8 Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Makanan yang dikonsumsi memiliki pengaruh cukup besar untuk meningkatkan kinerja otak.


makanan penambah kinerja otak

Kopi tradisional, salah satu penambah nutrisi otak (Foto : Rachmad Kurniawan/Canva Pro)

Diterbitkan:

the Monkey Times – Memenuhi kebutuhan nutrisi tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, tetapi juga meningkatkan kinerja otak.

Kesehatan otak merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan, karena dapat mempengaruhi dan mengendalikan kinerja tubuh manusia.

Otak adalah organ yang menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga untuk bekerja maksimal memerlukan nutrisi tinggi.  

Untuk itu kamu harus rutin mengkonsumsi makanan yang sehat untuk otak, terutama yang mengandung kolin, senyawa polifenol, kafein, hingga vitamin K.

Artinya makanan yang kamu konsumsi itu berperan besar dalam menjaga kesehatan otak, meningkatkan kemampuan mengingat, mempertajam, konsentrasi, dan mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer.

Berikut ini kami rangkum beberapa makanan yang meningkatkan kinerja otak. Apa saja?

Kopi

Kopi terdiri dari komponen molekul antioksidan dan kafein yang dapat membantu otak berkembang.

Tidak hanya itu, otak juga akan lebih terjaga bila kamu menyeruput secangkir kopi di pagi hari.

Hal ini dapat terjadi karena senyawa kimiawi otak yaitu adenosin yang sering membuat kantuk dihambat oleh kedua komponen tersebut.

Kopi juga bisa meningkatkan kadar serotonin, sehingga mood akan menjadi lebih baik. Jika rutin menyesapnya di pagi hari, maka kamu akan lebih mudah berkonsentrasi.

Ikan Kaya Lemak

Makanan untuk meningkatkan kinerja otak selanjutnya adalah ikan berlemak yang mengandung banyak asam lemak omega 3.

Bagi yang belum mengetahui omega 3, ini merupakan senyawa yang berperan penting dalam membentuk membran sel otak, memperbaiki struktur sel neuron yang rusak, sehingga berdampak pada kemampuan berpikir yang lebih baik.

Beberapa contoh ikan kaya lemak yang dapat kamu konsumsi adalah sarden, haring, tuna, kembung, dan ikan salmon yang diketahui kaya akan kandungan omega 3.

Biji-Bijian Dan Kacang-Kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan makanan yang baik untuk otak manusia, karena mengandung antioksidan dan asam lemak omega 3.

Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa bila tubuh manusia lebih banyak menerima asupan kacang maka itu dapat berdampak baik pada fungsi otak terutama untuk orang-orang yang sudah lanjut usia.

Makanan ini juga kaya akan sumber vitamin E antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab stress oksidatif.

Stress oksidatif biasanya dialami manusia ketika usianya semakin bertambah. Untuk mendukung kesehatan otak di usia tua, kamu dapat mengkonsumsi vitamin E yang ada pada kacang-kacangan dan biji-bijian.  

Baca Juga:  Merk Vitamin C Untuk Ibu Hamil Terbaik dan Aman

Buah Beri

Kemampuan kognitif yang menurun akibat usia dapat dihentikan oleh buah acai berry, strawberry, dan blueberry.

Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa mengkonsumsi buah beri sangat baik untuk otak karena mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stress oksidatif.

Adapun kandungan antioksidan dalam buah ini terdiri dari quercetin, catechin, asam caffeic, dan antosianin. Berikut beberapa manfaat buah-buah beri untuk otak:

  • Mencegah dan mengurangi risiko penurunan kognitif.
  • Menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia.
  • Meningkatkan plastisitas otak sehingga kemampuan belajar dan mengingat akan lebih baik.
  • Meningkatkan peradangan tubuh dan komunikasi antar sel-sel otak.

Teh Hijau

Teh hijau juga mengandung kafein, sama seperti kopi. Mengkonsumsi minuman ini dapat membuat kamu lebih terjaga, meningkatkan konsentrasi, daya ingat, hingga performa kerja.

Dalam teh hijau juga ada senyawa asam yang dapat meningkatkan performa neurotransmitter GABA dan melewati pembatas darah dan otak, yakni L-theanine.

GABA sendiri merupakan senyawa kimiawi yang dapat membantu diri lebih rileks sehingga mengurangi rasa cemas.

Sayur Brokoli

Sayur brokoli kaya akan antioksidan dan vitamin K yang bermanfaat meningkatkan memori otak menjadi lebih baik.

Mengkonsumsi brokoli dapat memenuhi lebih dari 100 persen asupan harian. Selain itu, sayur ini juga mengandung senyawa yang dapat melindungi otak dari kerusakan karena memiliki efek anti inflamasi.

Kunyit

Kunyit merupakan jenis rempah-rempahan yang sering ditambahkan dalam masakan ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan otak kamu, lho.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kunyit memiliki bahan aktif yang dapat memberi manfaat bagi sel-sel otak karena bisa langsung masuk ke sana.

Manfaat lainnya dari kunyit yang kaya akan senyawa antiinflamasi dan antioksidan adalah:

  • Membantu meredakan depresi karena dapat meningkatkan dopamine dan serotonin.
  • Membantu pertumbuhan sel-sel baru dalam otak sehingga dapat membantu penurunan mental terkait usia.

Cokelat Hitam

Cokelat terbuah dari buah kakao yang diketahui mengandung flavonoid, sejenis antioksidan.

Seperti yang kita tahu, otak manusia itu rentan terhadap stres oksidatif sehingga sangat membutuhkan antioksidan yang penting bagi kesehatannya.

Para peneliti menyatakan bahwa mengkonsumsi coklat hitam dapat memberikan manfaat terkait dengan otak, seperti meningkatkan plastisitas yang penting dalam pembelajaran.

Silahkan konsumsi 8 makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak di atas. Selain melalui makanan, kamu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi melalui suplemen dan disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, tidur yang cukup, senantiasa terhidrasi, dan berolahraga secara teratur.

Baca Juga:  Bolehkah Perempuan Hamil Makan Ketoprak?
Temukan artikel menarik lainnya di topik: makanan sehat

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru