Penulis: Dandun Kusuma

Pengertian Perubahan Sosial: Ciri-ciri dan Contohnya dalam Hidup Bermasyarakat

Perubahan sosial bisa bersifat statis dan juga dinamis.

the Monkey Times – Perubahan sosial mengajarkan kita untuk semakin bijak dalam mengamati gejolak perubahan yang ada di masyarakat kita karena dampak fenomena perubahan sosial ini mempengaruhi sistem sosial dari tata nilai dan perilakunya.

Yuk mari kita simak apa saja yang menjadi ciri – ciri dan contoh terjadinya perubahan sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.

Pengertian Perubahan Sosial

Menurut para ahli Sosiolog, perubahan sosial merupakan perubahan kehidupan masyarakat yang berlangsung terus – menerus dan tidak akan pernah berhenti, karena tidak ada satu masyarakat pun yang terhenti pada suatu titik tertentu sepanjang masa. 

Meskipun dibagi menjadi masyarakat statis dan dinamis, namun statis disini berarti masyarakat yang paling lambat dan sedikit mengalami perubahan artinya masyarakat statis tetap terjadi perubahan. 

Secara gamblang dipaparkan oleh Sosiolog ternama John Lewis Gillin dan John Philip Gillin mereka menyatakan perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan – penemuan baru di dalam masyarakat. 

Ciri – Ciri Perubahan Sosial

Berikut ini ciri – ciri dari perubahan sosial:

  1. Berkelanjutan

Hal ini merupakan ciri perubahan sosial yang sangat dasar karena pada prinsipnya setiap roda kehidupan akan terus mengalami keberlangsungan dan keberlanjutan.

Sehingga manusia mengalami bentuk perubahan baik skala perubahannya cepat maupun lambat. Dimanapun dan di waktu kapan pun manusia akan berubah seiring bergantinya waktu.

  1. Imitatif (Tiruan)

Manusia juga mempunyai sifat bawaan suka meniru baik dalam hal apapun positif maupun yang negatif sekalipun.

Kondisi sifat suka meniru keadaan masyarakat yang lainnya akan menimbulkan keterkaitan dengan masyarakat yang ditirunya dan tentu akan menyebabkan perubahan sosial.

  1. Disorganisasi Sementara

Ketidakmampuan masing – masing orang dalam merespon perubahan sosial akan terjadi disorganisasi karena adaptasi yang lambat sehingga terjadinya ketidakseragaman berpikir menimbulkan berbagai macam benturan dan pandangan sikap dan pikiran.

Namun hal ini hanya akan berselang sementara saja apabila keadaan sudah mencapai titik kesepahaman bersama.

  1. Hubungan Timbal Balik (Kausalitas)

Perubahan sosial tidak hanya terbatas pada yang sifatnya material atau hanya immaterial saja namun keduanya bisa saja sama – sama mengalami perubahan sosial karena adanya hubungan timbal balik diantara keduanya.

  1. Penggolongan Watak (Tipologis)

Perubahan sosial secara penggolongan watak dikategorikan dalam beberapa bentul, proses sosial, perubahan struktur, perubahan struktur kelompok, dan segmentasi.

  1. Sering Menimbulkan Kontroversi

Hal yang pasti terjadi adanya perubahan terhadap meningkatnya pengetahuan manusia kemudian munculnya teknologi baru yang tidak semua orang bisa beradaptasi dengan cepat pula, maka sering sekali terjadi kontroversi pro dan kontra.

  1. Dilakukan dengan Kesengajaan

Banyak terjadi perubahan sosial dilakukan secara sengaja bagi tiap – tiap orang agar mencapai kehidupan yang menurut mereka lebih baik.

Sehingga sering dilakukan hal – hal yang baru dalam hidupnya tanpa disadari dapat menyebabkan perubahan sosial di lingkungannya.

Contoh – Contoh Perubahan Sosial

Berikut ini contoh  – contoh perubahan sosial yang terjadi :

  1. Cara Penyampaian dalam Berkomunikasi

Segenap kemajuan yang hadir di dalam hidup kita, sebagaimana kita ketahui seperti  halnya sosial media, hal tersebut mengakibatkan cara berkomunikasi seseorang semakin mengalami perubahan semisal orang yang sedang malas menyampaikan dengan bahasa gaul “Mager” yang artinya males gerak.

  1. Cara Berpakaian

Pengaruh adanya budaya yang aneka ragam masuk di wilayah kita akan mengakibatkan sebagian orang meniru cara berpakaian mereka, misalnya Kpop, Japan Style, atau yang western style sekalipun.

  1. Kepercayaan (religi)

Bergesernya kepercayaan yang ada sebelumnya dengan masuknya kepercayaan yang baik secara sengaja dibawa ataupun tidak dapat merubah seseorang untuk meyakini kepercayaan yang baru tersebut.

  1. Kesenian dan Kebudayaan

Tingkat akulturasi kebudayaan yang berbeda semakin tinggi sehingga sering kita lihat kesenian dan kebudayaan yang asli semakin ditinggalkan dan masyarakat cenderung lebih banyak menggunakan kesenian dan kebudayaan populer dari negeri yang lain.

  1. Perilaku

Berdampingan hidup dengan berbagai macam karakter perilaku bawaan dari budaya masing – masing wilayah menyebabkan perilaku yang mengalami perubahan  karena banyak masyarakat mencontoh perilaku yang tidak sering ia lakukan.

  1. Emansipasi Wanita

Semakin berkembangnya demokrasi berdampak semakin berkembangnya emansipasi wanita yang sebelumnya di Indonesia wanita hanya sebagai pendukung rumah tangga sekarang makin gencar menyerukan kesetaraan gender.

  1. Industri

Revolusi industri yang berkembang membawa perubahan yang signifikan bagi masyarakat, meskipun di luar tersebut masih banyak ditemukan ketimpangan sosial, gerakan buruh dan longgarnya pengangguran.

Demikian sekilas mengenai perubahan sosial beserta ciri – ciri dan contohnya dalam bermasyarakat, semoga bermanfaat.

Photo of author
Hanebu sauyun, digelar digulung. Penulis konten asal Jogja. Menyukai hal-hal berbau budaya dan sejarah.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:

Bioskop kita
Bioskop Kita Akan Semarak Pada Lebaran Tahun Ini
teater adalah
Apa itu Kesenian Teater: Pengertian dan Sejarahnya
pengertian etika
Pengertian Etika Menurut para Ahli Filsafat
Perubahan Sosial
Pengertian Perubahan Sosial: Ciri-ciri dan Contohnya dalam Hidup Bermasyarakat
musik tradisional Talempong berasal dari daerah
Musik Tradisional Talempong: Kekayaan Daerah khas Minangkabau
primordialisme adalah
Pengertian Primordialisme: Ciri-Cirinya dalam Kehidupan Sehari-hari

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini