Penulis: Dina Meidiana

Jastip Adalah Fenomena Menarik Perhatian Era Digital

Jasa titip juga berkembang karena ada banyak sekali produk luar negeri yang memang tidak ada di Indonesia

the Monkey Times – Pernah tidak kalian mendengar tentang jastip? Bagi yang belum tahu, jastip adalah jasa titip. Fenomena jastip sebenarnya sudah lama ada. Tapi, dengan perkembangan teknologi sekarang ini, tidak heran jika bisnis ini semakin berkembang. Sebenarnya bagaimana konsep dari jastip ini? Kenapa jasa ini menjadi sangat populer? 

Contoh Jastip adalah Jasa Titip Membelikan Barang 

Jasa titip yang dimaksudkan dalam hal ini bukanlah tempat penitipan seperti di supermarket. Jastip adalah jasa yang akan membantu kamu membeli sebuah produk dari kota atau negara lain. Bisa juga membuka jasa membelikan barang yang langka atau sulit ditemukan. Si pemilik jasa titip nantinya akan memberikan harga dari barang serta menjelaskan berapa biaya jasanya. 

Untuk mempermudah penjelasan di atas, berikut ini adalah contohnya: 

Agus sedang berada di Jepang dan membuka layanan jasa titip untuk beberapa produk barang dari negara tersebut. Kemudian, kamu melihat iklan dari Agus dan ingin membeli action figure Naruto yang sudah lama diincar. Lalu, Agus akan menginfokan harga dalam mata uang Jepang dan dikonversikan ke rupiah. Kamu nanti akan membayarkan sejumlah harga dari Agus serta dengan biaya jasa titip. 

Contoh di atas adalah jastip yang paling umum hingga sekarang bahkan bisa ditemukan dengan mudah. Tapi, semakin kesini pun jasa titip tidak hanya persoalan membeli barang yang ada di luar negeri atau kota lain. 

Belakangan pun muncul adanya jastip beli minyak goreng. Tentu saja kamu tahu bahwa minyak goreng sempat mengalami kelangkaan di pasar, sehingga banyak sekali yang kesulitan memperoleh bahan pokok ini. Sehingga peluang ini pun dibaca oleh masyarakat dan membuka jasa titip membeli minyak goreng. 

Alasan yang Didapatkan Pembeli dari Jastip

Dari penjelasan di atas, maka sudah bisa dilihat bahwa Agus akan memperoleh keuntungan dari biaya titip yang ia tetapkan. Tapi, tentu saja ada alasan yang kuat kenapa banyak orang yang menggunakan jasa titip ini, yaitu sebagai berikut: 

Harga barang jauh lebih murah 

alasan pertama yang kamu dapatkan adalah dari harga action figure yang tadi dibeli jauh lebih murah. Kenapa begitu? Hal ini karena ketika sebuah barang atau produk masuk ke Indonesia dan untuk diperdagangkan, maka ada aturan pajak yang dikenakan. Bisa jadi action figure harganya akan meningkat mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari harga aslinya. 

Sedangkan dengan jasa titip, kamu hanya perlu membayarkan harga aslinya. Misalnya harga action figure adalah 2.500 yen atau setara dengan Rp. 293.000. Bila ditambahkan dengan biaya jasa titip yang rata-rata hanya mengambil 20% dari harga barang. Kita asumsikan saja sekitar Rp. 58.000 saja. Maka, kamu hanya perlu membayar Rp. 351.000 saja. 

Jadi, sudah kebayang bukan berapa harga jual action figure yang sama bila dijual di store resmi Indonesia. Kalau dengan jasa titip bisa menghemat lebih dari separuh harga kenapa tidak. Itulah kenapa bisnis ini semakin berkembang dengan peminat yang sangat banyak. 

Bisa dapatkan barang yang tidak ada di Indonesia 

Jasa titip juga berkembang karena ada banyak sekali produk luar negeri yang memang tidak ada di Indonesia. Hal inilah yang jadi alasan lain yang menguatkan bisnis jasa titip semakin berkembang.

Kalau contoh sebelumnya adalah ketika ingin membeli action figure dengan harga yang lebih miring, sekarang kita anggap bahwa action figure tersebut tidaklah ada di Indonesia. Sebagai penggemar pun kamu akan berusaha mencarinya. Apalagi jika action figure limited edition dan hanya ada di toko tertentu di Jepang. 

Jenis barang beragam 

Tidak seperti produk ritel yang mungkin ada keterbatasan dari jenis barang yang dijual, di jastip jelas kamu bisa membeli berbagai macam barang. Mulai dari sepatu, pakaian bahkan, makanan ringan, barang elektronik seperti handphone hingga barang-barang official dari artis yang bukan dari Indonesia. Selama memang si pemilik jastip bisa membelinya, maka kamu bisa memperoleh barang apapun. 

Jasa Titip Di Mata Pemerintah 

Meski sudah terlihat apa saja keuntungan yang diterima si pemilik jasa dan pembeli, tapi nyatanya fenomena jastip cukup mengkhawatirkan pemerintah. Karena banyak sekali kasus jastip yang akhirnya menyalahi aturan yang berlaku untuk barang masuk dari luar negeri. 

Pemerintah sendiri sudah mengatur dengan jelas terkait barang yang dibawa dari luar negeri, baik itu dalam bentuk oleh-oleh atau impor. Dalam website resmi Dirjen Bea Cukai, misalnya adalah harga maksimal barang yang dibawa masuk dari luar negeri, yaitu USD 500. 

Apabila barang melebihi batas tersebut, maka akan dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Di website juga sudah dijelaskan barang apa saja yang bebas bea masuk dan pajak. 

Hadirnya jastip sudah pasti akan menghindari bea masuk dan pajak yang sudah ditetapkan. Sehingga kerugian tidak hanya dari sisi pemerintah saja. Tapi, juga importir resmi yang telah membayar kepada negara akan kesulitan menjual barang mereka. 

Tidak hanya untuk urusan barang titipan dari luar negeri saja, fenomena yang terjadi saat langkanya minyak goreng juga termasuk hal yang cukup memprihatinkan. Karena beberapa jastip memasang harga minyak goreng yang lebih tinggi dari EHT (Eceran Harga Tertinggi) yang sudah ditetapkan pemerintah. 

Dari penjelasan di atas, memang terkesan jastip adalah jasa titip yang membantu sebagian masyarakat. Namun, ada akibat yang memang harus diperhatikan. Ada kerugian yang juga akan diterima oleh importir resmi. 

Photo of author
Penulis konten yang tinggal di Jogja. Menggemari segala hal berbau Korea. Tetap santai dikala ada kesempatan.

Berita Terkini:

teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton
BMW iX5 Hydrogen
BMW Mulai Memproduksi Fuel Cell Untuk Model iX5 Hidrogen

Artikel Terkait:

Jastip Adalah Fenomena Menarik Perhatian Era Digital

Favicon tmtimes new

the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini