Manfaat Susu Beruang buat yang Suka susu hasil Sterilisasi

Sebagian besar orang di Indonesia akan menyebut nama Bear Brand setiap kali teringat susu beruang. Tapi apa kita tahu apa saja manfaatnya?


Apa saja manfaat susu beruang

Oleh: Kaisar

Diterbitkan:

the Monkey Times – Bagi kebanyakan orang, manfaat susu beruang terlihat jelas dalam kondisi khusus, seperti demam misalnya. Konon katanya – walau masih sebatas mitos – susu beruang baik untuk meringankan derita akibat demam.

Jadi kalau mengalami demam ringan, coba saja minum sekaleng susu beruang. Tapi tentu saja itu cuma mitos. Toh sepertinya susu beruang bukan dibuat untuk meringankan demam.

Pada dasarnya susu beruang merupakan jenis susu hasil sterilisasi. Kita boleh juga menyebutnya susu sapi murni. Tidak ada campuran apapun, dan karenanya rasanya cenderung anyep tanpa tambahan pemanis maupun bahan apapun.

Sekaleng susu beruang dengan takaran 189 ml mengandung energi dari lemak sebanyak 60 kalori, dan energi total sebanyak 120 kalori.

Lebih jauh lagi, nilai gizi yang terkandung dalam sekaleng susu beruang terdiri dari lemak total 7 gram, lemak jenuh 5 gram, kolesterol 25 miligram, protein 6 gram, karbohidrat total 9 gram, dan natrium 115 miligram.

Susu beruang bear brand: hasil sterilisasi

Susu beruang identik dengan satu nama: Bear Brand. Sebagian besar orang di Indonesia akan menyebut nama tersebut setiap kali teringat susu beruang.

Menurut Nestle, brand yang memproduksi Bear Brand, produk mereka terbuat dari susu murni 100% yang mengalami proses sterilisasi. Kelebihannya: susu steril bebas dari mikro organisme.

Proses sterilisasi susu sebetulnya bertujuan membunuh semua jenis mikro organisme, termasuk spora bakteri. Karena itulah produk susu yang mengalami sterilisasi diyakini bisa disimpan dalam jangka waktu lebih lama.

Mengutip Dairy Knowledge, susu yang melewati proses sterilisasi mungkin sudah dipanaskan di temperatur 100 derajat celcius atau di atasnya, selama beberapa waktu, sembari tetap mempertahankan kandungan gizi yang aman dikonsumsi manusia – sekaligus boleh disimpan setidaknya sampai 7 hari di dalam suhu ruangan.

Lantas, apa saja manfaat susu beruang yang bisa diambil oleh kita-kita?

  • Membantu perbaikan jaringan otot

Sembilan asam amino esensial terkandung dalam susu, karena itulah minuman tersebut sudah lama dikenal sebagai sumber protein berkualitas.

Dengan demikian susu membantu mengurangi jaringan otot yang hilang seiring dengan pertambahan usia. Selain itu susu membantu memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah berolahraga.

  • Membuat hidup jadi lebih berkualitas

Susu kaya dengan nutrisi. Dan susu beruang tidak lepas dari fakta tersebut. Kandungan natrium di dalam susu beruang, misalnya, membantu mempertahankan keseimbangan jumlah cairan tubuh.

Baca Juga:  Cara Diet yang Benar dan Sehat Berdasarkan Usia dan Jenis Makanan

Selain itu ada kandungan karbohidrat di dalam susu beruang menjaga kolesterol dalam darah tetap seimbang. Selain itu karbohidrat sanggup mengisi tubuh dengan energi.

  • Minuman yang baik untuk diet

Kalau seseorang baru saja memulai program diet, dia bisa mempertimbangkan susu untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian. Komponen bahan di dalam susu kemungkinan membantu penurunan berat badan, sekaligus mencegah kenaikan berat badan.

Sederhananya, menambahkan susu ke dalam menu harian, mungkin akan membantu mencegah kenaikan berat badan.

  • Bisa dipakai untuk memperkaya masakan

Susu yang dicampur ke dalam segelas kopi tentu akan memperkaya rasa kopi, sekaligus bisa membantu seseorang memulai hari dengan baik.

Bila dicampur ke dalam oatmeal, susu akan memperkaya rasanya. Dan kalau berniat membuat smoothies, jangan lupa campurkan susu ke dalamnya.

  • Baik untuk kesehatan tulang

Menambahkan susu ke dalam menu harian mungkin akan membantu tubuh terhindar dari problem seperti osteoporosis. Dengan kata lain, susu menurunkan resiko terkena osteoporosis.

Lebih jauh lagi, susu merupakan sumber protein yang baik, dan merupakan nutrisi kunci yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Demikianlah sedikit catatan tentang manfaat susu beruang. Dan rasanya tidak ada salahnya bila kita menghabiskan satu-dua kaleng susu beruang setiap hari. Toh bisa jadi susu tersebut memberikan lebih banyak manfaat bagi tulang dan organ tubuh kita secara keseluruhan.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: tips sehat

Atau baca artikel lain yang ditulis: Kaisar

artikel Terkait

Terbanyak Dibaca


Artikel Terbaru