Penulis: Redoni

Ini dia Contoh Pengamalan Sila ke 3 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Adanya kesadaran untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, maka tujuan terciptanya bangsa yang maju dan makmur bisa tercapai. 

the Monkey Times – Isi sila ke-3 dari Pancasila adalah “Persatuan Indonesia”, bagian ini tentunya memberikan banyak peranan untuk menjadi pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Contoh pengamalan sila ke 3 Pancasila sebagai dasar dan pedoman negara seharusnya bisa diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan setiap harinya. 

Ada 5 sila yang bisa ditemukan dalam Pancasila, meskipun mempunyai ikatan dan tidak terpisahkan, tapi dalam setiap tindakannya ada berbagai perbedaan yang bisa dilihat dalam setiap silanya.

Menurut PJ. Soewarno dalam buku Pancasila Budaya Bangsa Indonesia (1993), masing-masing sila dalam Pancasila memiliki perbedaan intensitas.

Terutama dalam sila ke-3 yang erat kaitannya dengan keanekaragaman yang ada, membuat sila ini memiliki peranan tersendiri mengenai penerapannya dalam kehidupan.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pulau yang tersebar, ribuan bahasa daerah yang berbeda, dan budaya yang unik antara satu sama lainnya. 

Atas dasar inilah, Pancasila dalam sila ke-3 itu menjelaskan mengenai nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang sudah tertanam lama, karena Indonesia dikenal sebagai bangsa yang majemuk.

Bahkan, melalui buku Pancasila dalam Pusaran Globalisasi (2017) dikutip dari Tirto.id juga menjelaskan apabila nilai-nilai yang tertanam dalam Pancasila sebagai pegangan untuk menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia. 

Jika melihat dari bahasa, Pancasila merupakan “lima prinsip” atau dikenal juga sebagai “lima asas”, kata ini diambil dari bahasa Sanskerta yang bermakna lima dasar atau prinsip yang menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Contoh Pengamalan Sila Ke 3 dalam Kehidupan Sehari-hari

Perubahan zaman dan menghadapi berbagai perubahan era, nilai-nilai yang ada dalam Pancasila bisa menjadi petunjuk dan pegangan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adanya kesadaran untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, maka tujuan terciptanya bangsa yang maju dan makmur bisa tercapai. 

Nah, apa saja contohnya dalam kehidupan sehari-hari? Mari kita bahas

1. Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air 

Terpaan budaya bangsa lain membuat masyarakat mulai kehilangan arah dan mengikuti berbagai arus yang terkadang tidak tepat dengan nilai luhur yang tertanam.

Apalagi persaingan global yang semakin terbuka, membuat ekonomi dalam negeri terpuruk akibat terpaan barang impor yang masuk dari berbagai arah. 

Keadaan ini membuat perputaran dalam negeri akan terhambat, sehingga menjadikan bangsa yang sulit untuk maju dan menghadapi tantangan nyata yang ada didepan.

Apabila Anda mengamalkan sila ke-3 dalam kehidupan, maka akan jauh lebih peka dan peduli terhadap persoalan yang terjadi sekarang, sehingga menumbuhkan sikap cinta tanah air. 

Salah satunya yang bisa dilakukan adalah membeli dan mendukung segala produk yang berasal atau buatan Indonesia itu sendiri. 

2. Menerapkan Bhinneka Tunggal Ika Seutuhnya

Indonesia terdiri dari berbagai pulau yang terpisah lautan, ada banyak agama, suku, dan budaya yang hidup didalamnya.

Menyatukan persamaan dalam perbedaan bukan tindakan yang mudah, sehingga butuh tujuan yang sama untuk membangkitkan keadaan tersebut. Bhinneka Tunggal Ika bagian penting dalam bangsa Indonesia. 

Bahasa Indonesia sebagai penyambung rantai yang putus dan membuat semuanya terikat antara satu sama lainnya. Bahasa satu membuat semuanya bisa saling menyapa dan saling mengenal, sehingga perbedaan bukan lagi persoalan, tetapi menjadi kekuatan untuk menciptakan masyarakat yang maju dan beradab. 

Sila ke-3 mengamalkan bagian tersebut, sehingga jika Anda ingin menerapkannya, maka lihatlah perbedaan itu bukan sebagai tantangan, tetapi sebuah kekayaan yang harus dijaga dan dihormati. 

3. Bangga dan Cinta Tanah Air Indonesia 

Bagian selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam mengamalkan sila ke-3 Pancasila adalah bangga dan cinta dengan tanah air dimana tempat Anda dilahirkan.

Ada banyak hal yang patut Anda banggakan dari Indonesia, kehidupan budaya yang majemuk, bahasa daerah yang kaya, dan berbagai produk lahir dari nusantara ini. 

Seharusnya, tindakan ini membuat Anda akan lebih percaya diri dan bangga dengan produk dalam negeri, menggunakan bahasa Indonesia, dan mengenalkan budaya serta keindahan Indonesia ke seluruh penjuru dunia. 

4. Pandai Menyeleksi Informasi 

Keterbukaan informasi era digital membuat semuanya terasa lebih mudah dan cepat, namun berita palsu atau hoax menjadi ancaman bangsa.

Apabila tidak ada filter, maka adu domba akan sangat mudah terjadi dan menghancurkan persatuan bangsa.

Mengamalkan sila ke-3 dalam kehidupan salah satunya dengan memilih dan menyeleksi semua informasi yang masuk.

Hindari memberikan berita yang hanya menghancurkan dan merusak, karena kepentingan bersama untuk maju jauh lebih penting dibandingkan dengan kepentingan pribadi dan golongan.

Oleh karena itu, bijaklah dalam menghadapi semua perubahan dan seleksi terlebih dahulu, sebab kehidupan yang damai itu bagian anugerah yang wajib untuk disyukuri. 

Contoh pengamalan ke 3 bukan menjadi ancaman yang sulit untuk dilakukan, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, seharusnya bisa menjadi acuan masyarakat untuk hidup dalam kedamaian. 

Photo of author
Sibuk mengurus konten sambil menikmati hidup.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

makna pancasila sebagai dasar negara
Mengenal Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara
contoh pengamalan sila ke 2
Apa saja Contoh Pengamalan Sila ke 2 Pancasila di Kehidupan Modern
pengamalan sila ke-4 Pancasila
Isi Butir Pengamalan Sila ke-4 Pancasila dan Contoh Penerapannya
pengamalan sila ke-5
Apa Saja Bentuk Pengamalan Sila Ke-5 Pancasila?
contoh pengamalan sila ke 3
Ini dia Contoh Pengamalan Sila ke 3 Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari
butir pengamalan sila 1 pancasila
Pengamalan Sila 1 Pancasila: Butir Butir dan Contohnya dalam Hidup Sehari-hari

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini