Penulis: Dina Meidiana

Kuliah Jurusan Desain Grafis Cocok untuk Peminat Seni dan Teknologi

Meski banyak yang mengatakan bahwa desain grafis harus bisa menggambar, sebenarnya tidak selalu begitu.

the Monkey Times – Siapa diantara kamu yang ingin kuliah jurusan desain grafis? Jurusan yang satu ini memang populer dikalangan siswa siswi yang akan lulus SMA.

Meski begitu masih banyak sekali yang tidak paham apa saja yang dipelajari di jurusan ini. Lalu bagaimana prospek karir di masa depan?

Supaya kamu lebih mengerti, mari simak penjelasannya berikut ini. 

Mengenal Kuliah Jurusan Desain Grafis 

Desain grafis adalah ilmu yang mempelajari tentang komunikasi visual dan berkaitan dengan materi yang akan dipublikasikan.

Ada dua kategori publikasi dari hasil komunikasi visual, yaitu cetak dan online. Untuk media cetak, kamu pasti sering melihat seperti brosur, poster, baliho dan lain sebagainya.

Sedangkan publikasi media online selalu melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain. 

Ketika kamu berkuliah di jurusan ini, maka akan diajarkan untuk mempresentasikan sebuah topik melalui gambar yang didukung dengan warna, ruang, balance dan lain sebagainya.

Tujuannya tentu membuat masyarakat tertarik dengan komunikasi visual yang dipublikasikan. 

Meski banyak yang mengatakan bahwa desain grafis harus bisa menggambar, sebenarnya tidak selalu begitu.

Karena dalam desain grafis kamu akan dibantu dengan teknologi agar bisa menghasilkan sebuah desain grafis yang keren.

Selama kamu memang tertarik pada dunia seni dan teknologi, maka jurusan desain grafis sangat tepat untuk dipilih. 

Mata Kuliah di Jurusan Desain Grafis 

Dari penjelasan di atas, pasti kamu bertanya-tanya apa saja mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini. untuk materi dasar akan diberikan adalah seperti prinsip desain mulai dari garis, titik, ruang, tekstur serta warna. Kamu juga akan diajarkan tentang kontras, repitis, ritme dan lain sebagainya. 

Tapi, kamu jangan berpikir bahwa dalam jurusan ini hanya akan belajar desain saja. Kamu juga akan belajar tentang teknik fotografi.

Jika kamu memang punya hobi di bidang tersebut, bisa juga mengembangkan minat terhadap fotografi di jurusan ini. 

Banyak sekali teknik desain yang akan diajarkan pada jurusan ini, misalnya adalah typography, user interface design, desktop publishing, presentasi, creative drawing dan masih banyak lagi.

Bahkan kamu juga akan diajarkan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Secara garis besar, mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini tentu berhubungan dengan desain. 

Pada semester awal, mata kuliah yang didapatkan adalah seperti seni rupa dasar, rupa dasar 2D dan 3D, typography dasar, ilustrasi dasar dan lain sebagainya.

Mata kuliah yang diperoleh memang masih dasar, tapi itu wajar karena tidak mungkin kamu langsung belajar teknik yang rumit. 

Tapi, semakin lama sudah pasti mata kuliah yang diajarkan akan semakin sulit. Kamu nanti akan belajar videografi, fotografi, animasi hingga komunikasi visual.

Kamu nanti akan mendapatkan banyak sekali skill yang harus selalu diasah untuk bisa siap menghadapi dunia kerja

Prospek Lulusan Jurusan Desain Grafis 

Dengan banyaknya materi yang diajarkan, lulusan dari jurusan desain grafis sepertinya tidak perlu khawatir untuk mencari pekerjaan.

Karena saat ini dunia desain grafis adalah aspek penting dalam beberapa bisnis. Bahkan kamu bisa juga membangun bisnis sendiri. Berikut ini adalah prospeknya: 

  1. Staff Film 

Jika kamu adalah lulusan desain grafis, kemungkinan untuk direkrut sebagai staff film sangatlah besar.

Bidang broadcast sangat membutuhkan sumber daya manusia yang mampu membuat berbagai macam aspek yang berhubungan.

Semisalnya kamu nanti membuat sebuah poster untuk film atau bisa juga membuat iklan dan masih banyak lagi. 

  1. Developer games 

Prospek yang satu ini juga menjadi alasan mengapa banyak sekali siswa yang minat masuk jurusan desain grafis.

Menjadi developer games bukan hanya persoalaan cara main saja, tapi juga menciptakan karakter, merancang konsep hingga membuat visual game agar menarik.

Kamu juga berpeluang untuk menjadi bagian promosi sebuah game, seperti membuat poster baik itu offline dan online. 

  1. Freelancer 

Tidak ingin bekerja di kantoran setelah lulus kuliah desain grafis? Tidak perlu khawatir, kamu juga bisa menjadi seorang freelancer yang mempunyai waktu kerja yang lebih fleksibel.

Kamu bisa mencari proyek skala kecil hingga besar, mulai membuat logo, poster baik online atau offline, flayer, layouting, hingga animasi.

Tergantung kemampuan yang kamu miliki. Menjadi freelancer juga memiliki peluang untuk mendapatkan gaji besar lebih dari pekerja kantor. 

  1. Tim kreatif 

Saat ini hampir seluruh aspek bisnis membutuhkan tim kreatif. Tugasnya beragam, mulai membuat konten iklan menarik, marketing atau branding yang dibutuhkan oleh klien.

Bahkan dari sini, kamu bisa membuat perusahaan khusus branding agency dengan bayaran yang fantastis. 

Bagaimana? Sudah memahami tentang kuliah jurusan desain grafis? Jika kamu memang tertarik untuk mengambil jurusan ini setelah lulus SMA, baiknya mulai mencari universitas yang mempunyai desain grafis terbaik.

Tidak perlu khawatir, karena baik universitas swasta dan negeri sudah memiliki jurusan yang satu ini.