Penulis: Redoni

Apa itu Kewirausahaan: Pengertian, Ciri-ciri dan Penerapannya

Banyak ungkapan menyatakan apabila negara akan maju, apabila banyak pengusaha di dalamnya.

the Monkey Times – Kewirausahaan selalu menjadi topik perbincangan beberapa forum, baik itu lewat media sosial dan platform media lainnya.

Bahkan, ada yang selalu mengajak dan mempromosikan apabila menjadi seorang wiraswasta memberikan banyak keuntungan dibandingkan menjadi karyawan. Lantas, apa sih kewirausahaan tersebut?

Kewirausahaan adalah sikap atau tindakan untuk membuat dan menciptakan hal baru, mempunyai nilai, dan bermanfaat untuk banyak orang. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha, wira berarti berani, budi luhur, berwatak agung, lalu usaha berarti berbuat sesuatu, bekerja, dan beramal. 

Untuk kamu yang ingin lebih memahami konsep kewirausahaan, berikut ini beberapa pendapat ahli terkait makna tersebut. 

  • Eddy Soeryanto Soegoto 

Kewirausahaan yaitu bentuk usaha yang dilakukan pada kegiatan yang melahirkan inovasi dengan tujuan menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai, mempunyai manfaat, menciptakan peluang kerja, dan bermanfaat untuk banyak orang. 

  • Drs. Joko Untoro

Kewirausahaan adalah tindakan yang membutuhkan keberanian untuk melaksanakan beberapa kebutuhan agar memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan.

Dalam tahap ini memanfaatkan berbagai potensi dalam diri serta mampu menciptakan sesuatu yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain. 

  • Richard Cantillon 

Kewirausahaan merupakan seseorang yang membeli harga dengan nominal tertentu, kemudian menjual dengan nominal yang belum pasti. Kegiatan ini melakukan beberapa hal dengan segala kebutuhan yang tidak pasti atau dinamis. 

Apa Saja Ciri-Ciri Menjadi Wirausahawan? 

Apabila mengacu dari buku Kewirausahaan dan UMKM (2020) karya Puji Hastuti dan rekan dikutip dari Kompas.com, menjelaskan ciri-ciri kewirausahaan, antara lain: 

  1. Memiliki Analisis yang Tinggi 

Prediksi atau spekulasi dalam berbisnis menjadi poin utama dalam merintis usaha.

Ciri-ciri ini sudah menjadi bagian alamia seorang wiraswasta, karena harus mampu untuk melihat dan mengukur peluang yang akan terjadi kedepannya.

Sederhananya dalam melihat untung-rugi, jumlah kompetitor, nilai jual dan beli, dan mempunyai perhitungan pasar (analisis pasar). 

  1. Berani dan Kreatif

Rasanya apabila kamu tidak mempunyai sikap pemberani untuk melangkah dan keluar, maka tidak akan muncul kreasi baru yang ada dipasaran.

Menjadi seorang pengusaha bukan hanya tentang analisis, namun harus berani dan kreatif dalam melihat pasar yang ingin dicapai atau dituju.

Resiko telah menjadi kawan, sehingga keberanian menjadi poin penting untuk Anda persiapkan, jika ingin terjun dalam bisnis. 

  1. Mempunyai Jiwa Pemimpin dan Hemat 

Bukan hanya memimpin diri sendiri, tetapi harus mengkoordinasi dan mengakomodir banyak orang, sehingga seorang pengusaha harus mempunyai jiwa pemimpin.

Selain itu, harus mampu untuk mengukur dan tidak konsumtif terhadap pengeluaran, karena semuanya harus berlandaskan pada perhitungan. 

  1. Konsisten Dalam Memutuskan 

Terkadang kamu akan sering kewalahan dan geleng kepala melihat beberapa keputusan yang dibuat oleh beberapa orang yang telah lama terjun dalam dunia usaha.

Hal ini dilakukan untuk membuat keputusan yang cepat dan tepat agar roda bisnis tetap berjalan.

Dengan demikian, bentuk konsisten dalam membuat keputusan menjadi ciri yang harus dibangun, sehingga bisnis keep running based on decision. 

  1. Rela Mengabdi Untuk Usaha yang Dibangun 

Ibarat membangun rumah, seorang pengusaha harus membangun pondasi yang kokoh dari awal hingga akhir.

Pengabdian diri benar-benar diukur untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Bukan perkara yang mudah, sebab harus mampu mencari prioritas dan memilih kebutuhan yang penting untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan. 

Peranan Kewirausahaan Untuk Masyarakat

Ada beberapa peranan atau tujuan dari hadirnya kewirausahaan dalam masyarakat.

Tentunya memiliki dampak untuk menghidupkan ekonomi, baik itu skala kecil dan besar. Berikut ini beberapa peranan kewirausahaan. 

  1. Meningkatkan Harkat dan Martabat Masyarakat 

Banyak ungkapan menyatakan apabila negara akan maju, apabila banyak pengusaha di dalamnya.

Mungkin pernyataan tersebut ada benarnya, karena semakin banyak unit usaha di lingkungan sekitar akan membantu mengangkat mata pencarian masyarakat yang secara tidak langsung akan meningkatkan harkat martabat manusia. 

  1. Memupuk Semangat Untuk Berinovasi

Ketika keadaan semakin menghimpit, tentu akan membuat semangat seseorang untuk memutar otak dan memiliki pola pikir yang berbeda dari sebelumnya.

Bahkan, ada banyak beberapa inovasi baru muncul dari tekanan dan keadaan sekitar.

Jiwa seperti inilah yang mampu menghasilkan inovasi baru untuk keberhasilan dalam kewirausahaan. 

  1. Terciptanya Usaha Kecil Menengah (UKM)

Menciptakan wirausaha tidak mungkin dilakukan oleh hanya satu orang, namun harus dilakukan oleh banyak orang agar terciptanya usaha berjalan dengan lancar.

Tidak perlu dipungkiri, peranan dari beberapa orang memberikan dampak besar untuk kemajuan bisnis yang diharapkan dan membentuk berbagai karakter yang berbeda. 

Hal inilah yang menjadi peranan dari kewirausahaan, memberikan dampak yang lebih luas dan membangun ekonomi sekitar dengan usaha-usaha kecil. 

Bagaimana tertarik untuk terjun langsung menjadi seorang wiraswasta? Mungkin langkah kecil kamu akan memberikan dampak yang signifikan untuk kemajuan diri sendiri dan orang lain.

Photo of author
Sibuk mengurus konten sambil menikmati hidup.

Berita Terkini:

Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen
jenis power steering
Dua Jenis Power Steering yang Bikin Hidup Pengendara jadi Lebih Mudah

Artikel Terkait:

kewirausahaan adalah
Apa itu Kewirausahaan: Pengertian, Ciri-ciri dan Penerapannya

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontak
Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia