018, terjadi sebanyak 5.408 kasus. Diikuti faktor ekonomi yang menempati urutan kedua, sebanyak 3.118 kasus.

Apakah keputusan bercerai disebabkan ketidakcocokan?

kenapa pasangan memutuskan bercerai.

Laman Voice of Indonesia sempat menurunkan laporan tentang pernikahan hari ini. Dengan mengambil sudut pandang dari seorang psikolog, diambil lah kesimpulan bahwa maraknya perceraian di Indonesia terjadi karena satu faktor yang tidak bisa dijelaskan, yakni ketidakcocokan.

Dan faktor satu itu memang tidak bisa dijelaskan dengan baik. Selain karena ditentukan oleh banyak hal, seperti kesiapan pasangan dan kematangan usia, ketidakcocokan juga dipengaruhi ketidakmampuan pasangan dalam beradaptasi dengan lingkungan.

Bercerai di usia muda: cerita lain dari pengguna Quora

Via mungkin tak pernah membayangkan akan mengasuh anak kecil, padahal dirinya sendiri belum bisa dianggap dewasa. Namun Via terpaksa menanggung nasib mengasuh anak kandung ketika dia duduk di bangku sekolah SMK kelas 2.

Via memutuskan bercerai karena muak dengan mantan suaminya yang selalu main (berselingkuh) dengan perempuan lain. Itu terjadi ketika Via menginjak bangku SMK kelas 3.

Cerita yang senada dengan pengalaman Via banyak bertebaran di situs tanya jawab macam Quora. Dan walaupun tidak bisa utuh menggambarkan penyebab perceraian yang umumnya terjadi di Indonesia, kita bisa melihat beragam motif perceraian berdasarkan cerita yang dibagikan pengguna Quora.

Baca Juga:  Festival Film Cannes 2021 ditunda Sampai Juli

Seorang pengguna anonim memutuskan bercerai dengan pasangannya setelah si pria ketahuan memakai jasa pelacur, mengkonsumsi narkoba dan kerap melakukan pelecehan dalam berbagai bentuk, termasuk pelecehan fisik, emosi, dan verbal, kepada istrinya.

Masalah toxic relationship memang agaknya jadi tema-tema yang selalu mengemuka setiap kali ada pertanyaan mengapa kamu memutuskan bercerai. Sepertinya pengguna Quora – terlepas dar anonim tidaknya mereka – menggunakan medium tersebut untuk berbagi cerita dengan masyarakat internet.

Mereka melakukan itu, mungkin sembari berharap ada yang mampu memetik hikmah dari pengalaman pahit bernama perceraian yang mereka alami di masa lalu.

Baca Juga: Syarat Dan Cara Mendaftarkan Gugatan Cerai Istri Kepada Suami Di Pengadilan Agama

Sumber:

  • voi.id. Banyak Perceraian Karena Kurang Siap Menikah.
  • databooks.katadata.co.id. Ramai RUU Ketahanan Keluarga, Berapa Angka Perceraian di Indonesia?
  • quora.com. Mengapa Kamu Memutuskan untuk Bercerai?
  • bps.go.id
Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita hari ini, statistik sosial

Atau baca artikel lain yang ditulis: Data Keeper



Slide
Infografis jumlah bus listrik di seluruh dunia
Slide
Infografis vespa matik di Indonesia
Slide
Infografis kencan di era pandemi
Slide
melek finansial
Slide
infografis waralaba
Slide
infografis-jaga-kesehatan-saat-banjir
Slide
Infografis aktor Philip Seymour Hoffman
Slide
Infografis estetika film Paul Anderson
previous arrow
next arrow


Rekomendasi Artikel


Cara Sinema Sport Wisata Sosial