Penulis: Rika Avisha

Manfaat Keramas Pakai Kopi dan Cara Mudah Membuat Ramuan Shampo Kopi

Bernarkah ada manfaat keramas pakai kopi yang bisa kita ambil, terutama demi kesehatan kulit kepala?

the Monkey Times – Beberapa waktu lalu sempat viral di Tiktok sebuah video yang membahas tentang manfaat keramas pakai kopi.

Benarkah faktanya? Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kopi, khususnya zat kafein yang ada di dalam nya tak hanya menghilangkan rasa kantuk, tapi juga dapat digunakan untuk memperbaiki tekstur rambut dan kulit kepala bila dipakai saat keramas.

Ini karena kafein memiliki kemampuan untuk merangsang folikel rambut, sehingga bisa memicu pertumbuhan rambut baru dan mengatasi masalah kerontokan.

Selain itu, keramas pakai kopi juga membuat rambut terasa halus, tampak berkilau dan lebih sehat. Hasilnya, rambut lebih tebal dan kuat.

Manfaat Kopi untuk kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Memiliki rambut tebal dan indah tentu menjadi keinginan setiap orang, baik pria maupun wanita.

Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari perawatan rutin di salon, memakai vitamin, serum, hair mask, dan bahkan memilih shampo mahal untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kini muncul satu lagi tips merawat rambut, yakni keramas pakai shampoo yang dicampur dengan kopi. Katanya sih bisa menyehatkan rambut dan menjadi solusi masalah kerontokan.

Melansir Healthline, pada 2007 silam ada sebuah studi laboratorium yang meneliti manfaat kafein terhadap folikel rambut, khususnya rambut pria.

Diketahui bahwa zat tersebut dapat membantu memblokir efek DHT (dihidrosestoreon) yang biasanya menjadi penyebab utama kerusakan rambut saat usia bertambah, dan inilah faktor yang menyebabkan kebotakan.

Selain DHT, keringat, polusi udara maupun sinar UV juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Makanya perlu dibersihkan dan dirawat secara rutin. Tak perlu mahal-mahal kok, keramas saja pakai kopi. Kamu akan mendapatkan manfaat berikut ini.  

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kerontokan rambut bisa dialami oleh pria maupun wanita seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini umum terjadi dan untungnya bisa dicegah sejak dini.

Caranya mudah, yakni dengan keramas pakai kopi minimal dua kali seminggu. Maka kamu akan mendorong kembali pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan.

Ini merupakan salah satu cara efektif yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon.

Tak hanya mengatasi rambut rontok, kopi juga akan membuat rambut menjadi lebih tebal dan kuat.

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi penguapan air pada kulit kepala, menjaga kelembabannya sehingga produksi sel-sel rambut semakin sehat. Bila diaplikasikan secara langsung di area kepala, maka dapat mempercepat pertumbuhan rambut yang sehat.  

  1. Menghilangkan Uban

Uban bisa hilang jika keramas pakai kopi? Yang benar saja! Tapi faktanya memang begitu kok, karena kopi adalah pewarna rambut alami yang dapat menghitamkan rambut. Ada berbagai cara menggunakan kopi sebagai pewarna rambut alami.

Pertama disemprotkan sebanyak 2-4 gelas ke rambut, dan yang kedua menggunakan kopi setelah keramas dengan shampoo.

Cara ketiga adalah mencampurkan kopi dengan minyak zaitun atau minyak kelapa sebagai hair oil yang dioleskan sebelum tidur. Ketiga cara ini cukup cepat menghilangkan helai rambut uban. Untuk hasil terbaik, silahkan gunakan kopi kental.

  1. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Ini merupakan manfaat kopi untuk perawatan rambut selanjutnya. Bagi kamu yang punya masalah dengan kulit kepala berminyak, coba eksfoliasi kulit kepala secara rutin menggunakan bubuk kopi sebagai bahan alami yang aman.

Kamu dapat membeli gentle scrub kopi atau masker rambut dari kopi bubuk untuk melakukan proses eksfoliasi tersebut.

Setelahnya, kulit kepala akan lebih bersih, sel-sel kulit mati terangkat, serta mendapatkan rambut dan kulit kepala dengan level pH seimbang.

Manfaat kopi untuk rambut juga secara signifikan mengurangi ketombe, menyehatkan rambut secara signifikan dan merangsang akar untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

  1. Menjadikan Rambut Halus dan Sehat

Di dalam kopi terdapat kandungan flavonoid yang menjadikan rambut terasa halus, tampak berkilau dan sehat. 

Kopi juga kaya akan antioksidan yang perannya penting dalam meregenerasi rambut, bahkan dapat mengatasi rambut kusut saking mudahnya diurai. Jika diaplikasikan secara rutin, maka kamu bisa mendapatkan rambut berkilau secara alami.

  1. Membersihkan Rambut Secara Mendalam

Umumnya orang-orang keramas 3-4 kali seminggu akibat debu dan kotoran yang menempel sudah menumpuk.

Sebenarnya pakai shampoo saja tidaklah cukup karena tidak dapat membersihkan secara mendalam.

Makanya kamu harus menambahkan kopi, bahan yang mengandung kafein ini tak hanya mampu membersihkan tapi juga dapat menutrisi batang rambut sehingga kerontokan akan lebih terkontrol.

Cara membuat Kopi untuk Keramas

Pada dasarnya membuat kopi untuk keramas nggak sulit. Melansir Healthline kembali, kamu hanya perlu menyiapkan bahan sebagai berikut:

  • 2–4 cangkir kopi yang diseduh dan didinginkan (tidak perlu menambahkan gula.)
  • Botol semprot
  • Topi mandi berbahan plastik

Setelah mempersiapkan bahan-bahannya, buatlah ramuan “shampo kopi” dengan cara berikut:

  • Seduh kopi, biarkan dingin. Lalu tuangkan ke dalam botol semprot.
  • Kalau perlu campurkan sedikit conditioner ke dalam botol yang sudah diisi kopi.
  • Cuci rambut. Semprotkan kopi ke atas kulit kepala, kemudian pijat kepala dengan cara seperti biasa ketika kamu keramas memakai shampo. Lakukan selama beberapa menit.
  • Siapkan topi mandi, kemudian pakai di kepala kamu, biarkan selama 20 menit.
  • Bilas kepala memakai air dingin atau air hangat.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika keramas dengan kopi

“Shampo” yang dibuat memakai kopi mungkin akan memunculkan masalah, apalagi kalau rambutmu diwarnai. Sederhananya, penggunaan kopi di atas rambut berwarna justru akan memudarkan warnanya.

Lalu, kamu juga mesti memahami satu hal lagi: tidak bijak keramas memakai kopi yang masih panas atau terasa hangat. Karena itu kamu sebaiknya mendinginkan kopi dengan benar sebelum memakainya untuk mencuci rambut.

Terakhir, sebetulnya kamu juga bisa mengambil manfaat keramas pakai kopi dengan cara menggunakan produk shampo maupun conditioner yang memakai kopi sebagai bahan utamanya. Opsi ini lebih baik dan tidak merepotkan, ketimbang membuat ramuan “shampo kopi” secara mandiri.