Liverpool Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Sementara itu, Inter memperpanjang nafas. Dan Porto lolos menemani Manchster City.


matchday-5

Ilustrasi hasil matchday 5 UCL tadi malam. (Foto: the Monkey Times)

Oleh: Bola
Diterbitkan:

the Monkey Times – Shakhtar Donetsk sekali lagi berhasil mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-0 di pertemuan kedua matchday 5 Liga Champions yang berlangsung dini hari tadi (2/12/2020). Tim asal ibukota Spanyol itu gagal membalas dendam kekalahan di pertemuan pertama.

Tapi headline bukanlah milik Real Madrid, melainkan milik Liverpool. Tim Inggris tersebut lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan tim tamu Ajax Amsterdam dengan skor 1-0.

Sontekan ringan Curtis Jones di menit ke-58 mengubah peruntungan Liverpool. Gol tersebut sebetulnya terbantu penilaian yang salah dari kiper Ajax, Andre Onana, yang gagal memperhitungkan umpan silang Neco Williams’ yang masuk ke jantung pertahanan Liverpool.

Di luar itu, pertandingan Liverpool vs Ajax sebetulnya relatif imbang, baik dari segi penguasaan bola maupun dari segi peluang yang didapatkan kedua tim. Catatan istimewa mesti disematkan kepada kiper Liverpool, Kelleher, yang didaulat sebagai kiper utama menggantikan Allison yang mendapat cedera hamstring.

Gambaran tentang keistimewaan Kelleher terlihat dari empat peluang gol Ajax yang berhasil digagalkannya. Penampilan gemilangnya itu menghasilkan pujian dari Klopp, yang menyebut penampilan Kelleher dengan satu kata pendek: “top”.

Di pertandingan lain melawan Midtjylland, sundulan Cristian Romero di menit ke-79 memperpanjang harapan Atalanta untuk lolos ke babak selanjutnya. Sundulan itulah yang sekaligus menghempaskan mimpi Midtjylland untuk lolos ke babak 16 besar.

Kemenangan atas Ajax memastikan tempat Liverpool di puncak klasemen grup D dengan 12 poin. Atalanta (8) dan Ajax (7) menyusul masing-masing di peringkat kedua dan ketiga. Nasib kedua tim akan ditentukan di matchday terakhir yang mempertemukan Ajax dan Atalanta dalam loket perebutan tikety 16 besar Liga Champions Grup D.

Hasil Grup B: Madrid gagal Balas Dendam

Sama seperti pertandingan pertama antara Real Madrid vs Shakhtar Donetsk, klub asal Ukraina itu datang dengan modal serangan balik. Senjata itu pula yang masih dipakai dalam pertemuan kedua dengan Real Madrid yang berlangsung di kandang mereka sendiri.

Manor Solomon dan Dentinho mencetak dua gol di babak kedua. Dua gol tersebut sekaligus membuktikan ketidakberdayaan Madrid dalam menghadapi tim yang mengandalkan taktik bertahan di sisi dalam, mencari celah, dan mengandalkan serangan balik. Persis di situlah Shakhtar menghukum kelalaian Real Madrid.

Baca Juga:  Hasil Bundesliga: Leipzig Bersaing dengan Bayern Munchen

Tim lain di Grup B macam Inter Milan berhasil memperpanjang asa bertahan di Liga Champions, setelah mempecundangi tim tamu Borussia Mönchengladbach dengan skor 2-3. Dua gol dari Lukaku dan satu dari Darmian membuat situasi grup B memanas. Sebab kepastian dua tim yang lolos masih harus menunggu sampai matchday 6.

Namun untuk sementara Mönchengladbach masih berdiri kokoh di puncak Grup B dengan 8 poin. Di bawahnya mengekor Donetsk (7), Madrid (7) dan Inter (5).

Hasil Grup C: Porto menyusul Man. City

Porto memesan tempat di babak 16 besar setelah berhasil menahan Man. City dengan skor 0-0 dini hari tadi. Kiper Porto, AgustĂ­n MarchesĂ­n jadi bintang setelah berhasil menahan beberapa peluang maut yang seharusnya jadi gol.

Di pertandingan lain, Marseille mengalahkan Olympiacos dengan skor 2-1. Payet mencetak dua gol bagi Marseille. Kedua tim masih harus bertanding di matchday 6 nanti, guna memperebutkan satu tiket “buangan” ke babak ke-32 Liga Eropa.

Dengan hasil tersebut, Man. City tetap bertengger di puncak klasemen Grup C dengan nilai 13. Di bawahnya menyusul Porto (10), Olympiacos (3) dan Marseille (3).

Hasil Grup A: adem ayem saja

Bagi Bayern Munchen, yang menghuni grup A bersama Atletico Madrid, Lokomotiv Moskva dan Salzburg, satu kekalahan sebetulnya tidak akan mengubah nasib mereka, yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Hanya saja Munchen tidak suka kekalahan. Mereka berhasil menahan imbang tuan rumah Atletico dengan skor 1-1. Gol Joao Felix di menit ke-26 berhasil dibalas Muller di menit ke-86 melalui titik penalti. Ya, walau harus menunggu sampai menit akhir, Bayern jelas tidak mau rekor kemenangan mereka ternoda.

Di pertandingan lain, Lokomotiv Moskva kalah 1-3 dari Salzburg. Dan dengan hasil akhir itu, Atletico dan Salzburg akan bersaing memperebutkan satu tiket tersisa di matchday 6 nanti.

Temukan artikel menarik lainnya di topik: berita hari ini, hasil liga champions, kabar sepakbola

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru