Penulis: Dandun Kusuma

Apa itu Kesenian Teater: Pengertian dan Sejarahnya

Kita akan melihat sudut pandang tentang konflik, politik, kemanusiaan, pertikaian, kelembutan, kekerasan dan cinta.

the Monkey Times – Saya berharap panggung itu sesempit kawat penari tali, sehingga tidak ada orang yang berani menginjaknya. Kutipan dari Johann Wolfgang von Goethe. 

Di dunia panggung teater seseorang akan banyak melihat perspektif yang bakal juga ia temukan dalam kehidupan nyata sehari – hari. 

Kita akan melihat sudut pandang tentang konflik, politik, kemanusiaan, pertikaian, kelembutan, kekerasan dan cinta. Berikut ini kita akan membahas seni teater adalah dan sejarahnya.

Seni Teater 

Dari segi bahasa teater berasal dari Theatron (Yunani) yang berarti tempat atau gedung pertunjukan,  Teater (Prancis), dan Teater (Inggris).

Sedangkan menukil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata teater bisa bermakna 3 pengertian ialah gedung atau ruangan tempat pertunjukkan film, kemudian ruangan besar dengan deretan bangku – bangku kursi ke samping dan belakang untuk mengikuti kegiatan ilmiah atau kuliah, yang terakhir bermakna ruang untuk pertunjukkan seni drama sebagai suatu seni atau profesi; seni drama; sandiwara; drama. 

Kesenian teater adalah jenis kesenian dari drama yang dipentaskan di panggung.

Secara utuh dapat diartikan seni drama yang menampilkan gerak, tari, dialog, nyanyian dan akting. Menurut para ahli teater adalah  sebagai berikut :

  1. Balthazar Vallhagen

Teater merupakan seni drama yang melukiskan mengenai sifat serta watak manusia dengan melalui  gerakan.

  1. Moulton 

Teater merupakan suatu kisah hidup yang digambarkan atau diilustrasikan di dalam bentuk gerakan atau disebut dengan life presented in action.

  1. Anne Civardi

Teater merupakan suatu seni drama yang menceritakan mengenai sebuah kisah dengan melalui kata – kata serta gerakan.

  1. RMA. Harymawan 

Teater merupakan aktivitas melakukan kegiatan atau aktivitas di dalam seni pertunjukkan (to act) sehingga kemudian tindak tanduk pemain di atas pentas disebut dengan sebutan akting.

  1. Seni Handayani dan Wildan

Teater adalah suatu bentuk karangan yang berpijak di dua cabang seni, yaitu sastra dan seni pentas.

Jenis teater ada beberapa antara lain teater musikal; teater dramatik; teater boneka; teater wayang kulit; teater gerak; teater puisi; 

Sejarah Seni Teater

Teori asal mula seni teater berawal dari beberapa kegiatan yakni upacara agama atau adat primitif; berasal dari nyanyian untuk menghormati seorang pahlawan; berasal dari kegemaran manusia mendengarkan cerita.

Asal – usul drama teater Yunani biasanya ditelusuri kembali oleh Thespis seorang tokoh penyair Yunani (maka “Thespian”) yang menurut Aristoteles bertindak sebagai bagian dari karakter tokoh atau akting dengan memakai topeng yang berbeda dan bertukar kata dengan tokoh pemimpin, beberapa orang dan seperti itu secara terus menerus (dialog). 

Ia kemudian datang ke Athena pada tahun 534 BC dan ia melakukan pertunjukkan di Agora untuk penonton yang duduk pada bangku kayu. 

Pada tahun 499 BC – 496 BC bangku – bangku runtuh selama pertunjukkan dalam sebuah drama oleh Euphrynichus yang menurut Herodotus, ia memproduksi pertunjukkan drama pertama kali yang berbasis tentang peristiwa sejarah The Fall of Miletos. 

Sebuah teater kemudian dibuat segera setelah itu di daerah lereng selatan Acropolis dekat daerah suci Dionysos yang telah didirikan pada abad keenam.Pada mulanya penonton hanya bisa duduk menikmati di lereng bukit yang landai, tetapi kemudian pada abad kelima ada bangku kayu yang digunakan untuk para penonton.

Tempat duduknya tidaklah diatur setengah lingkaran, seperti hal nya banyak ditemukan sekarang dan orkestranya tidak melingkar, beberapa sarjana barat percaya dan menemukan bukti bahwa orkestra yang melingkar itu terjadi pada awal teater Dionysos. Namun bukti tersebut masih dipertanyakan. 

Festival dramatis utama di Athena adalah di kota Dionysia yang berlangsung pada bulan Maret. Yang bertanggung jawab dan memimpin ialah Archon dalam festival tersebut. 

Archon memilih tiga tragedi dan tiga atau lima penulis komedi. Kemudian ia memilih koreografi, orang kaya dari berbagai suku yang membayar kostum dan pembiayaan pelatihan untuk paduan suara.

Negara membayar para aktor, dan tiga aktor dan seorang penulis naskah kepada masing – masing koreografi.

Masing – masing menulis cerita drama dan drama satire. Terkadang ketiganya cerita drama teater yang berada pada tema terkait dan sering kita sebut sebagai Trilogi.

Para penulis komika menghasilkan masing – masing komedi tunggal, namun juga sering menulis untuk festival lain seperti Lensa.

Festival tersebut berlangsung selama tiga atau empat hari, dan biasanya ada tiga drama teater di waktu pagi dan biasanya kemudian dilanjutkan dengan drama satire.

Pada waktu sore hari ada komedi. Banyak sekali dan merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan hari.

Sumber : 

  1. https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/16/160000369/seni-teater-pengertian-sejarah-unsur-dan-jenisnya?page=all 
  2. https://www.bola.com/ragam/read/4518336/pengertian-seni-teater-ciri-ciri-fungsi-unsur-dan-jenis-jenisnya-yang-perlu-diketahui
  3. https://karawangpost.pikiran-rakyat.com/ragam/pr-1421681188/tiga-alasan-mengapa-teater-penting-ketiga-keren-banget?page=2 
  4. Frank Sear,  Theater, Greek and Roman, Journal.
Photo of author
Hanebu sauyun, digelar digulung. Penulis konten asal Jogja. Menyukai hal-hal berbau budaya dan sejarah.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

Bioskop kita
Bioskop Kita Akan Semarak Pada Lebaran Tahun Ini
teater adalah
Apa itu Kesenian Teater: Pengertian dan Sejarahnya
pengertian etika
Pengertian Etika Menurut para Ahli Filsafat
Perubahan Sosial
Pengertian Perubahan Sosial: Ciri-ciri dan Contohnya dalam Hidup Bermasyarakat
musik tradisional Talempong berasal dari daerah
Musik Tradisional Talempong: Kekayaan Daerah khas Minangkabau
primordialisme adalah
Pengertian Primordialisme: Ciri-Cirinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini