Penulis: Dina Meidiana

Pengertian Gambar Ilustrasi dan Jenisnya

Kata ilustrasi sendiri diambil dari bahasa Yunani, yaitu ilustrare yang mempunyai arti menjelaskan atau menerangkan

the Monkey Times – Kamu pasti sudah sangat akrab dengan gambar ilustrasi yang memang kerap diaplikasikan dalam berbagai media. Meski begitu masih banyak yang belum memahami pengertian gambar ilustrasi serta apa saja jenisnya. Untuk bisa memahami tentang gambar ilustrasi, yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Pengertian Gambar Ilustrasi 

Kata ilustrasi sendiri diambil dari bahasa Yunani, yaitu ilustrare yang mempunyai arti menjelaskan atau menerangkan. Sehingga jika dilihat dari arti tersebut, dapat dikatakan bahwa gambar ilustrasi adalah gambar yang akan menerangkan sebuah peristiwa atau kejadian. 

Di buku Desain Grafis Percetakan SMK/MAK Kelas XI, menyebutkan bahwa kata ilustrasi ini berasal dari ilusi yang berarti gambar yang hanya berdasarkan angan-angan atau imajinasi saja. Dari pengertian ini, maka ilustrasi bisa disebut juga sebagai sebuah gambar atau hasil visualisasi yang tidak nyata. 

Jika ditarik kesimpulan dari kedua pengertian tersebut, maka ilustrasi merupakan sebuah gambar yang menjelaskan peristiwa baik itu secara nyata atau hanya sekedar imajinasi saja. 

Namun, ada juga pendapat lain, seperti dalam Buku Siswa Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8, disebutkan bahwa gambar ilustrasi adalah hasil dari sebuah tulisan yang berupa lukisan, drawing atau gambar, fotografi maupun beragam teknik seni rupa dengan mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksudkan kemudian dibandingkan dengan bentuknya. 

Dari penjelasan tersebut, maka gambar ilustrasi adalah sebuah gambar, lukisan atau fotografi yang mempunyai kemiripan atau kesamaan dengan sebuah subjek dimana di antara keduanya akan dibandingkan. 

Sedangkan menurut Prof. Tjetjep Rohendi Rohidi, seorang guru besar Ilmu Antropologi di Universitas Negeri Semarang mengungkapkan bahwa gambar ilustrasi memiliki kaitan dengan seni rupa dan merupakan sebuah penggambaran akan sesuatu dengan cara elemen rupa dan bertujuan untuk memperjelas serta menerangkan maupun memperindah sebuah tulisan agar pembaca dapat merasakan secara langsung dari mata sendiri akan sebuah sifat gerak serta kesan dari cerita yang dibuat. 

Dari apa yang dijelaskan olehnya, maka sudah jelas bahwa gambar ilustrasi adalah teknik seni rupa yang ditujukan agar sebuah tulisan, cerita atau teks bisa lebih dimengerti. Dimana tujuannya agar pembaca dapat merasakan secara langsung aksi dan kesan hanya dengan lewat mata. 

Salah satu contoh yang paling mudah untuk lebih memahami apa itu gambar ilustrasi adalah gambar yang ada dalam buku dongeng, komik, flayer dan lain sebagainya. Dimana gambar ilustrasi ini bisa dalam bentuk manusia, hewan, tumbuhan bahkan tempat. Dari gambar ilustrasi pun sudah bisa mendapatkan keterangan akan kejadian atau peristiwa apa yang akan diceritakan. 

Jenis dari Gambar Ilustrasi yang Sering Ditemui

Sekilas tadi sudah disebutkan beberapa contohnya, dimana juga sudah memberikan gambaran jenis dari gambar ilustrasi yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah jenisnya yang dikutip dari buku Buku Siswa Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8

Komik 

Untuk jenis gambar ilustrasi ini sudah pasti kalian tahu. Komik adalah sebuah rangkaian gambar yang berkaitan satu sama lain. Komik sendiri diambil dari kata comic yang mempunyai arti jenaka. Sehingga tidak heran komik berisi sebuah cerita yang menghibur. Bentuk dari komik bisa dalam bentuk buku atau cerita strip. 

Kartun 

Kartun adalah gambar ilustrasi dengan penampilan lucu dan menjelaskan sebuah peristiwa. Bentuk dari kartun sendiri bisa dalam bentuk animasi atau sebuah gambar saja. Bisa juga berwarna atau hitam putih. Semakin berkembangnya zaman, kartun tidak hanya disukai oleh anak-anak tapi juga orang dewasa. 

Cover 

Cover mempunyai arti sampul, dimana gambar cover ini merujuk pada sampul buku baik itu buku tulis, buku pelajaran dan buku cerita. Beberapa majalah pun masih menggunakan gambar ilustrasi untuk menarik perhatian. Gambar ilustrasi pada cover atau sampul buku ini biasanya akan disesuaikan dengan isinya. 

Vignette 

Vignette adalah gambar ilustrasi yang dekoratif dan mempunyai tujuan sebagai pengisi dalam sebuah lembar naskah yang kosong. Vignette kerap terlihat di buku cerita, koran atau majalah. Vignette juga kerap menjadi dekorasi dalam gambar ilustrasi lain dengan tujuan memberikan kesan yang lebih menarik. 

Buku Pelajaran

Gambar dalam buku pelajaran pun termasuk ilustrasi yang juga kerap ditemui. Gambar ilustrasi di dalam buku pelajaran biasanya akan membantu menjelaskan materi pelajaran sehingga siswa akan dengan mudah memahaminya. Contohnya adalah dalam buku pelajaran biologi, kimia dan lain sebagainya.

Karya sastra 

Jenis yang terakhir adalah gambar ilustrasi dalam karya sastra. Biasanya ilustrasi ini ada dalam buku cerita. Gambar pun biasanya akan merujuk dari adegan yang diceritakan dalam karya sastra. Tujuannya jelas untuk memberikan penegasan agar jalan cerita lebih mudah untuk dipahami. 

Itulah penjelasan akan pengertian gambar ilustrasi serta jenis-jenisnya. Pada dasarnya gambar ilustrasi ini sering kita temukan dimana saja. Bahkan dari kecil juga sudah sering melihat gambar ilustrasi. 

Photo of author
Penulis konten yang tinggal di Jogja. Menggemari segala hal berbau Korea. Tetap santai dikala ada kesempatan.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

Pengertian Gambar Ilustrasi dan Jenisnya

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini