Kami mungkin menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan lewat tautan afiliasi yang termuat di beberapa jenis konten yang diterbitkan pada topik/kategori tertentu. Pelajari selengkapnya.

Topik: Musik

Lagu-Lagu BTS yang Wajib Didengarkan, Hati-hati Bikin Mewek

BTS dikenal sebagai musisi yang kritis serta berbicara banyak isu.


Lagu-lagu BTS

Personil BTS (Foto : Twitter)

Diterbitkan:

the Monkey Times – BTS masih menjadi topik hangat di kalangan pecinta musik dunia. Mengawali karir musik dengan persaingan tinggi, diterpa banyak isu hingga tak menghasilkan keuntungan, tidak membuat mereka berhenti.

Iklan

Terbukti, kerja keras tidak mengkhianati hasil. Nama BTS akhirnya diakui dan masuk dalam nominasi Grammy 2021. 

Prestasi yang mereka dapatkan, tidak lepas dari lagu-lagu yang diciptakan. BTS dikenal sebagai musisi yang kritis serta berbicara banyak isu.

Iklan

Daftar Lagu BTS Terbaik 

Beberapa lagunya sempat menjadi pembicaraan di negara mereka, Korea Selatan. Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang BTS, ada rekomendasi beberapa lagu-lagu BTS  wajib kamu dengarkan. 

Spring Day 

Dirilis pada tahun 2017, Spring Day menjadi lagu yang paling banyak direkomendasikan.

Iklan

Liriknya diciptakan sendiri oleh RM dan memiliki arti yang sangat dalam. Spring Day bercerita tentang perpisahan dengan teman, sahabat atau keluarga. 

Diawali dengan “Aku merindukanmu, hanya mengatakan hal itu membuatku semakin merindukanmu”, RM menunjukan rasa rindu kepada orang-orang terdekatnya.

Suga pernah mengatakan, jika setiap orang pasti pernah merasakan ditinggal oleh orang yang disayangi. Dimana Spring Day adalah ungkapan mereka akan perasaan ditinggal tersebut. 

Tapi, Spring Day diciptakan karena RM ingin mengungkapkan rasa kehilangan yang dialami oleh keluarga korban Kapal Sewol.

Pada tahun 2014, Korea Selatan mengalami tragedi tenggelamnya Kapal Sewol. Sekitar 300 orang tidak selamat dan sebagian besar adalah anak sekolah dari SMA Danwon. 

Spring Day pernah dijadikan lagu pengiring dalam peringatan tragedi Sewol. Salah satu ayah dari korban menyatakan bahwa Spring day adalah lagu yang menenangkan hatinya.

Ia juga berterima kasih kepada BTS karena menciptakan Spring Day yang bisa membantunya untuk terus berjuang. 

Dope 

Dope dirilis oleh BTS pada tahun 2015 dan merupakan lagu yang membuat boyband ini semakin dikenal dunia. Dope mempunyai arti yang terbilang nyeleneh untuk ukuran Idol Korea Selatan. 

Dalam lagu Dope ini ada lirik “Media dan para orang dewasa bilang kami ini tidak punya tekad, mengutuk kami.

” Dari kalimat tersebut, bisa terlihat bagaimana BTS bertahan di tengah caci maki dari masyarakat dan media.

Ya, dulu media di Korea Selatan tidak seperti sekarang. Mereka menilai bahwa BTS tidak punya harapan. 

Salah satu senior Idol Korea Selatan dari Shinhwa, Minwoo, pernah menanyakan kepada member BTS, bagaimana bisa lagu Dope bisa ditampilkan di acara musik?

Korea Selatan dikenal ketat untuk dunia broadcasting. Sedangkan lagu Dope mempunyai lirik yang terbilang vulgar untuk negara tersebut.

Meski begitu, nyatanya Dope sukses meraih chart tertinggi di Korea. Dengan beat yang penuh semangat dan keras, lagu ini enak sekali untuk kamu dengarkan disaat sedang suntuk. 

Love Myself: Answer 

BTS juga dikenal sebagai artis yang selalu menyoroti isu mental health. Ini tergambar dari lagu mereka yang berjudul Love Myself: Answer.

Dirilis pada tahun 2018, BTS mengajak seluruh orang yang mendengarkan lagu ini untuk mencintai diri sendiri dan jangan takut menghadapi masa depan

Love Myself: Answer dinilai oleh ARMY sebagai lagu yang sangat membantu mereka menghadapi masalah kehidupan.

Lagu ini juga mendapatkan pujian dari kritikus musik. Karena persoalan kesehatan mental masih dianggap bukan masalah serius. Dari sini, BTS sekali ingin menunjukan, jika kita tidak sendirian. 

Jadi, jika kamu sedang merasa sendirian dan sedih, coba dengarkan lagu Love Myself: Answer ini. Pasti perasaanmu akan tenang dan hangat. 

Mic Drop 

Jika kamu menyukai music upbeat, Mic Drop bisa menjadi pilihan tepat. Lagu yang diciptakan oleh RM ini ditujukan untuk para hater.

Tapi, disini BTS tidak mencaci balik kepada orang-orang yang tidak suka. BTS malah mengatakan kepada hater, “Live a life, man.

Good Luck.” Lagu ini juga diremix oleh Steve Aoki dan music videonya mendapatkan 1 miliar lebih viewers.

RM mengatakan jika lagu ini terinspirasi dari Barack Obama yang pernah berpidato dan melakukan aksi “Mic Drop”.

Dari lagu ini, BTS ingin membuktikan kepada hater. Meski dibenci, kami tidak akan berhenti. Jika kalian iri, ayo tuntut kami bila sanggup. 

Life Goes On 

Diciptakan di akhir tahun 2020, Life Goes On adalah lagu yang penyemangat saat pandemi melanda dunia. BTS yang seharusnya mengadakan World Tour, terpaksa membatalkan seluruh jadwalnya.

Keadaan yang mendadak berubah, membuat BTS sempat kecewa bahkan menangis karena tidak bisa bertemu dengan penggemarnya. 

BTS pun merasakan apa yang sedang dunia alami. Dengan lagu Life Goes On ini, BTS berharap seluruh ARMY tetap bertahan dan selalu bahagia. Kehidupan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Bagi kamu yang juga merasakan susahnya masa pandemi ini, Life Goes On akan menjadi lagu penyemangat agar terus maju.

Tidak akan ada yang bisa menghalangi dirimu untuk terus berkembang serta menikmati hidup serta bahagia. 

Itulah beberapa lagu dari BTS yang wajib kamu dengarkan. Selain rekomendasi di atas, adakah lagu-lagu BTS lainnya yang kamu sukai? 

1637809467 LMqn9WyiH4rRRXbPuXboe1tYL1EqK5ei
Temukan artikel menarik lainnya di topik: kpop fandom