Penulis: Dina Meidiana

Alasan Pentingnya Memilih Adopsi Hewan Peliharaan Daripada Membeli

Adopsi ya, bukan membeli.

the Monkey Times – Pernah gak terpikir untuk memelihara hewan di rumah? Kalau iya, apakah kamu berniat membeli atau adopsi? Sebenarnya tidak masalah kamu membeli hewan untuk dipelihara. Baik itu anjing, kucing, burung atau hewan lain yang khusus untuk menjadi teman di rumah. Tapi, pikirkan deh, lebih baik kamu mengadopsi daripada membeli. 

“Let’s Adopt, Don’t Buy” adalah kampanye yang dilakukan pecinta hewan di seluruh dunia. Munculnya kampanye ini tidak lepas dari banyaknya hewan-hewan terlantar, apalagi kucing dan anjing. Tidak hanya terlantar, kebanyakan hewan yang diselamatkan dalam kondisi trauma, sakit hingga cacat. 

Dampaknya pun jadi makin banyak sekali hewan yang harus diletakan dalam penampungan khusus yang disebut Shelter. Tapi, setiap shelter memiliki kemampuan terbatas. Tidak mungkin selalu bisa menerima hewan rescue. Dari sinilah muncul kampanye jangan beli hewan, adopsi saja. 

Selain itu, ada alasan lain kenapa kamu harus adopsi dari pada membeli. Yuk, cek apa saja alasannya di bawah ini. 

Mengurangi Kekejaman Terhadap Hewan 

Saat kamu memilih untuk adopsi, maka kamu secara tidak langsung ikut turut serta dalam mengurangi kekejaman terhadap hewan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kebanyakan hewan-hewan yang diselamatkan di jalan atau di lokasi lain tidaklah selalu dalam keadaan sehat. 

Kalau kamu nonton di kanal YouTube dari Animal Defenders Indonesia, banyak hewan yang perlu direhabilitasi dan diobati. Dengan adopsi, kamu pun sudah terjun membantu hewan-hewan ini lepas dari penderitaan mereka. Memberikan tempat yang lebih baik dan membuat mereka lebih bahagia. 

Membantu Shelter Agar Bisa Terus Menyelamatkan Hewan 

Di Indonesia ada beberapa shelter hewan yang sudah dikenal. Misalnya adalah Shelter Melati, Animal Defenders Indonesia, Shelter TPP, Shelter Pejaten, Animal Friends Jogja, Jakarta Animal Aid Network dan masih banyak lagi. Mereka tidak lelah untuk terus memperjuangkan hak-hak hewan agar tidak diganggu atau disakiti. 

Ketika kamu mengadopsi dari penampungan, maka kamu juga ikut membantu para aktivis yang memperjuangkan hak hewan ini. Karena setiap hewan yang direscue akan membutuhkan pengecekan ke dokter hewan yang tentu saja tidak murah. Belum lagi dari kebutuhan pakan, kebersihan dan lain sebagainya yang juga memerlukan dana tidak sedikit. 

Walau kamu hanya mampu mengadopsi satu jenis hewan saja, aktivis akan sangat terbantu dan berterimakasih. Mereka juga bisa bergerak lagi untuk menyelamatkan hewan lain yang membutuhkan pertolongan. 

Bisa Memilih Sendiri Hewan Mana yang Cocok 

Ketika kamu mengunjungi tempat penampungan hewan, pasti akan bertemu dengan hewan-hewan lucu yang dirawat di sana. Sehingga kamu ada kebebasan dalam memilih hewan yang akan kamu adopsi. 

Kalau kamu bingung, biarkan hewan-hewan tersebut yang memilih kamu. Percaya gak percaya, tapi hewan tahu apakah kamu teman yang cocok untuk berbagai kebahagiaan atau tidak. Apalagi untuk kucing, mereka biasanya yang akan memilih siapa orang yang tepat untuk merawatnya. 

Hewan di Penampungan Lebih Sehat 

Ini pengalaman yang pernah aku rasakan sendiri. Waktu itu aku membeli seekor anjing dari pedagang karena merasa kasihan. Tapi, tidak ada sebulan, anjing lucu tersebut mati karena terinfeksi virus. Setelah aku tanyakan kepada teman di komunitas, mereka mengatakan bahwa itu adalah hal yang biasa. 

Para pedagang yang hanya mencari keuntungan tidak akan memperhatikan kesehatan hewan-hewan yang dijualnya. Dari sinilah aku menyadari bahwa mereka benar-benar sangat kejam. 

Kejadian tersebutlah yang membuatku menyadari, bahwa mengadopsi lebih baik. Karena hewan-hewan yang ada di penampungan telah terjamin kesehatannya. Seluruh hewan yang mereka selamatkan sudah di cek terlebih dahulu kondisinya. Diberikan vaksin dan juga diawasi karakternya. 

Sehingga hewan yang mengalami trauma, di dalam penampungan pun juga diobati secara psikis agar bisa ceria lagi dan menikmati hidup. 

Kamu Bisa Menjadi Pribadi yang Peduli akan Lingkungan 

Saat kamu ingin mengadopsi salah satu hewan dari shelter yang ada, biasanya akan diajak berkeliling. Kamu akan melihat bagaimana para hewan ini telah menjalani hidup yang keras. Bahkan ada beberapa yang terpaksa menjalani amputasi karena luka yang terlalu parah. Ketika kamu melihat hal ini, secara tidak sadar akan timbul rasa empati. 

Sehingga kamu pun akan tergerak untuk peduli akan lingkungan sekitarmu. Hal ini tentu saja akan terus tertanam hingga kapanpun. Karena kalau bukan kita yang peduli terhadap lingkungan, siapa lagi? 

Bukan tidak boleh untuk membeli hewan, kok. Kamu masih bisa membeli kucing, anjing, burung bahkan reptil untuk dipelihara. Tapi, pastikan membelinya di breeder atau peternak yang sudah terpercaya dan juga bertanggung jawab. 

Dengan mengadopsi hewan yang ada di penampungan, diharapkan bisa mengurangi beban para aktivis yang terus kedatangan hewan-hewan yang terlantar. Jadi, coba pertimbangkanlah untuk adopsi daripada membeli hewan peliharaan.

Photo of author
Penulis konten yang tinggal di Jogja. Menggemari segala hal berbau Korea. Tetap santai dikala ada kesempatan.

Berita Terkini:

Kenapa mobil butuh asuransi
Kenapa Mobil Butuh Asuransi?
teknologi pengenlan wajah
Samsung Disebut-sebut Sedang Bekerja Meningkatkan Akurasi Teknologi Pengenalan Wajah
Promo Shopee Cashback
Shopee Berikan Cashback Rp 75,000 untuk Pengguna Baru
Bagi bagi ikan nelayan
Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama Bagikan Ikan Gratis Sebanyak Satu Ton

Artikel Terkait:

adopsi hewan peliharaan
Alasan Pentingnya Memilih Adopsi Hewan Peliharaan Daripada Membeli
Anjing kintamani Bali
Fakta Menarik Tentang Anjing Kintamani Bali
hewan di laut
Sangat Beracun, Jangan Dekati Hewan di Laut Berikut Ini
lidah kucing
7 Fakta Unik Lidah Kucing, Perlu Diketahui Cat Lovers
jenis anjing kecil
Menggemaskan, Ini Jenis Anjing Kecil yang Bisa Kamu Pelihara
kucing sakit
Cara Mencegah Kucing Sakit Kala Musim Hujan

Logo the Monkey Times

Kontribusi
Kirim Surat

The Monkey Times adalah media digital yang dikelola Rotasi Media Bahagia

Bagikan artikel ini