Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Manfaat Bangun Pagi dan Kebiasaan yang Bantu Kamu Melakukannya

Bagi sebagian orang bangun di pagi hari kadang sangatlah sulit, mungkin kamu salah satunya.


Manfaat bangun pagi

Ilustrasi bangun pagi (N3o6paxhenna/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Pasti kamu sering sekali mendengar nasihat orang tua untuk selalu bangun pagi agar rejeki tidak dipatok ayam.

Iklan

Ternyata nasihat itu ada benarnya, meski itu hanya kiasan. Nyatanya ada manfaat bangun pagi yang bisa kamu dapatkan.

Lalu, apa saja manfaatnya? Adakah kebiasaan yang bisa membantu agar terbangun sebelum matahari terbit? Yuk, simak pembahasannya berikut ini. 

Iklan

Manfaat Rajin Bangun Pagi 

Bagi sebagian orang bangun di pagi hari kadang sangatlah sulit. Mungkin kamu juga salah satunya yang sulit sekali untuk bisa bangun lebih cepat.

Bangun sekitar pukul 4.30 WIB hingga 6.00 WIB yang memang dikategorikan waktu tepat untuk memulai aktifitas, kadang sangatlah sulit.

Iklan

Tapi, ada manfaat yang kamu harus tahu jika rajin bangun di antara waktu tersebut, yaitu: 

Memulai hari yang lebih baik 

Ketika kamu rajin bangun di pagi hari, maka akan ada waktu yang cukup untuk mempersiapkan aktivitas.

Jadi jika harus bekerja, misalnya pada pukul 8 pagi dan kamu bangun di pukul 6 pagi, tidak akan tergesa-gesa.

Kamu tidak lagi mengejar waktu supaya tidak telat. Bahkan, kamu bisa mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan barang yang diperlukan. 

Bila seluruh keperluan untuk bekerja sudah siap, perasaanmu juga akan tenang. Sehingga pikiran positif akan timbul dan kamu akan merasa lebih bahagia karena berhasil mengawali hari dengan sangat baik. Dengan adanya energi positif ini, kamu bisa terhindar dari stress.

Peluang sukses lebih besar 

Seperti yang sudah disinggung pada awal artikel, nasihat orang tua yang selalu berkata “jangan bangun siang, nanti rejeki dipatok ayam.” memang ada benarnya.

Walau nasihat itu bukanlah arti sebenarnya, tapi makna yang terkandung juga dalam. Bila kamu bangun lebih pagi, maka waktu untuk produktif juga lebih panjang. 

Orang-orang sukses adalah mereka yang selalu produktif setiap hari. Kamu pasti menyadari bahwa orang yang telah sukses selalu menghabiskan waktu bekerja dari pagi hingga malam.

Bahkan, ada yang rela mengorbankan waktu tidur agar masa produktif lebih panjang setiap harinya.

Inilah yang menjadikan nasihat orang tua ada benarnya. Semakin pagi kamu bangun, maka semakin besar kesempatanmu untuk mencapai kesuksesan. Karena waktu yang ada akan kamu gunakan sebaik mungkin. 

Tubuh menjadi lebih sehat 

Pagi hari adalah waktu yang sehat. Karena di waktu tersebut, udara masih sangat segar dan bersih.

Polusi udara tidaklah terlalu banyak dibanding pada saat siang hari. Menghirup udara pagi berarti kamu akan mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga kesehatan pun bisa terjaga. 

Tidak hanya itu saja, matahari pagi juga bisa membantu tubuh untuk selalu sehat. Vitamin D alami yang didapatkan dari sinar matahari pagi akan membantu membentuk imun dalam tubuh.

Sehingga kamu pun tidak akan mudah sakit dan aktivitas bisa dijalankan dengan lancar setiap harinya. 

Jika kamu masih mempunyai banyak waktu, sangat disarankan untuk olahraga ringan di saat masih pagi. Ini akan sangat membantumu untuk memiliki tubuh bugar dan siap menerjang aktivitas pada sepanjang hari. 

Kebiasaan yang Membantu Agar Bisa Bangun Pagi 

Dengan manfaat yang sudah disebutkan tersebut, kamu sudah bisa menilai bahwa bangun di pagi hari akan memberikan banyak kebaikan.

Jika kamu masih kesulitan untuk bangun lebih awal, maka ada baiknya melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini: 

  1. Jangan main gadget sebelum tidur 

Kebiasaan di era digital seperti sekarang ini membuat orang terlalu fokus dengan gadget. Meski menjadi teknologi yang dibutuhkan, tapi nyatanya menggunakan atau memainkan gadget sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur. 

Kamu akan sulit sekali tidur jika memainkan gadget tepat sebelum waktu istirahat. Bila hal ini terus menerus kamu lakukan, maka jelas setiap pagi kamu akan susah bangun dan tubuh pun akan terasa sangat lelah. 

  1. Atur jadwal tidur 

Pada dasarnya tubuh manusia memerlukan waktu 7 hingga 8 jam untuk beristirahat setiap malam.

Bila kamu bisa mengatur waktu tidur dengan jangka waktu tersebut, kamu nanti akan bisa selalu bangun lebih pagi. Rasa lelah pun juga akan hilang dan kamu bisa memulai hari dengan lebih semangat. 

  1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein 

Tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Tapi, sebaiknya hindari kafein sebelum waktu tidur.

Karena kafein adalah zat yang bisa membuatmu sulit tidur. Jika ini kamu lakukan terus menerus, sudah pasti kamu tidak akan bisa bangun di pagi hari. 

  1. Langsung bangun begitu buka mata 

Biasakan diri dengan langsung bangun begitu membuka mata juga akan sangat membantu kamu bangun lebih pagi.

Jika kamu merasa bahwa waktu sudah pagi dan kamu sudah terbangun, jangan terlalu lama di tempat tidur. Karena jika kamu menunda bangun, pasti akan mengantuk kembali. 

Itulah beberapa manfaat dari bangun pagi serta kebiasaan-kebiasaan yang bisa membantumu untuk bangun begitu fajar tiba.

Dari ulasan tersebut sudah bisa kamu simpulkan, jika bangun lebih cepat akan sangat membantumu tetap sehat baik fisik dan mental. 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: tips gaya hidup