Kuliner Lupis Legendaris Mbah Satinem Jogja yang Pernah Dicicipi Artis Korea

Ada beraneka ragam jajanan tradisional yang dapat dinikmati, tampak sederhana tapi diminati banyak orang.


Mbah Satinem Jogja

Kue Lupis yang legendaris.

Diterbitkan:

the Monkey Times – Sajian jajanan tradisional lupis legendaris dengan siraman gula aren buatan Mbah Satinem memang sulit dilupakan.

Di umurnya yang sudah tua, Mbah Satinem masih aktif berjualan lupis di dekat tugu Jogja setiap pagi.

Hampir tidak pernah sepi pembeli, selalu saja ada orang yang datang untuk mencoba jajanan legendaris ini.

Bukan satu atau dua, tapi banyak. Bahkan para pembeli harus antri dan menunggu cukup lama untuk mencicipinya. Apa sih yang istimewa dari kue lupis buatan Mbah Satinem ini?

Berdasarkan penuturan dari wanita lanjut usia ini, ia sudah melakoni usaha tersebut sejak tahun 1963. Mbah Satinem penjual lupis lezat yang dibuat menggunakan resep turun temurun.

Sebelum akhirnya menetap di sudut kota pelajar ini, Mbah Satinem dulunya menggendong dagangannya sambil berkeliling pasar.

Hampir lebih dari separuh abad, lupis buatan Mbah Satinem Jogja selalu memiliki citra rasa lezat dan tidak pernah berubah. Bagaimana tidak, semua bahan diolah dan dimasak tanpa bahan pengawet di atas kompor kayu.

Para pelanggan lupis Mbah Satinem juga tidak main-main, mulai dari pejabat pemerintahan bahkan sampai artis terkenal dari Korea Selatan.

Menurut pengakuan Mbah Satinem, salah satu pelanggan lupisnya yang paling dibanggakan adalah Presiden kedua Indonesia yakni Soeharto.

Dulu pak Harto sering datang ke lokasi jualan Mbah Satinem bersama ajudannya untuk membeli lupis yang ia jual.

Selain itu, Mbah Satinem juga pernah muncul dalam salah satu variety show layanan streaming Netflix yang dibawakan oleh aktor dan pembawa acara kenamaan Lee Seung Gi dan aktor dari Taiwan Jasper Liu ketika bertandang ke Jogja.

Keistimewan Lupis Mbah Satinem yang Sudah Go Internasional

Mbah Satinem adalah penjual kuliner di Jogja yang sangat melegenda. Belia lahir menjelang Indonesia merdeka, mewarisi cara membuat jajanan tradisional dari ibunya dan mulai berjualan sejak tahun 1963.

Siapa sangka, kuliner buatannya dapat seterkenal ini. Saking banyaknya pelanggan, bahkan sampai harus antri pakai nomor.

Berikut ini keistimewaan lupis buatan Mbah Satinem yang legendaris di Jogja.

Sajian Lupis Legendaris yang Menggoyang Lidah

Terhitung sudah lebih dari 50 tahun lamanya Mbah Satimen menjajakkan olahan dari beras ketan ini.

Terlihat jelas guratan otot tangan yang tak pernah lelah memotong bagian per bagian lupis yang ia buat sendiri. 

Baca Juga:  5 Rekomendasi Hotel Murah Lembang di Bawah 200 Ribu

Getuk singkong yang legit dan campuran cenil yang kenyal siap menggoyang lidah bersama taburan gula merah. Sekali giti, rasa manis dan asin pun langsung meleleh di mulut para penikmatnya.

Mbah Satimen selalu menyajikan lupis dengan telaten dan sepenuh hati. Di usianya yang senja, ia terus berbagi kebahagiaan lewat cita rasa makanan tradisional.

Cukup Rp 10 Ribu untuk Menikmati Sajian Lupis Mbah Satinem Jogja

Selain lupis, Mbah Satinem juga menjajakan sajian tradisional lainnya seperti tiwul, gatot, dan cenil. Harga jajanan pasar yang dijual tak terhitung mahal.

Cukup bayar Rp. 10 ribu per porsi maka Anda dapat mencicipi sajian lezat dari Mbah Satinem yang legendaris.

Selain menjual per porsi, Mbah Satinem juga menerima orderan untuk acara syukuran.

Tarif yang dipasang sangat terjangkau, untuk paket komplit berisi enam jenis jajanan pasar ini dapat dibeli dengan harga Rp. 150 ribu.

Bisa Dibawa Pulang untuk Oleh-oleh

Lupis Mbah Satinem dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Nanti kuah gula merah dan lupis akan dipisah oleh Mbah Satinem. Meski bukan jenis makanan kering, jajanan dari bahan ketan ini sangat enak dan bikin kenyang.

Pernah Diangkat dalam Serial Original Netflix

Sebelum didatangi oleh Lee Seung Gi dan Jasper Liu, Lupis Mbah Satinem lebih dlu masuk ke serial original Netflix yang mengangkat kuliner legendaris.

Serial tersebut ditayangkan pada akhir April 2019 yang berisi dokumenter kuliner jadul Street Food pedagang kaki lima dari berbagai tempat. Salah satunya adalah lupis Mbah Satinem yang legendaris di Jogja.

Lokasi Jualan Mbah Satinem

Mbah Satinem bisa dijumpai di tepi jalan sekitar Tugu Yogyakarta, tepatnya di ujung depan ruko pertigaan Jalan Bumijo yang berbatasan dengan Jalan Diponegoro.

Ada beraneka ragam jajanan tradisional yang dapat dinikmati, tampak sederhana tapi diminati banyak orang.

Mbah Satinem sudah mulai berdagang dari pukul 6 pagi sampai habis. Saking banyaknya pembeli, dagangan Mbah Satinem kerap habis terjual bahkan sebelum jam 9 pagi.

Meskipun buka setiap hari, tapi khusus bulan Ramadhan Mbah Satinem tidak berjualan karena ingin fokus beribadah.

Jadi, jika Anda berminat mencoba jajanan legendaris ini, pastikan datang pagi-pagi ke lokasi dagangan Mbah Satinem sebelum dipenuhi oleh pembeli lainnya.

Anda bisa menikmati lupis sambil duduk santai di tempat ini. Lupis buatan Mbah Satinem Jogja bisa menjadi alternatif sarapan saat liburan di kota wisata tersebut.

Baca Juga:  8 Lokasi Wisata Malang yang Dekat Dengan Stasiun

KOMENTAR

Demi etika berkomentar yang baik, segala macam komentar bernada kebencian, rasisme dan serangan terhadap keyakinan orang lain, akan dihapus. Kamu bisa menyimak bagaimana data komentar pembaca diproses, dengan mengeklik tautan berikut ini.

artikel Terkait

Artikel Terbaru