Penulis: Dina Meidiana

Lagu Kisah Nyata yang Pernah Diciptakan Musisi Dunia

Bagi musisi, menciptakan lagu dari sebuah kisah nyata yang mereka alami atau orang lain alami adalah cara untuk membagi pengalaman.

the Monkey Times – Lagu adalah karya seni yang penuh dengan emosi. Bagi orang yang berkecimpung di dunia seni yang satu ini pun memahami betapa satu lagu bisa memberikan inspirasi. Menciptakan satu lagu tentu tidak mudah.

Sehingga tidak heran jika musisi dunia sering mengangkat kisah nyata untuk dijadikan sebuah lagu. Banyak sekali daftar lagu kisah nyata yang mungkin kamu tahu. Apa saja lagu-lagunya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Daftar Lagu Kisah Nyata yang Mendunia 

Bagi musisi, menciptakan lagu dari sebuah kisah nyata yang mereka alami atau orang lain alami adalah cara untuk membagi pengalaman.

Pandangan mereka terhadap berbagai hal membuat sebuah lagu bisa memiliki arti yang sangat dalam. Beberapa lagu di bawah ini adalah contoh yang diangkat dari kisah nyata: 

Zombie – The Cranberries 

Kalau berbicara lagu The Cranberries, maka sudah pasti akan langsung teringat dengan Zombie.

Lagu ngerock ini sangatlah terkenal dan ternyata diambil dari sebuah kejadian yang terjadi di tahun 1993. Peristiwa yang dimaksud adalah tragedi pengeboman di bom di kota Cheshire, Warrington.

Bom meledak di tengah pusat perbelanjaan yang bernama Bridge Street. Dari kejadian ini, seorang anak berusia tiga tahun, Johnathan Ball pun tewas. Kemudian disusul oleh Tim Parry yang masih 12 tahun, dimana ia meninggal 5 hari setelah kejadian. 

Dolores O’Riordan yang melihat berita tersebut merasa bahwa hal ini sangat kejam dan tidak berperasaan.

Karena anak-anak dan wanita menjadi korban dari aksi bomber karena konflik Irlandia Utara yang berlangsung selama 30 tahun.

Dari kisah ini, O’Riordan membuat lagu Zombie untuk menjadi pengingat bahwa konflik harus segera dihentikan. 

Wake Me Up When September Ends – Green Day 

Lagu hits dari Green Day ini juga diambil dari kisah nyata yang dialami oleh Billie Joe Armstrong.

Lagu ini sendiri diciptakan untuk sang ayah yang meninggal karena kanker pada usianya yang masih 10 tahun.

Billie kala itu sangatlah terpukul karena ditinggal sang ayah. Ia pun tidak ingin keluar dari kamar pada hari pemakaman

Ibunya sempat berusaha membujuk Billie untuk keluar dari kamar, tapi Billie mengatakan pada ibunya “Wake me up when September ends.” yang artinya, bangunkan aku kalau bulan September sudah berakhir. Karena ayah Billie Joe meninggal di bulan September. 

Fix You – Coldplay 

Untuk lagu yang satu ini pasti kalian sudah merasakan bahwa mempunyai arti yang sangat mendalam.

Aku sendiri ketika mendengarkannya pun juga sangatlah tersentuh dan kupikir hampir semua orang yang juga tahu lagu ini menyadarinya. 

Fix You yang diciptakan Oleh Chris Martin memang diambil dari pengalaman dirinya yang rela kehilangan sang mertua atau ayah dari istrinya, Gwyneth Paltrow.

Kala itu, Chris menciptakan lagu ini untuk istrinya yang memang sangat terpukul, begitu pun dirinya. Chris membuat Fix You menggunakan sebuah keyboard hadiah dari ayah Gwyneth. 

Because of You – Kelly Clarkson 

Lagu yang hits beberapa tahun silam ini ternyata juga terinspirasi dari kisah nyata yang dialami sendiri oleh sang penyanyi, Kelly Clarkson.

Jebolan American Idol tersebut mencurahkan isi hati tentang perceraian orang tuanya. Kejadian tersebut membuat Kelly menjadi tidak percaya untuk mencintai siapapun di dunia. 

Tidak hanya dari liriknya saja yang menunjukan kekhawatiran dirinya akan tidak bisa bahagia bersama orang lain, dalam video musiknya pun juga sangat terlihat betapa hebat trauma yang dirasakan Kelly pada saat masih kecil. Lagu ini juga yang membawa nama Kelly Clarkson terkenal di seluruh dunia. 

Someone Like You – Adele 

Pecinta lagu galau pasti tahu lagu dari Adele ini, dimana seluruh liriknya ditujukan untuk sang mantan.

Adele mengisahkan bagaimana ia melihat mantannya yang sudah membuka lembaran baru dan menikah.

Sedangkan saat itu, Adele masih tidak bisa melupakan sosok sang mantan yang memang sangat ia cintai. Nah, siapa dari kalian yang juga masih belum move on? 

Spring Day – BTS 

BTS yang juga semakin hari semakin terkenal dan memecahkan banyak rekor juga pernah menciptakan lagu yang diangkat dari kisah nyata, yaitu Spring Day.

Lagu yang dirilis pada tahun 2017 ini berisi tentang kisah tragedi Kapal Sewol yang menewaskan sebagian besar anak SMA yang sedang study tour. 

RM yang membuat liriknya mengatakan bahwa sebenarnya lagu ini tidak hanya melambangkan rasa rindu akan kehilangan dari orang yang dicintai, tapi juga rasa kehilangan teman saat kita semakin dewasa. Karena seluruh orang pasti pernah merasakan kehilangan orang terdekat. 

Itu adalah beberapa lagu kisah nyata dari musisi dunia yang ternyata mempunyai arti yang sangat dalam. Bisa kamu lihat bahwa setiap musisi menunjukan ketulusan lewat lagu yang mereka ciptakan. Sehingga tidak heran jika lagu ini menjadi sangat terkenal.