Mengapa bisnis ekspedisi Terbilang Menggiurkan?

Hidup bisnis ekspedisi ditopang oleh banyak hal. Salah satunya: keberadaan transaksi perdagangan daring.


ekspedisi

Ilustrasi pengiriman barang oleh kurir. (Foto: Getty Images lewat Canva)


Oleh: Ika Umi Hayati

Diterbitkan:

the Monkey Times – Pesatnya transaksi digital yang terjadi di toko online atau marketplace membuat masyarakat Indonesia membutuhkan jasa ekspedisi barang. Baik masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan yang menjadi pelaku bisnis itu sendiri maupun konsumennya.

Tingginya angka perkembangan bisnis online akibat dari kegemaran berbelanja masyarakat adalah faktor utama pemicu bisnis jasa ekspedisi layak dipertimbangkan.

Sebagai pengusaha yang ikut tertarik dengan kondisi tingginya kebutuhan jasa ekspedisi ini, yang mungkin Anda butuhkan adalah mempelajari karakteristik bisnis pengantaran barang dari pedagang ke konsumen.

Nah, dalam uraian kali ini akan dibahas secara ringkas mengenai tahapan membuka usaha tersebut yang dimulai dari persiapan modal, lokasi bisnis dan beberapa hal penting lainnya. 

Bisnis ekspedisi pada dasarnya cukup ramai dan ditopang oleh fakta bahwa nilai transaksi perdagangan daring terbilang besar. Di lapangan, sejumlah pemain baru bermunculan menantang pemain lama yang sudah dulu mapan.

Analisis Terhadap Peluang Bisnis Ekspedisi

Peluang bisnis sukses sangat besar terjadi pelaku usaha bidang ekspedisi. Pasti bukan tanpa alasan, karena diketahui sampai sekarang daya saing usaha tersebut tidak terlalu ketat karena masih sedikit pebisnis yang menjalankannya.

Selain karena faktor daya saing rendah, kemungkinan besar bisnis ekspedisi sukses adalah karena tingginya angka transaksi di marketplace atau toko daring. 

Sebagai gambaran, nilai transaksi perdagangan daring pada tahun 2019 mencapai Rp 13 Triliun, menurut data Tempo. Berkaca dari data ini, bisnis ekspedisi tentu bisa ikut andil dalam bidang tersebut.

Artinya setiap transaksi perdagangan daring tentu membutuhkan solusi pengiriman barang yang handal, yang sanggup mengirimkan barang dari pedagang di marketplace ke pembeli dengan cara seaman mungkin. Di titik ini bisnis ekspedisi boleh jadi sangat menguntungkan.

Dalam menjalankan bisnis ini, setiap orang akan dihadapkan dengan dua pilihan. Yaitu membangun sendiri mulai dari nol atau memilih bermitra dengan perusahaan-perusahaan logistik berikut ini.

  1. NSS Express
  2. SAP Express
  3. Wahana
  4. IDL
  5. REX
  6. ESL Express
  7. Lion Parcel
  8. Pos Indonesia
  9. TIKI
  10. RPX

Prospek Jangka Panjang Bisnis Logistik

Menurut pernyataan beberapa pelaku bisnis bidang logistik, diketahui bahwa sektor ini memiliki peluang menghasilkan keuntungan besar. Berbagai kunci kesuksesan bisa didatangkan apabila tidak keliru dalam menjalankannya.

Untuk waktu jangka panjang, prospek bisnis seperti logistik ini sangat bagus karena mampu menjamin masa depan perusahaan. 

Baca Juga:  Karawang Dipilih jadi Lokasi Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

Walaupun sektor usaha serupa juga dijalankan banyak orang, dijamin jasa ekspedisi Anda sendiri tidak pernah sepi pelanggan dan pasti laku keras. Dengan catatan minat masyarakat terhadap kegiatan belanja di marketplace atau toko online tidak surut.

Berkaca dari kebiasaan masyarakat modern, maka hasil analisis terhadap peluang usaha ini akan terus berkembang pesat pada tahun-tahun berikutnya.

Mulai Membangun Usaha

Dikatakan untuk terlebih dahulu menganalisis bisnis ekspedisi sebagai langkah awal membangunnya. Baru kemudian beberapa kebutuhan perlu untuk disiapkan, sebut saja seperti kegiatan promosi (baik digital atau konvensional jika masih relevan) yang bertujuan memperkenalkan dan mengakrabkan bisnis kepada masyarakat. 

Kebutuhan lain yang perlu segera disiapkan pelaku usaha logistik adalah modal, baik itu dengan perhitungan membangun bisnis dari nol atau menjalin mitra dengan perusahaan-perusahaan logistik ternama.

Modal juga dibutuhkan ketika kegiatan operasional membutuhkan PC, printer, timbangan, gaji karyawan dan sebagainya. 

Pelaku dan Konsumen Bisnis Ekspedisi

Jasa pengiriman barang terbuka kepada siapa saja yang ingin menjalaninya. Karena mampu menghasilkan keuntungan tinggi dengan biaya rendah, bisnis ini juga terbilang mudah dikerjakan orang-orang biasa.

Mencari konsumen juga tidak sulit, karena banyak orang membutuhkan jasa pengiriman barang ketika berbelanja online. 

Pemilihan Lokasi Usaha Strategis dan Harga Jual

Carilah tempat atau lokasi strategis ketika hendak jasa pengiriman barang. Bisa di pinggir jalan yang ramai orang berlalu lalang, dekat pasar atau daerah perkotaan atau bisa juga tempat lain yang strategis.

Selain itu, perhitungkan juga harga jual atau biaya jasa ekspedisi milik Anda. Boleh murah asal tidak merugi dan boleh mahal asal pelayanan berkualitas unggul. 

Nah, mudah sekali bukan melakukan analisis bisnis terhadap usaha logistik atau jasa ekspedisi setelah mengetahui cara-cara tersebut. Setelah ini silahkan belajar dan praktekkan sendiri. 

Temukan artikel menarik lainnya di topik: kaidah bisnis, perencanaan

Atau baca artikel lain yang ditulis: Ika Umi Hayati

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru